Jenis-jenis Usaha Laundry

Sesuai peruntukannya, Usaha Laundry, dalam perkembangannya, terbagi ke dalam beberapa kategori berbeda. Termasuk jenis barang dan kapasitas laundry yang menjadi beban tiap pengusaha. Agar nanti jenis Usaha Laundry yang tepat bisa dipilih sesuai target pasar dan kemampuan, di bawah ini kami jelaskan beberapa jenis usaha laundry, yaitu :

1. Laundry Kiloan

Jika ingin mencuci pakaian dengan jumlah banyak sekaligus, tempat yang adalah ke laundry kiloan. Ini bagus sekali untuk pengusaha laundry karena dalam satu mesin bisa dicuci sekaligus pakaian pelanggan dalam jumlah banyak dan tidak tercampur. Ini dianggap lebih murah karena baik tenaga maupun waktu bisa dihemat. Untuk mendapatkan harga murah, pelanggan harus mengumpulkan dulu pakaian kotor mereka dalam waktu relatif lama hingga mencapai berat maksimal. Untuk memulai usaha laundry kiloan, dibutuhkan peralatan berupa mesin cuci otomatis yang juga berfungsi untuk mengeringkan pakaian.

2. Laundry Koin (Laundromat)

Usaha Laundry jenis ini menerapkan pembelian dengan koin di mana setelah koin dimasukkan, proses pencucian berjalan. Untuk menjalankan mesin, koin biasanya akan dibeli oleh pelanggan dan secara mandiri pencucian dilakukan dari awal hingga dikeringkannya pakain kemudian dilipat. Dibandingkan usaha laundry biasa-biasa atau kiloan, laundry jenis ini terhitung murah karena dalam proses mencuci, pelanggan langsung terlibat. Pelanggan tidak bisa meminta pertanggung jawaban dari pengusaha laundry karena pemilik hanya menyewakan mesin pengering dan mesin cuci saja. Atas pakaian yang dicuci oleh pelanggan, mereka harus isa menjaga privasinya sendiri. Meski begitu, perlu modal besar untuk memulai usaha laundry jenis ini karena harga mesinnya agak mahal.

TRENDING  Strategi Bisnis Pemasaran Online Terbaik dengan 4 Teknik Internet Marketing

3. Laundry Sepatu

Ada juga lho usaha laundry yang mengkhususkan diri untuk mencuci sepatu. Meski kedengarannya sepele, ide mencuci sepatu oleh tenaga profesional sampai bersih ternyata cukup diminati. Terlebih kolektor sepatu mewah dan antik yang merupakan hobi. Otomatis memerlukan jasa cuci sepatu profesional meski dengan harga mahal tetapi menggunakan alat canggih dan bergaransi.

4. Laundry Konvensional

Usaha laundry konvensional biasa kita temui di banyak tempat, banyak dipilih oleh masyarakat. Layanannya spesifik, dilengkapi penanganan khusus, dan ketentuan mencucinya lebih detail. Karena ketentuan ini harga untuk layanan laundry konvensional terbilang mahal dibanding beberapa opsi di atas. Dan untuk memulai usaha laundry jenis ini perlu modal yang relatif besar.

5. Laundry Bisnis

Laundry bisnis adalah usaha laundry yang sangat berbeda karena hanya melayani laundry untuk korporasi atau bisnis usaha. Laundry bisnis biasanya memiliki pelanggan dari perusahaan yang secara teratur mencuci seragam untuk karyawannya. Diperlukan modal tak sedikit untuk membuka usaha laundry ini karena butuh mesin yang bagus untuk mencuci pakaian karyawan yang jumlahnya bisa sampai ratusan dalam sekali order. Meski begitu pengusaha laundry ini memiliki standar tertentu untuk layanannya.

Sumber :
https://www.qoala.app/id/blog/inspirasi/apa-itu-usaha-laundry/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *