iPhone 12 Mini Ternyata Paling Lambat Pengisian Daya Baterainya

Pengecasan Lambat, Apakah Penggunaan iPhone 12 Mini Masih Direkomendasikan?

Bagi Anda yang menyukai ponsel yang mini, tentu Anda belakangan sangat dipusingkan dengan pilihan ponsel baru yang memiliki ukuran besar-besar bukan? Dengan hadirnya iPhone 12 mini, bisa jadi salah satu alternatif jika Anda ingin ponsel yang lebih ringan dan lebih ringkas. Akan tetapi ada juga beberapa hal yang harus Anda perhatikan dari ponsel ini, salah satunya adalah mengenai daya charge lambat iPhone 12 mini ini.

Mengenai ponsel iPhone 12 mini

iPhone 12 adalah seri ponsel terbaru yang dirilis oleh Apple di tahun 2020 yang lalu. Seperti ponsel iPhone yang lainnya iPhone 12 ini juga dirilis dengan banyak varian pilihan. Salah satu varian yang paling baru dan paling unik yang dimiliki oleh iPhone 12 ini adalah iPhone 12 mini.

Ponsel iPhone 12 mini ini merupakan salah satu ponsel yang cukup unik dilihat dari segi bentuk dan juga fitur yang dimilikinya. Untuk Anda yang ingin tahu, salah satu fitur yang diunggulkan dari iPhone 12 mini ini adalah charge nirkabel yang dimilikinya.

Ya, seperti seri iPhone 12 yang lainnya, iPhone 12 mini ini juga bisa ditemukan dengan pengisian daya dengan sistem nirkabel. Akan tetapi meski merupakan layanan yang sangat di banggakan, ada salah satu kekurangan yang dimiliki oleh sistem pengisian daya dari iPhone 12 mini ini, yaitu mengenai kecepatan daya pengisian yang dimilikinya.

Pengisian daya dari iPhone 12 mini

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengisian daya dari iPhone 12 mini ini memang cukup mendapatkan perhatian. iPhone 12 mini bisa ditemukan dengan 2 jenis pengecasan. Pertama adalah pengecasan dengan menggunakan Qi Standard dan juga pengecasan dengan MagSafe.

Dibandingkan dengan ponsel iPhone 12 yang lainnya, iPhone 12 mini memang diketahui memiliki kemampuan pengecasan yang paling rendah. Selagi kemampuan pengecasan dari iPhone 12 yang lainnya memiliki daya sebesar 15 Watt. iPhone 12 mini hanya memiliki kecepatan 12 watt. Daya pengecasan ini adalah daya pengecasan yang menggunakan teknologi MagSafe.

Lalu bagaimana dengan iPhone 12 mini yang memiliki daya pengecasan dengan menggunakan Qi Standar. iPhone 12 mini dengan daya pengecasan menggunakan Qi Standart ini memiliki kemampuan pengecasan yang lebih lambat lagi yaitu 7.5 Watt.

Waktu yang dibutuhkan untuk pengecasan dan performa baterai dari iPhone 12 mini

Pada ulasan sebelumnya sudah kita ketahui bahwa daya charge lambat iPhone 12 ini memang sangat jauh dibandingkan dengan daya pengecasan iPhone 12 Seri yang lainnya. Akan tetapi dengan kemampuan fast charging demikian sesungguhnya cukup berimbang dengan kapasitas baterai dari iPhone 12 mini ini.

iPhone 12 mini memiliki kapasitas baterai dengan ukuran 2,227 mah. Dengan kapasitas ini, daya charge yang dimiliki oleh iPhone 12 mini ini. Hal ini juga sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Apple sendiri.

Meski memiliki daya pengecasan yang cukup lambat, akan tetapi pengecasan iPhone 12 mini yang menggunakan MegSafe tetap bisa menyelesaikan pengecasan 50% dalam waktu 30 menit saja. Hal ini disebabkan karena kapasitas yang dimiliki oleh iPhone 12 mini ini hanya 2.227 mah sesuai dengan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Daya tahan baterai yang dimiliki oleh iPhone 12 mini

Untuk daya tahan baterainya, iPhone 12 mini ini memiliki daya baterai yang cukup baik. Sekitar 7,5 jam. Daya ini bisa dibilang cukup baik mengingat kapasitas baterai yang dimiliki oleh iPhone 12 mini ini memang tidak besar.

Jika dibandingkan dengan iPhone 12 reguler, daya tahannya memang memiliki perbedaan hingga 1 jam. Sedangkan untuk iPhone 12 reguler, kapasitas baterainya bertaut 1.463 mah. Meski memiliki perbedaan hampir lebih 50% lebih banyak, ternyata iPhone 12 reguler hanya memiliki daya tahan baterai selama 8,5 jam saja.

Hal ini makin menguatkan bahwa daya tahan baterai iPhone 12 mini memang cukup mumpuni terlepas dari daya charge lambat iPhone 12 dan juga kapasitas penyimpanannya yang lebih sedikit. Akan tetapi jika Anda memang ingin membeli iPhone 12 mini, akan lebih baik pilih iPhone 12 mini dengan daya pengecasan MagSafe bukan Qi Standar.

Daftar Isi