PPKM Jawa dan Bali, Ini Rinciannya

Beberapa pengetaan dan pembatasan mulai diterapkan dari tanggal 3 Juli sampai 20 Juli 2021. Sebuah protokol kesehatan yang peresmiannya disampaikan melalui instruksi mendagri, tepatnya dalam dokumen “Panduan Implementasi Pengetatan Aktivitas Masyarakat pada PPKM Darurat di Provinsi-Provisi di Jawa Bali”.

Cakupan wilayah di mana aturan ini berlaku meliputi 122 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa Bali dalam PPKM Darurat. Menurut kriteria dari WHO (World Health Organization), pemilihan daerah-daerah tersebut karena statusnya berada di level 3 dan 4.

Berdasarkan dokumen yang dikeluarkan Kemenko Markes, yang dikutip dari media massa, PPKM Darurat Jawa Bali dengan masa berlaku dari 3 sampai 20 Juli memuat aturan-aturan sebagai berikut :

100% WFH

Untuk perkantoran sektor nonesensial, pemerintah mengharuskan diterapkannya 100% WFH atau work from home, atau sepenuhnya bekerja dari rumah. Adapun sektor esensial diperbolehkan menyelanggarakan aktivitas seperti biasanya hanya saja dibatasi hingga 50% karyawan. Sektor esensial meliputi industri berorientasi ekspor, perhotelan yang tidak menangani karantina covid 19, sektor informasi dan teknologi komunikasi, sistem pembayaran, pasar modal, juga perbankan dan keuangan.

Sektor-sektor kritikal diizinkan berjalan hingga 100%. Sektor ini meliputi objek vital nasional, semen, petrokimia, industri makanan dan minuman, transportasi dan logistik, keamanan, kesehatan, dan sektor energi.

Mal Ditutup

Selama diberlakukannya PPKM Darurat Jawa-Bali, tempat makan, cafe, dan restoran hanya diizinkan melayani untuk dibawa pulang, sementara itu pusat perdagangan, pusat perbelanjaan, dan mal-mal ditutup oleh pemerintah.

Meski begitu, pasar swalayam, toko kelontong,pasar tradisional, supermarket dan lain-lain diizinkan untuk beroperasi dengan batasan waktu hingga pukul 20.00 dan pengunjung nya pun dibatasi hanya sebanyak 50% dari hari biasa. Apotek dan toko obat diizinkan beroperasi selama 24 jam.

Ibadah & Sekolah di Rumah

Aktivitas belajar tatap muka tidak diperbolehkan. Proses pembelajaran dilakukan dengan sistem daring (online).

TRENDING  Link Daftar Online Banpres UMKM Tahap 2

Untuk aktivitas ibadah, diterapkan pula hal serupa. Adapun pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar untuk sementara tidak beribadah di tempat-tempat ibadah.

Aktivitas Sosial Ditiadakan

Aktivitas yang berpotensi mengakibatkan kerumunan atau keramaian seperti aktivitas sosial, sosial kemasyarakatan, olahraga, seni dan budaya untuk sementara dilarang. Berbagai area publik mulai dari tempat wisata umum, taman umum, dan area publik lainnya beserta semua fasilitas ditutup oleh pemerintah.

Meski begitu, pemerintah memperbolehkan resepsi pernikahan selama PPKM Darurat. Acara itu bisa digelar dengan dihadiri paling banyak 30 orang. Penyelenggara dilarang menyediakan jamuan makan di tempat.

Untuk Perjalanan Harus ada Kartu Vaksin

Sepanjang PPKM Darurat diberlakukan, untuk perjalanan berjarak jauh, masyarakat harus menunjukkan kartu vaksin. Sebelum pergi ke kota lain, paling tidak 1 dosis vaksin harus sudah diperoleh warga.

Melalui Tes PCR, untuk membuktikan bahwa calon penumpang pesawat terbebas dari covid 19, maka harus menunjukan bukti bebas covid 19. Sebelum memulai perjalanan, 2 hari sebelumnya Tes PCR harus sudah dilakukan.

Dibanding hari-hari biasa, dilakukan pengetatan terhadap protokol kesehatan. Adapun untuk transportasi umum berjarak dekat, diperbolehkan beroperasi dengan batas kapasitas hingga 70%.

Wajib  Memakai Masker

Sepanjang masa PPKM Darurat Jawa Bali, protokol kesehatan soal memakai masker lebih diperketat. Mereka yang pergi ke luar rumah diharuskan menggunakan masker. Face shield tidak diperbolehkan jika tanpa memakai masker.

Kini memakai 2 lapis marker sangat dianjurkan oleh pemerintah. Adapun karena efektivitasnya dinilai lebih efektif, penggunaan masker N95 dan masker bedah sangat dianjurkan. Di samping itu juga ada anjuran di mana setiap 4 jam sekali sebaiknya masker diganti.

Sumber :

https://www. cnnindonesia.com/nasional/20210702072316-20-662111/rincian-aturan-ppkm-darurat-jawa-bali-3-sampai-20-juli

Originally posted 2021-07-04 13:12:40.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *