Tahukah Anda Kalau 8 Merek Kendaraan Ini Diambil dari Nama Orang ?

Setiap produk yang dilansir ke pasar pasti memiliki brand tersendiri. Merek ibarat identitas dari seseorang yang mana anda mengenal orang tersebut dengan karakter-karakternya. Jika sebuah merek sudah familiar di telinga kita, bukan soal pantas atau tidak kita memiliki kendaraan tersebut. Tapi sudah soal gengsi.

Nah, selain itu merek tentunya memiliki sisi historis. Ada cerita dan tokoh di balik kemunculan suatu merek. Nama-nama mereka entah pendiri, penemu atau sekedar menginspirasi lahirnya suatu produk, sering diabadikan menjadi nama merek, termasuk merek kendaraan yang kamu pakai.

Yuk kita telusuri 8 merek kendaraan berikut ini dan jangan terkejut jika merek itu diambil dari nama orang betulan.

Honda

Honda sudah begitu familiar di telinga rakyat Indonesia. Dengan produk-produknya yang sukses merajai dan berada di posisi teratas membuat siapapun menjadi penggemar merek ini. Produk-produk honda dikenal sangat handal dan terutama sekali irit bahan bakar. Di tahun 1959 merek Honda terhitung menjadi pabrikan motor nomor satu di dunia. Bahkan pabrikan sekelas chrysler sukses dilibas olehnya.

Soichiro Honda, dialah tokoh di balik nama besar Honda. Mantan tukang bengkel sekaligus pembalap asal Shizuoka, Jepang ini mulanya memasang mesin kecil pada sepedanya. Sepeda bermesin yang menarik minat para tetangganya itu, menginspirasi Soichiro mendirikan pabrik sepeda motor bermerek Honda.

Suzuki

Ulasan berikutnya adalah merek Suzuki. Pabrikan suzuki tak hanya memproduksi motor saja, ada juga produk mobil yang dibuatnya. Nama Suzuki diambil dari nama pendirinya yaitu Michio Suzuki. Pada awalnya, Suzuki bukan pabrik kendaraan. Lahir sebagai anak petani kapas di Hamamatsu pada tahun 1887, Michio Suzuki mendirikan pabrik mesin tenun bernama Suzuki Loom Manufactured Company.

Melihat mesin tenun prospeknya turun, di tahun 195, mulailah Michio membuat sepeda motor. Dengan kesuksesan Michio dalam menjual ribuan unit motor dalam setahun menjadikan pabrikannya memiliki nama besar dan diubah menjadi Suzuki Motors. Semua lini produknya mendapat merek Suzuki.

Bajaj

Bajaj tentunya tidak sekedar nama bagi angkutan roda tiga nan bising dengan knalpot mengepul hebat di jalanan ibu kota. Karena Bajaj juga merupakan merek varian motor sport asal India. Bahkan Bajaj Auto tercatat sebagai pabrikan sepeda motor terbesar ketiga di dunia.

Nama Bajaj diambil dari nama anak angkat Mahatma Gandhi, Jamnalal Bajaj yang mana merupakan tokoh nasionalis sekaligus pengusaha sukses India. Perusahaan ini didirikan di tahun 1945.

TRENDING  Beli Mobil Bekas Sebaiknya Lebih Teliti Lagi

Awalnya, Bajaj menjual kendaraan roda dua dan roda tiga. Pada tahun 1960, Bajaj memperoleh lisensi Piaggio untuk memproduksi skuter dan kendaraan roda tiga. Bajaj kemudian meluncurkan sepeda motor sejak tahun 1986.

Ferrari

Saya berani bertaruh ketika anda mendengar kata “Ferrari” pasti yang pertama anda ingat adalah mobil balap, lalu jajaran mobil mewah. Tidak salah karena pabrikan Ferrari telah lama malang melintang di ajang Formula satu sejak tahun 1948, dengan segenap prestasi yang diusungnya. Tak heran jika dalam perkembangannya dereta mobil mewah produksi Ferrari menjadi favorit selebritis dunia.

Nama Ferrari berasal dari nama pendiri pabriknya, Enzo Anselmo Ferrari. Sebelum sukses mendirikan pabrik mobil pada 1939, Enzo Ferrari dikenal sebagai pembalap dan test driver.

Lamborghini

Merek Lamborghini identik dengan mobil berkelas yang harganya fantastis dan performanya yang tinggi, terutama jajaran mobil sportnya. Di Indonesia, beberapa selebriti mengoleksi mobil mewah ini. Lamborghini mengacu pada nama pendirinya, Ferruccio Lamborghini.

Pada awalnya, di masa perang Dunia II, produk mereka dibuat dari bahan baku sampah. Pabrik mobilnya sendiri baru berdiri tahun 1963 bernama Automobili Lamborghini. Pabrik ini memproduksi mobil grand wisata yang bersaing dengan Ferrari.

Ford

Nama Ford diambil dari nama pendirinya yaitu Henry Ford yang mana mendirikan perusahaannya ini pada tahun 1903 di Amerika, Ford Motor Company. Karena kegemarannya dalam mengotak-atik mesin, muncullah cita-cita untuk menciptakan “kereta tanpa kuda”. Pada tahun 2010, di Amerika Serikat, Ford Motor Company adalah menduduki peringkat kedua perusahaan otomotif terbesar.

Tesla

Tesla, Inc. adalah perusahaan dengan produk khusus mobil listrik, komponen mesin dan perangkat pengisi ulang baterai. Tesla didirikan pada tahun 2003 oleh pengusaha Amerika Martin Eberhard dan Marc Tarpenning.

Jika merek kendaraan lain diabadikan dari nama pendirinya, maka merek Tesla lain sendiri. Merek Tesla berasal dari nama fisikawan dan penemu listrik Serbia-Amerika, Nikola Tesla.

Benz

Benz diambil dari nama Karl Benz, yang mana merupakan seorang penemu. Ia adalah inventor mesin berbahan bakar bensin pertama yang dipasangnya pada produk mobil tahun 1886. Dalam perkembangannya, produk-produk Benz menduduki posisi brand premium. Tapi bukan mobil saja yang diproduksinya, truk dan bus menjadi produk lainnya yang dilansir oleh pabrikan ini.

Sumber :

https://www.idntimes.com/tech/gadget/amrang-amir/10-merek-kendaraan-diabadikan-dari-nama-orang-c1c2/9

Originally posted 2021-06-29 18:39:43.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *