Laptop Asus Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Laptop Asus Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Merasa was-was saat laptop Asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, padahal beberapa menit yang lalu masih normal-normal saja ketika digunakan. Memang, tekonologi laptop sangatlah mudah dan sangan efisien untuk dibawa ke mana saja dibandingkan dengan PC, hanya saja kendala kerusakan, pasti juga akan dialami.

Entah karena umur terlalu tua sehingga mesin di dalamnya sudah tidak prima lagi, atau penggunaannya terlalu over, itu juga menjadi penyebab kerusakan. Padahal Asus juga brand laptop cukup baik dengan komponen mesin yang sudah tidak diragukan lagi. Tapi, tetap saja terkadang ada masalah.

Lalu bagaimana apabila terjadi laptop Asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup? Mungkin artikel ini bisa membantu Anda. Apabila tidak tahu urusan mesin, ada baiknya langsung saja menuju ke pusat servis Asus di dekat tempat tinggal sendiri.

Coba Cara Termudah dengan Lakukan Reset CMOS

Karena merk laptop yang Anda gunakan adalah Asus, apabila ingin mengetahui berbagai jenis troubleshoot yang dialami oleh perangkatnya, lebih baik mencari informasi atau petunjuk dari website resmi Asus.

Nanti di sana akan ada berbagai informasi terutama bagaimana cara atau penanganan paling ringan untuk masalah laptop Asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Panik, tentu saja, karena laptop bukanlah barang murah, belum lagi bila mati, kemungkinan file bisa hilang.

Tapi, pikiran selalu tenang, karena ada metode paling mudah untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu dengan mereset CMOS. Bagaimana caranya? Begini langkah termudahnya :

  1. Coba untuk melepaskan baterai terlebih dulu. Mungkin ada beberapa dengan tipe baterai tanam dan tidak bisa dilepas, tidak masalah. Bisa tetap lanjutkan cara ini.
  2. Selain itu juga harus melepaskan adaptor ACnya.
  3. Coba tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih 40 detik.
  4. Kemudian, coba lakukan re-instal pada baterai yang menggunakan versi bisa dicopot dan kembali sambungkan ke adaptor AC.
  5. Langkah selanjutnya, mulai lakukan restart pada laptop Anda.
TRENDING  Cara Supaya Laptop Awet Hingga Beberapa Tahun

Biasanya pada laptop dengan masalah seperti ini, memang bisa diatasi menggunakan langkah di atas itu. Hanya saja, coba lakukan langkah pada sub bab kedua yang akan kami bahas berikut.

Masih Tidak Menyala? Mungkin Ada Masalah Pada Komponen Utama

Sungguh mengesalkan bila masalah laptop Asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, belum juga bisa diatasi dengan cara di atas karena lampu indikatornya juga masih normal hidup. Maka, kami melanjutkan pada pembahasan berikutnya, dengan cara perbaikan lebih intens lagi.

Ingat, apabila Anda takut untuk memperbaikinya sendiri, sebaiknya jangan, dan lebih disarankan menuju tempat servis saja. Karena layar laptop tidak nyala, tapi lampu indikator tetap nyala, kemungkinan besar terjadi masalah pada komponen utama.

Hal tersebut diindikasi berdasarkan power cord serta adaptor AC masih berfungsi normal, sementara perangkat malah gagal booting. Maka, cara terbaik adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memastikan respon layar hidup atau tidak, tekan tombol Fn+F7.
  2. Apabila tampilan layar kurang jelas, atur kecerahannya dengan menekan tombol Fn+F6.
  3. Sebenarnya, bila Anda memiliki monitor eksternal, bisa dilakukan dengan cara lebih baik. Namun, bila tidak langsung menghapus semua perangkat eksternal portabel, seperti :
  1. USB
  2. Kartu memori
  3. CD-ROM.
  4. Kabel internet
  5. Dan lain sebagainya.
  1. Silakan untuk lepaskan baterai untuk tipe perangkat seperti ini dan gunakan saja adaptor AC.
  2. Matikan laptop dengan menekan tombol power selama 15 detik dan lepaskan adaptornya. Kembali tekan kira-kira 45 detik untuk reset CMOS.
  3. Pasang kembali baterainya, lalu hubungkan ke adaptor lagi. coba lakukan restart untuk melihat, berhasil atau tidak.

Langkahnya memang banyak dan sedikit sulit untuk dimengerti. Tapi kebanyakan para pengguna merk ini, bisa kembali nyala. Bisa juga ketika terjadi masalah laptop Asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, langsung ke pusat servis resmi.

 

Originally posted 2021-03-18 17:15:15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *