Ingin Uang Kamu Tumbuh? Inilah Cara Mengelola Finansial Secara Baik Dan Cerdas

 

 

 

Setiap orang menginginkan agar uang mereka terus bertambah, termasuk kamu sendiri bukan? Namun bagi sebagian orang itu tidak mudah. Untuk mencapai keinginan atau harapan kamu agar uang kamu terus bertambah di perlukan pengetahuan tentang anggaran dan perencanaan untuk mengelola keuangan atau finansial mu.

Untuk mencapai finansial freedom atau mandiri secara finansial, kita harus belajar tentang investasi sehingga kamu bisa mendapatkan kekayaan dari investasi. Kamu juga harus belajar bagaimana cara mengatur atau mengecek alur keluar dan masuk uangmu, sehingga lebih memudahkan kamu untuk mengetahui kondisi keuangan mu.

Di lansir dari Thebalance.com ada 4 tahap agar uang bisa terus bertambah:

1. Buatlah Anggaran Keuangan

Kamu harus membuat anggaran keuanganmu karena ini penting sekali untuk mengelola finansial mu. Kamu jadi tau dari mana saja sumber income mu dan kemana saja uang mu kamu pergunakan. Sehingga kamu bisa menekan penggunaan uang mu untuk sesuatu yang tidak penting seperti membeli sesuatu yang sebenernya kita tidak memerlukan nya.

Karena tujuan utama membuat anggaran adalah untuk menekan penggunaan uang mu, baik itu uang gaji atau pendapatan dari sumber lain. Penting di catat, kamu harus tetap aktif tidak bisa di lakukan pembuatan anggaran keuangan hanya sekali. Kamu harus lakukan setiap hari, minggu, bulan dan tahun sesuai dengan pemasukan dan pengeluaran kamu.

2. Melunasi Utang

Hutang adalah salah satu masalah besar penghambat naik nya finsial mu, kamu akan sulit menumbuhkan uangmu jika kamu masih memiliki hutang. Mengapa? Karena jumlah uang yang kamu bayarkan akan lebih besar dari uang yang kamu pinjam disebabkan adanya tambahan biaya dan bunga hutang kamu setiap bulan nya. Jadi melunasi hutang adalah langkah penting kedua untuk mengelola finansial dan membuat uang mu terus tumbuh.

TRENDING  Inilah 10 Saran Belajar Trading Untuk Trader Pemula

Jika kamu tidak punya hutang, kamu bisa alokasikan uang cicilan dan bunga untuk berinvestasi atau hal penting lain nya yang bisa membantu menumbuhkan uang mu.

3. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat sangat penting buat kamu untuk memudahkan mengelola perencanaan finansialmu. Apa itu dana darurat? Dana darurat adalah sumber uang yang di alokasi kan dari pendapatanmu yang di sisihkan dengan tujuan untuk di gunakan sewaktu- waktu untuk keadaan darurat. Jika kamu ingin mandiri secara finansial kamu wajib punya dana darurat, sisihkan dan alokasikan sumber penghasilan mu untuk data darurat walaupun kamu masih punya hutang sekalipun. Karena dana darurat bisa di gunakan untuk ketika kita dalam keadaan darurat di masa datang.

4. Menabung dan Investasi

Tahap akhir dari perencanaan finansial adalah menabung dan berinvestasi, hal ini akan sangat membantu agar uang kamu terus tumbuh. Kamu bisa mempertimbangkan berbagai kebutuhan jangka panjang mu sebelum mulai menabung atau berinvestasi. Seperti asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dana pensiun biaya membeli rumah, dana untuk memulai bisnis baru dan lain- lain. Setelah itu kamu bisa mulai menabung di tabungan yang bunga nya
besar dan bisa membuat uang mu terus bertambah, seperti giro, reksa dana dan deposito.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *