Cara Jualan Makanan Online

Bercita-cita untuk sukses di bidang usaha kuliner dengan cara Jualan Makanan online ? Nanti dulu, jualan itu ada caranya lho dan untuk pemula, berikut adalah cara jualan online menjual makanan, yaitu :

1. Makanan Yang Akan Dijual Ditentukan Dulu Jenisnya

Karena scope nya luas, jualan makanan online adalah sebuah industri yang menjanjjikan. Di Indonesia sendiri, di negara kita, ada begitu banyak jenis makanan. Dari yang bercitarasa tradisional hingga yang kebarat-baratan, ada semuanya. Untuk itu, harus ditentukan dulu jenis makanan yang akan dijual.

2. Modal Dihitung

Modal yang dikeluarkan adalah cara jualan online berikutnya yang harus diperhitungkan. Seperti halnya bisnis yang lain, skala bisnis makanan juga ada rumusnya, agar modal yang dikeluarkan mendatangkan untung besar. Karena scope bisnisnya online, modal yang terlalu besar tak perlu dikeluarkan.

Hanya dari dapur rumah, anda sudah bisa memulainya kemudian ditawarkan ke orang-orang terdekat di sekitar rumah.

3. Lokasi Bisnis Yang Tepat Dipilih

Ketika memutuskan untuk Jualan Makanan online, memilih lokasi tak boleh sampai salah. Faktor lokasi, meski anda jualan secara online, tak bisa dianggap sepele. Karena jika sampai terlalu ke pelosok, akan menyulitkan anda sendiri.

Semisal jika target pasar anda adalah mahasiswa akan lebih baik membuka lapak di sekitar area kampus. Atau jika target pasar adalah karyawan pasar dan perkantoran, membuka lapak di area ini juga sangat oke. Makanan online sangat disukai oleh dua tipe konsumen ini, pekerja kantoran dan karyawan.

4. Cita Rasa Diperhatikan

Sangat penting untuk juga memperhatikan cita rasa atau faktor teknis dari makanan yang ditawarkan. Pada dasarnya orang-orang akan melakukan pembelian ulang, memesan online, sesudah menyukai produk makanan yang anda jual online. Jangan sajikan makanan yang biasa-biasa saja.

5. Target Pasar Ditentukan

Berikutnya dari tips Jualan Makanan online adalah membidik target pasar. Bisnis yang baru anda luncurkan beberapa waktu akan dipengaruhi sekali oleh target pasar. Besaran modal yang dikeluarkan akan sangat berpengaruh terhadap target pasar yang ditentukan.

TRENDING  Strategi Bisnis dengan Internet Marketing

6. Membuat Promo Menarik

Dalam usaha kuliner, ada juga fase ramai kemudian fase sepi. Agar dari situasi sepi anda bisa terbebas. Salah satu solusinya adalah dengan membuat beberapa promo menarik untuk menggaet perhatian konsumen. Cara ampuh untuk jualan online makanan antara lain dengan berpromosi. Promosi itu bentuknya bisa beragam semisal promo paket, buy one get one free, dan promo diskon.

7. Aktif di Medos

Media sosial menjadi salah satu platform untuk Jualan makanan online. Karenanya untuk sukses memasarkan produk makanan memakai media sosial bisa menjadi opsi anda. Selain tak perlu biaya beriklan, perhatian konsumen juga bisa anda tarik. Twitter, Facebook, dan Instagram bisa anda gunakan. Saat ini ketiga mdeia sosial ini oleh orang Indonesia banyak sekali dipakai.

8. Berinovasi Lebih dibanding Kompetitor

Jualan Makanan online yang anda lakukan harus ada selling point nya. Hal ini karena persaingan di bisnis kuliner bisa sangat ketat. Sifat inovatif adalah hal yang menjadi pembeda antara bisnis anda dengan bisnis orang lain.

9. Konsumen Mudah Menjangkau Anda

Lokasi di mana bisnis kuliner anda berada harus menjamin konsumen untuk bisa menggapai lokasi anda dengan sangat mudah. Sama halnya dengan metode online yang digunakan. Di masa kini di mana segalanya sudah serba online, semua dilakukan dengan browsing atau googling.

10. Pelayanan Kepada Konsumen

Kendati anda Jualan Makanan online, pelayanan konsumen tidak boleh diabaikan. Karena sebagai contoh, meski menurut anda dan orang-orang di sekitar anda cita rasa makanan anda dianggap enak, akan selalu ada orang lain yang berkata “tapi” dan sebagainya. Atau produk makanan anda dianggap terlalu mahal. Semua keluhan itu harus dengan ramah dijawab.

Sumber :
https://blog. jejualan.com/cara-jualan-makanan-online/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *