Untuk Otentikasi, Sertifikat Elektronik Pertama Kali Digunakan Oleh Bank BRI

Sebagai solusi terhadap masalah pengesaha pembukaan rekening dan dokumen-dokumennya juga layanan lainnya dalam layanan perbankan, di Indonesia, digital signature (Sertifikat Elektronik) digunakan pertama kali oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero).

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (20/4/2018), ditandatangani Mou dan PKS antara Bank BRI dengan Badan Siber juga Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia. Acara tersebut turut dihadiri oleh kepala BSSN RI Mayjen (Purn) TNI Djoko Setiadi dan Suprajarto yang menjabat Direktur Utama Bank BRI.

Menurut Suprajarto dijelaskan bahwa rekening nasabah kini lebih aman, dilindungi dan keabsahannya ditingkatkan oleh Bank BRI melalui pemanfaatan Digital Signature atau Sertifikat Elektronik. “Komitemen kami bersama BSSN agar pembangunan ekonomi digital ditingkatkan terutama dengan kerjasama ini, dalam dunia keuangan, transaksi seluruh nasabah Bank BRI lebih terjamin dan aman khususnya melalui aplikasi digital untuk membuka rekening, akan dipakai sertifikat elektronik untuk melegitimasinya dan ini BSSN yang menerbitkannya,” kata Suprajanto.

TRENDING  Berikut Adalah Beberapa Bank Anggota ATM Bersama, Dicatat Yah

Digital signature adalah sertifikat berbentuk elektronik berisi identitas yang merujuk pasa status sujek hukum dari pihak-pihak dalam transaksi elektronik oleh BSSN sebagai pihak penyelenggara sertifikat elektronik.

Dalam melakukan kegiatan di dunia elektronik atau melakukan transaksi elektronik, subjek hukum bisa menggunakan sertifikat elektronik. Dengan digital signature (sertifikat elektronik) nantinya semua transaksi yang elektronik sifatnya beserta semua informasinya yang bisa dipertangggung jawabkan bisa dilakukan oleh setiap orang.

“Melalui kerjasama itu, di Indonesia, menurut suprajanto, perseroan menjadi bank pertama, untuk bekerjasama serta menggunakan sertifikat elektronik yang oleh certification authority (CA) yaitu BSSN RI, sebagai lembaga yang berwenang, diterbitkan.

Suprajanto menambahkan, “ia dan pihaknya akan berusaha terus meningkatkan transaksi nasabah berikut keamanannya melalui teknologi paling mutakhir dan berbagai inovasi lainnya.” Untuk yang pertama, melalui aplikasi digital BRI mobile, pada fitur pembukaan rekening tabungan BRI, akan diimplementasikan sertifikat elektronik ini dan saat ini pengembangannya sedang dilakukan.

Sumber :

https://finansial.bisnis. com/read/20180420/90/786919/bri-bank-pertama-gunakan-sertifikat-elektronik-untuk-otentikasi-