Tahapan Daftar DTKS Kemensos Supaya Dapat Bansos Tunai

Tahapan daftar DTKS Kemensos sangat mudah. DTKS sendiri merupakan singkatan dari data terpadu kesejahteraan sosial. Jika seseorang belum terdaftar pada DTKS maka orang tersebut tidak bisa menjadi seorang penerima BLT. DTKS sendiri bukanlah sebuah pendataan yang bersifat perorangan. Tetapi ini merupakan sebuah data keluarga.

Ketika sebuah keluarga sudah terdaftar, akan ada banyak akses didapat menuju bantuan-bantuan lain. Contoh bantuannya sendiri seperti PKH atau program keluarga harapan, KIS atau kartu Indonesia sehat, dan KKS atau kartu keluarga sejahtera.

Tentu, masih banyak tipe bantuan lain disediakan pemerintah. Masalahnya, tidak banyak orang yang mengetahui pentingnya terdaftar di DTKS.

Kebanyakan hanya menganggap jika mendapatkan bantuan hanya dilakukan dengan pendaftaran secara khusus tanpa memerhatikan poin lain. Apabila Anda sedang kebingungan dalam pendaftaran DTKS, berikut tata cara yang perlu dilalui secara lengkap.

Berikut Ini Alur Pendaftaran Lengkapnya

Terdapat beberapa tahapan daftar DTKS kemensos yang perlu dilalui. Tahapan pertamanya adalah pendaftaran ke lurah atau desa. Saat datang kesana, pastikan membawa KTP dan KK. Pastikan juga KTP dan

KK tersebut memang terdaftar di daerah tersebut. jika terdaftar di daerah lain, lakukan proses pindah terlebih dahulu.

Nantinya, Anda tidak akan langsung menjadi peserta DTKS. Untuk menentukan calon peserta, pihak kelurahan akan melakukan musyawarah terlebih dahulu. Jika pendaftar dirasa memenuhi kriteria, kelurahan akan meneruskan pendaftaran ke camat dan akan diteruskan lagi ke bupati.

Nantinya, bupati akan meneruskan informasi ke dua arah. Informasi tersebut akan diteruskan ke gubernur dan menteri. Nantinya, menteri akan memerintahkan dinas sosial untuk melakukan validasi dan verifikasi dari pendaftaran tersebut.

Tidak semua permintaan akan diterima oleh menteri dan dimasukkan ke DTKS. Namun, hanya permintaan sesuai kriteria saja yang akan memenuhi persyaratan.

Nantinya, barulah bansos akan dikirimkan pada peserta. Sebenarnya, terdapat kriteria yang dijelaskan secara detail oleh pemerintah terkait hal ini. Namun menurut beberapa orang, penerimaannya terkesan untung-untungan.

Walaupun dua orang pendaftar berasal dari kondisi ekonomi sama, bisa saja satu orang diterima dan satu lainnya ditolak.

Oleh sebab itu, pemahaman tentang tahapan daftar DTKS kemensos tidak bisa menjamin. Selalu ingat bahwa DTKS hanya berupa kepesertaan.

TRENDING  Cara Mendaftar PKH dan Link Cek Bansos 2021

Jika ingin mendaftar KIS atau bansos lain, lakukan kembali pendaftaran di desa. Namun, bukti bahwa Anda merupakan peserta bisa sangat membantu.

Melakukan Pengecekan Kepesertaan Juga Mudah

Melakukan pengecekan kepesertaannya sendiri tidak terlalu sulit. Untuk melakukan pengecekan kepesertaan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi situs resminya di kemensos.go.id.

Dari sana, masukkan NIK sebagai bukti kepesertaan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan nomor ID.

Masukkan ID tersebut beserta beberapa data lengkap yang perlu dipenuhi. Selanjutnya, terdapat kode verifikasi yang perlu dimasukkan. Kode verifikasinya sendiri berupa empat buah kotak kosong yang harus diisi. Dari sana, langsung saja klik cari.

Jika tahapan daftar DTKS kemensos sudah diselesaikan dengan baik, status Anda pasti terdaftar.
Namun jika pendaftaran belum diselesaikan, akan muncul keterangan jika pendaftaran gagal atau belum terselesaikan.

Sering terdapat kondisi dimana tidak terdapat informasi yang muncul ketika pengecekan dilakukan. Hal tersebut membuktikan kalau terdapat kesalahan dalam data yang dimasukkan. Sebenarnya selain mengecek data pribadi, data rumah tangga juga bisa dicek.

Untuk mengeceknya, buka halaman yang sama seperti sebelumnya. Dari sana, klik daftar ruta. Filter wilayah Anda lalu klik cari. Dari sana, akan terdapat daftar keluarga yang menjadi penerima bantuan.

Beberapa Syarat Perlu Dipenuhi Terlebih Dahulu

Jika ingin mendapatkan bantuan, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi sebelum melalui tahapan daftar DTKS kemensos. Syarat pertama berupa warga miskin.

Hal ini dibuktikan dengan surat dari RT/RW yang bisa dibuat. Lalu selanjutnya adalah tidak dimilikinya status sebagai pegawai negeri.
Jika pendaftar merupakan seorang POLRI, TNI, atau pegawai BUMN, maka orang tersebut tidak akan menjadi pihak penerima.

Anda juga bisa melakukan pendaftaran apabila merupakan warga terdampak pandemi dan korban PHK. Pastikan agar setiap persyaratan dipenuhi dengan sebaik mungkin. Jangan melakukan kesalahan dengan melewatkan persyaratan yang sebenarnya penting.

Apabila ada syarat yang terlewat, melanjutkan ke tahapan selanjutnya menjadi tidak mungkin. Ada banyak orang yang gagal karena melewatkan tahapan daftar DTKS Kemensos ini.

 

Originally posted 2021-07-04 07:00:45.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *