Hendaknya Layar Handphone Tidak Dibersihkan Memakai 9 Benda Ini

Layar handphone jika diamati lebih dekat sering terlihat kotor dengan berbagai jenis noda mulai dari sidik jari, debu, minyak dan lain-lain. Tentunya jika layar handphone kotor, pandangan bisa terganggu. Daripada itu ketika layar handphone bernoda, jika tidak hati-hati, mungkin anda akan memakai beberapa jenis cairan yang justru bisa merusak layar handphone. Karena beberapa jenis cairan justru berpotensi merusak permukaan layar handphone. Beberapa cairan korosif yang bisa merusak antara lain cairan alkohol, hingga semprotan udara.

Cairan-cairan ini, jika tidak dipahami efeknya malah membuat layar handphone jadi rusak, meski kerusakan itu selintas hanya sebuah goresan halus.  Nah, supaya tampilan tetap bersih dan terjaga dari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya hindari membersihkan layar smartphone dengan sembilan benda berikut.

Jangan Memakai Kertas dapur/ paper towel

Pada umumnya pembersih ini bersifat menyerap cairan, terutama minyak. Adapun permukaannya cenderung kasar dan agak lebar ketimbang tisu sehingga kemungkinan terjadinya goresan di layar sangat memungkinkan.

Jangan Memakai Pembersih kaca

Untuk melindungi permukaan layar handphone dari zat oleo (oli atau minyak) dan hydro (air), biasanya dipakai hydrophobic coating yang mana biasa terdapat pada handphone generasi terbaru. Namun jika anda memakai pembersih kaca, bisa saja hal ini merusak lapisan pelindung tersebut.

Janga Memakai Pembersih makeup

Sebagai informasi, layar gadget canggih bisa rusak oleh sejumlah pembersih makeup karena adanya kandungan zat tertentu. Meski begitu kami percaya hanya segelintir saja dari anda yang memakai pembersih makeup untuk membersihkan layar handphone.

Jangan Memakai Alkohol

Ketika ingin membersihkan sesuatu, alkohol menjadi satu pilihan yang paling umum. Namun, ternyata cairan tersebut berbahaya bagi permukaan layar smartphone karena mempercepat pengikisan pelindung layar smartphone. Alkohol juga bisa meninggalkan bekas noda di layar.

Jangan Memakai Semprotan udara

Debu adalah kotoran lembut yang sering kali terdapat pada layar handphone. Sedapat mungkin anda harus membersihkan layar handphone dari debu karena jika dibiarkan begitu saja, bisa merusak layar handphone. Debu tidak hanya melapisi permukaan layar saja, tapi juga bisa terdapat padfa komponen lain di handphone yang terhitung sensitif, seperti mikrofon.

TRENDING  Kamu Harus Tahu 6 Mitos dan Fakta Soal Google ini

Jangan Memakai Deterjen dan sabun

Untuk membersihkan layar handphone kita sering berpikir praktis, misalnya dengan mencampur air bersama deterjen atau sabun. Namun jika dipakai anda harus melakukannya dengan hati-hati. Ada kalanya air malah merembes ke dalam mesin handphone dan merusak komponen elektronik. Sebaiknya gunakan sedikit air di kain yang halus saja untuk membersihkan layar.

Jangan Memakai Cuka

Untuk dipakai sebagai pembersih, sejumlah orang memakai cuka. Namun, lagi-lagi, lapisan oleophobic bisa terkiris oleh zat ini. Jika terpaksa, sebaiknya larutkan cuka dengan air terlebih dahulu dengan proporsi setidaknya 50:50.

Jangan Memakai Tisu basah

Sebagaimana telah diinformasikan di awal bahwa di layar handphone terdapat lapisan pelindung dan bilamana memakai tisu basah untuk membersihkannya, efeknya relatif sama dengan alkohol. Anda tahu tisu basah memiliki zat desinfektan yang bisa membunuh kuman.

Jangan Memakai Cairan Pembersih Asal-Asalan

Cairan pembersih mengandung berbagai aneka zat aktif yang efeknya bisa jadi merusak untuk layar ponsel. Sulit untuk mengetahui dengan pasti, oleh karena itu sebaiknya dihindari saja.

Untuk membersihkan layar handphone dengan hasil memuaskan dan relatif mudah bisa digunakan kain microfiber yang seratnya sangat halus. Kain jenis ini bisa anda beli di toko-toko umum. Bentuknya kecil dan sering dipakai sebagai pembersih kacamata.

Dari layar handphone, berbagai noda seperti sidik jari danminyak bisa dibersihkan dengan sangat efektif. Untuk cairan pembersih, Anda bisa menggunakan air bersih secukupnya dengan cara membasahi kain microfiber. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus gadget yang bisa didapat di sejumlah marketplace.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/28/11320097/jangan-pakai-9-benda-ini-untuk-membersihkan-layar-smartphone?page=all#page2

Originally posted 2021-06-29 14:14:37.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *