Tips Merawat Mobil Toyota Kesayangan Anda

Di saat pandami masih berjalan, anda jangan sampai lupa merawat mobil Toyota kesayangan. Seluruh bagian mobil harus dirawat dengan baik apalagi jika mobil dibiarkan beberapa lama.

Berikut adalah beberapa saran bagi anda untuk merawat mobil Toyota kesayangan, yaitu ”

Memeriksa Komponen ACCU/Baterai

Agar tegangan listrik pada baterai tetap baik gunakan air panas dan sikat kawat untuk membersihkan terminal baik yang (+) maupun (-) di bagian terminal baterai atau ACCU. Tujuannya agar saat kendaraan dinyalakan, fungsinya bisa maksimal tanpa ada hambatan.

Pada Periode Tertentu Mesin Dipanaskan

Meski mobil tidak dipakai untuk beberapa lama, setidaknya sekali dalam seminggu mobil dinyalakan agar tidak terjadi kerusakan pada baterai dan tidak kehilangan tegangan listrik.

Oli Mesin Diperiksa

Secara rutin mengecek oli mesin terutama warna, kekentalan, dan jumlahnya. Oli dan pengecekannya penting dilakukan dan harus secara berkala karena oli menjaga agar mesin tidak cepat panas ketika dijalankan.  Oli berkualitas buruk menjadi penyebab masalah tertentu pada mesin mobil.

Saat sedang cek oli mesin sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, apalagi kalau mesin sedang panas. Maka dari itu, cek lah kondisi oli mesin saat mesin dalam keadaan dimatikan. Lihat stick oli, untuk mengetahui apakah oli masih layak pakai atau harus diganti.

TRENDING  Hati-Hati Jika Berkendara dan Mengerem mendadak jika Di depan Ada Truk Bermuatan, Bikin Ngerih!

Memeriksa kondisi ban

Untuk menghindari kecelakaan di jalan, secara rutin lakukan pengecekan tekanan ban. Tekanan ban harus mencukupi dan kalau kempes jangan terlalu lama dibiarkan karena bisa merubah bentuk ban.

Bukan itu saja, mobil yang maju dengan ban kempes atau tekanannya rendah rentan terhadap kecelakaan.

Membersihkan Kendaraan dan Diparkir di Tempat Terlindung

Memastikan kondisi mobil selalu bersih juga penting, terlebih kotoran dan debu cenderung berada di tempat terbuka yang tidak terlindung. Daripada itu parkirlah mobil di tempat terlindung. Jika ada kotoran menempel di bodi mobil bersihkanlah agar cat mobil tidak rusak.

Memeriksa Fitur beriikut interior kabin mobil

Agar bakteri dan kuman tidak menempel di fitur-fitur mobil seperti perseneling, stick, stir, dan jok, bersihkan seluruh bagia interior mobil. Gunakan sabun antiseptik, air, botol semprot, kain atau handuk alus (microfiber) dan vacuum cleaner.

Meski begitu ada bagian tertentu di kabin interior mobil yang tak boleh memakai silikon saat diberishkan karena malah bisa rusak fitur dan fungsinya. Di antara bagian-bagian itu antara lain switch power window, switch pada pedal rem, sistem audio, lampu depan, dan tombol wiper.

Sumber :

https://otomotif.tempo. co/read/1336628/begini-cara-merawat-mobil-toyota-agar-tetap-nyaman-saat-psbb/full&view=ok

Originally posted 2021-07-11 15:01:11.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *