Stok Banyak Dihindari Oleh Penjual Hewan Kurban Sebagai Imbas Pandemi Covid 19

Saat ini kita masih dalam pandemi covid 19 dan dalam beberapa hari mendatang, tepatnya pada 20 Juli, kita memperingati Idul Adha. Karena pandemi masih berlangsung, stok banyak dihindari oleh hampir semua penjual hewan kurban.

Menurut beberapa penjual kambing, penjualan pada tahun ini tak berbeda jauh dengan penjualan pada tahun lalu. Beda halnya dengan sebelum pandemi, mendekati idul adha, penjualan kambing bisa mencapai 100 ekor lebih.

Dengan menurunnya perekonomian, tidak bisa diketahui seberapa jauh daya beli masyarakat. Karena itu pada tahun ini, penjual kambing hanya berani menjual 40 ekor saja karena takut tidak laku.

Seorang penjual kambing mengaku penjualannya turun drastis pada tahun ini dan diakuinya ini karena jumlah kambing yang dijualnya terbatas. Jika sebelumnya bisa diperoleh penghasilan bersih Rp. 70 Р80 jutaan. Di masa pandemi keuntungan yang diperoleh hanya setengahnya saja.

Kendati begitu, para penjual ini terus berusaha keras agar semua kambing yang mereka jual bisa laku semua. Cara yang mereka tempuh antara lain dengan menghubungi pelanggan tetap nya.

TRENDING  DPR Ingin Agar Aturan PPKM Darurat Tidak Membingungkan Rakyat Kalau Diperpanjang

Dan meski mereka sudah mengupayakan cara ini, namun kambing yang dibeli oleh pelanggan mereka ternyata tidak sebanyak seperti di masa sebelum pandemi. Jumlah kambing yang dibeli tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Setelah menelpon beberapa pelanggan, seorang penjual mengaku bahwa hampir tidak ada yang beli. Atau kalaupun ada, jumlah pembeliannya terbatas. Semisal jika pada tahun lalu membeli satu sampai dua ekor kambing, pada tahun ini hanya beli satu ekor saja.

Saat ini harga kambing yang dijual ada di kisaran Rp. 2 juta sampai Rp. 3,5 juta. Jika ukuran kambing semakin besar, harganya semakin mahal pula.

Dengan diberlakukannya PPKM darurat berimbas pada ditutupnya beberapa ruas jalan dan ini berpengaruh besar terhadap penjualan kambing.

Jalan-jalan ditutup sehingga tidak ada orang yang lewat untuk membeli hewan kurban. Bahkan mendekati idul adha tanggal 20 Juli kedepan, ada penjual yang baru bisa menjual 3 ekor kambing saja.

Sumber :

https://jogja.suara. com/read/2021/07/11/151102/imbas-pandemi-covid-19-penjual-hewan-kurban-tak-berani-stok-banyak?page=all

Originally posted 2021-07-12 14:48:38.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *