Arti Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan adalah salah satu ucapan yang tidak asing didengar umat muslim. Khususnya, saat memasuki momen bulan suci Ramadhan 

Mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan saat ini adalah kebiasaan. Ramadhan juga adalah bulan penuh dengan kemuliaan. Dengan demikian, umat Islam akan diliputi kebahagiaan karena limpahan rahmat dan hidayah yang diberikan oleh Allah SWT. Apa pendapat Anda tentang arti Marhaban Ya Ramadhan?

Bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan istimewa karena Allah menurunkan kitab suci Al-Qur’an untuk pertama kalinya. Perbuatan ini disebut Nuzulul Quran, yang artinya peristiwa turunnya surah pertama dalam kitab Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW saat beliau sedang bertafakur di gua Hira

Selain itu, ada hari yang disebut Lailatul Qadar yang dianggap lebih baik daripada hari lainnya dalam setahun. Allah janjikan kepada umat muslim yang mendapatkan malam Lailatul Qadar akan mendapatkan pahala sebanyak seribu bulan dan ditutup pintu neraka olehnya.

Baca juga:   Cara Download Aplikasi Step GO:Langkah ditukar hadiah

Dikarenakan limpahan rahmat dan kemuliaan di bulan Ramadhan, tak heran jika orang-orang berlomba memperbanyak ibadah mereka. Alhasil, menjelang atau selama bulan Ramadhan, mereka akan mengucapkan Kalimat Marhaban Ya Ramadhan. Namun, ada cukup banyak orang yang tidak mengetahui arti kalimat yang diucapkan tersebut. Untuk itu, simak penjelasan tentang arti Marhaban Ya Ramadhan bagi umat Islam.

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban dalam arti bahasa adalah panggilan atau perintah untuk menyambut kehadiran tamu. Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriah, dan umat Islam akan berpuasa selama 1 bulan. Oleh karena itu, jika disebutkan Marhaban Ya Ramadhan, berarti bulan Ramadhan telah dimulai.

Marhaban Ya Ramadhan juga menjadi ucapan untuk menghormati dan menyambut datangnya bulan yang penuh rahmat kemuliaan atau bulan Ramadhan. Kutipan di atas berasal dari bahasa Arab.

Baca juga:   Link Twibbon Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei 2022, Cara Membuatnya!

Marhaban adalah bagian dari kata ‘rahb’ yang berarti ‘luas atau lapang’ terbentuklah kata rahbah yang merujuk pada ruangan luas untuk mobil untuk mempersiapkan atau kebutuhan untuk kelanjutan perjalanannya. Akibatnya, Marhaban menunjukkan bahwa tamu yang datang disertai dengan lapang dada dan kelangkaan kegembiraan dalam bahasa Arab.¬†

Inilah sebabnya mengapa banyak orang membaca ayat ini selama bulan Ramadhan. Selain itu, ucapan tersebut menandakan bahwa mereka bersukacita dan bersyukur karena Allah telah mempertemukan kembali bulan Ramadhan. Karena sesungguhnya orang yang paling beruntung adalah mereka yang bertemu dengan bulan Ramadhan.

Demikian penjelasan tentang apa itu arti Marhaban Ya Ramadhan? Kalimat yang selalu diucapkan oleh seluruh umat muslim di dunia ketika telah memasuki bulan Ramadhan. Semoga Allah senantiasa selalu merahmati dan meridhoi kita semua di bulan Ramadhan yang akan datang.