7 CARA MENGATASI SUARA HP HILANG

Di zaman sekarang ini, handphone atau smartphone menjadi barang yang sangat penting bagi banyak orang. Handphone digunakan oleh anak-anak untuk sekolah online dan belajar dari rumah, bahkan pekerjaan kantoran atau penjual pun membutuhkan hp sebagai media pekerjaan mereka. Mereka yang menjalankan bisnis, investasi saham, atau crypto tentu akan sangat bergantung pada hp karena fleksibilitas hp yang bisa digunakan dimana saja. Namun sayangnya, secangih apapun teknologinya kadang terdapat masalah yang akan dihadapi seperti handphone kamu yang tiba-tiba tidak mengeluarkan suara. Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah bagaimana mengatasi hp kamu yang tiba-tiba tidak bisa mengeluarkan suara?

Suara pada HP Android menjadi hal yang penting, terutama jika hobimu adalah mendengarkan music atau ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan kamu mengaktifkan suara speaker HP. Suara HP yang hilang menjadi kendala serius karena komunikasi kamu dengan orang lain bisa jadi terganggu. Lebih seriusnya hal tersebut bisa juga merugikan kamu dalam berbisnis loh.

Pertama yang harus kamu ketahui adalah penyebab hilangnya suara hp kamu itu kenapa, karena akan lebih mudah untuk mencari solusinya Ketika kamu mengetahui hal apa yang beberapa waktu lalu terjadi pada handphone. Hal ini juga bisa mencegah berbagai kemungkinan kerusakan lain yang bisa saja disebabkan ketika kamu mencoba memperbaiki handphone kamu.

Berbagai Penyebab Suara HP Hilang

Kemungkinan ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab suara HP Android kamu hilang. Namun secara garis besarnya bisa dibagi menjadi dua hal, yaitu masalah di sistem Android atau masalah dari komponen si Android.

Berikut penyebab umum Suara HP Android Hilang :

  • Ada Bug di dalam sistem HP Android
  • Sistem membaca HP masih tersambung ke handsfree/headset
  • Sistem membaca HP masih tersambung ke speaker bluetooth
  • Mode Mute / Silent dalam keadaan aktif
  • Terdapat kerusakan pada speaker HP

Mengatasi Suara HP Android Yang Hilang

Agar bisa segera mengatasi masalah hilangnya suara hp kamu ini, missal speaker out atau sound speaker hp tidak berbunyi atau speaker telpon tidak bisa mengeluarkan suara, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya sebagai berikut :

Baca juga:   Laptop Sering Panas? Begini Cara Mudah Mengatasinya

1. Cek Settingan Volume HP Kamu

Pertama coba kamu cek volume handphone karena volume adalah kunci dari suara di HP. Akan sangat wajar jika suara yang keluar dari HP kamu begitu kecil kalo kamu mengatur level volume HP android dengan rendah. Nah coba kamu buka pengaturan volume lalu cek apakah levelnya rendah, sedang, atau sudah tinggi. Coba 2 cara berikut ini :

  • Gunakan Tombol Volume

Secara Umum setiap handphone apapun jenisnya pasti akan tombol volume. Biasanya, tombol ini akan diletakan di samping baik di sebelah kanan atau kiri handphone. Kamu bisa langsung naikan atau turunkan level volume tersebut. Jika volume ada di level rendah atau bahkan mati, inilah alasan kenapa suara HP kamu hilang dan tidak berfungsi. Namun jika tidak ada reaksi sama sekali Ketika level volume sudah dinaikan, tandanya sumber masalah bukan dari sana, dan coba tips lain dibawah ini.

  • Melalui Pengaturan Telepon

Semua hal yang berhubungan dengan handphone kamu pasti ada di sini, termasuk pengaturan suara atau volume handphone. Caranya buka pengaturan telepon dan masuk ke menu pencarian, Ketika suara atau sound, Ketika muncul bilah pengaturan klik dan atur volume sesuai kebutuhan dan keinginan kamu.

2. Bersihkan File Cache yang Menumpuk di Android

Selain bisa menjadi penyebab error pada system yang mengakibatkan suara HP kamu hilang, file cache yang menumpuk juga akan membuat HP menjadi lemot dan lag. Menghapus file cache bertujuan agar file – file cache yang sudah terlalu banyak akan terhapus dan merefresh Kembali system yang error, file cache ini bisa menghambat jalannya aplikasi jadi jika kamu menggunakan HP secara intens terutama banyak membuka banyak program secara bersamaan, disarankan untuk lebih sering juga menghapus file cache ini.

3. Restart Smartphone Android Kamu

Coba matikan sejenak smartphone Android kamu, cabut SIM Card atau memori card. Diamkan beberapa detik dan biarkan smartphone istirahat sejenak. Hal tersebut bertujuan untuk merefresh Kembali semua sistem yang ada pada HP kamu. Baru setelah beberapa saat pasang SIM Card dan memori card dan aktifkan lagi smartphone Android seperti biasa.

Baca juga:   iPhone 12 Mini Ternyata Paling Lambat Pengisian Daya Baterainya

4. Unroot HP Android kamu 

Apakah HP Android kamu telah di Root? Jika sudah, dan muncul masalah sura P hilang coba lakukan unroot agar semua fitur di system Kembali seperti semula secara default dan dapat berfungsi dengan normal lagi.

5. Coba Pasang Handsfree / Headset

Jika kamu mendapati speaker Android tidak berfungsi, coba kamu tes dengan menggunakan handsfree atau headset. Apabila suara terdengar keluar, maka bisa dipastikan kalau speaker luar Android kamu memang mengalami kerusakan pada hardware.

6. Lakukan Factory Reset

Jika kamu tidak mendapatkan hasil yang diinginkan dari semua tips yang ada diatas, maka factory reset menjadi pilihan terakhir. Namun kamu harus bijak dan berfikir 2-3 kali karena resiko dari melakukan factory reset adalah kehilangan semua data yang ada di HP kamu. Mulai kontak, aplikasi yang kamu install termasuk data foto atau video yang terdapat di memori internal handphone akan terhapus. Iya betul melakukan reset factory berarti kamu akan mengorbankan semua yang sudah kamu setting dan kamu gunakan di HP Android kamu.

Factory reset dimaksudkan untuk mengembalikan ponsel kamu ke setelan pabrik secara default. Nah agar data kamu aman sebelum melakukan factory reset, lakukan backup data-data penting yang tersimpan di ponsel kamu.

Ketika melakukan factory reset maka sistem yang terdapat di handphone akan di refresh dan dinormalkan Kembali. dengan cara mengembalikannya ke semua setting menjadi seperti pertama kali dikeluarkan dari pabrik.

7. Lakukan Servis ke Ahlinya

Jika factory reset adalah hal terakhir yang bisa kamu lakukan sendiri, nah hal selanjutnya jika tips tersebut juga tidak membuahkan hasil maka kamu bisa meminta bantuan dari orang lain yaitu tukang service HP. Kerusakan pada hardware pastinya memerlukan tukang service karena memang  letak kerusakan bukan pada sistem. Bisa saja perangkat speaker di HP diperbaiki atau kemungkinan lain yang lebih simple adalah mengganti speaker HP dengan yang baru.

Nah itulah beberapa tips dan cara mengatasi suara HP yang hilang, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Originally posted 2022-03-31 09:41:06.