Cara Mengatasi Wifi Laptop Tanda Silang Terbukti Berhasil

Wifi Laptop Tanda Silang

Mengalami suatu masalah seperti wifi laptop tanda silang secara tiba-tiba langsung merasa badmood. Bayangkan saja, sedang enak-enaknya mengerjakan tugas, pekerjaan hingga mendownload file, semuanya berhenti aktivitasnya karena sambungan internet hilang begitu saja. Sebenarnya, masalah bisa terjadi dari dua sumber.

Sumber pertama, berasal dari modem wifi yang ada di rumah Anda. Memang, terkadang modem mengalami troubleshoot ringan hingga secara mendadak memutus jaringan yang sedang tersambung. Kemudian yang kedua, dari laptop sendiri. Perangkat satu ini juga harus dicurigai ketika terdapat tanda silang pada wifi bar dalam layar laptop.

Jangan khawatir atau bingung. Cara mengatasinya bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan seorang ahli. Ke tempat servis juga tidak diperlukan. Bila dalam status terlihat wifi laptop tanda silang, silakan lakukan beberapa petunjuk berikut.

Lihat Kondisi Modem untuk Mengecek Masalahnya

Jangan langsung menyalahkan laptop Anda ketika sambungan wifi tidak terkoneksi dengan baik atau secara mendadak langsung hilang begitu saja. Kejadian tersebut juga turut andil dari modem yang Anda gunakan sebagai sumber internet.

Betul sekali, hal pertama ketika mengalami wifi laptop tanda silang, langsung cek ke sumber modem, tathering dari HP, hingga router. Mungkin saja ada error system yang sedang terjadi. Apakah harus memanggil teknisi jika sudah seperti itu?

Jangan dulu, karena Anda juga bisa melakukannya sendiri. Konektivitas internet hilang, bisa diatasi dengan cara sederhana seperti berikut :

  1. Periksa Dulu Jaringan Wifinya

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah periksa dulu keadaan modem. Coba cek lampu indikatornya, masih nyala atau tidak karena itu menunjukkan aktif tidaknya modem tersebut.

Tidak sampai di situ saja, lampu indikator pada modem itu harus penuh dan berkedip dengan baik, hal itu pertanda bahwa koneksi baik-baik saja. Tapi bila tidak sepenuhnya menyala dan berkedipnya kurang begitu aktif, ada masalah.

  1. Restart Modem

Bagaimana cara merestartnya? Sangat mudah. Tinggal langsung tekan tombol powernya untuk dimatikan sementara, tunggu beberapa saat sebelum mulai diaktifkan kembali. Cara tersebut ampuh membuat wifi bisa terkoneksi lagi ke berbagai perangkat. Langsung coba saja.

  1. Tambahkan Wifi Receiver Bila Dibutuhkan

Namun, ketika sinyal kurang kuat hingga koneksinya melambat dan sering error, coba beli tambahan Wifi receiver. Sekarang malah sudah ada yang bentuknya seperti USB.

TRENDING  Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat Dicas

Masalah Wifi Laptop Tanda Silang Masih Ada? Cek Laptop Sendiri

Setelah melakukan tiga langkah yang ada di atas, tapi masih mengalami wifi laptop ada tanda silang, maka langsung cek laptop sendiri. Kemungkinan besar, penyebabnya adalah perangkat Anda itu.

Mungkin baru diinstall ulang dan lupa untuk menginstall Wifi pada device manager, atau umur laptop sudah tua, hingga menerima sinyal internet saja sudah sangat kesulitan. Semua itu bisa diatasi dengan cara seperti berikut :

  1. Nyala dan Matikan Wifi Di Laptop Berulang Kali

Cara ini cukup mudah, bila pada perangkat laptop, ada dua cara untuk melakukan trik ini, yaitu :

  1. Silakan tekan tombol pada keyboard yang melambangkan Wifi. Untuk menyalakannya kembali, tekan saja lagi.
  2. Tapi bila di keyboard tidak ada hal demikian, bisa klik status bar di bawah yang melambangkan wifi bar dan pilih nama koneksinya > disconect
  1. Hapus dan Re-Install Wifi Di Device Manager

Bila ingin menghapus, tinggal lakukan cara :

  1. Start > cari “Device Manager” dan klik
  2. Cari perangkat Wifi laptop > klik kanan > uninstall

Lalu, ketika ingin menginstallnya kembali, silakan ke situs resmi dari merk perangkat sendiri dan lihat update-an dari versi terbaru.

  1. Restart Laptop

Langkah terakhir, lakukan restart. Tentu semuanya sudah bisa dengan cara :

  1. Start
  2. Di sebelah kanan kata Shut down ada tanda panah, arahkan saja.
  3. Pilih restart.

Langkah yang telah kami jelaskan itu teramat sangat mudah untuk dilakukan, karena masalahnya tidak begitu berat. Akan tetapi bila wifi laptop tanda silang karena modem terkena petir misalnya, hubungi teknisi dari perusahaan modem tersebut.

Originally posted 2021-03-18 17:23:04.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *