Simak Persyaratan Mendaftar BLT Pendidikan dari Pemerintah


Bantuan langsung tunai dari pemerintah sudah rutin diberikan setiap bulannya, adapun persyaratan mendaftar BLT yang harus dipenuhi oleh calon penerima bantuan tersebut. Pemerintah mencoba memberikan bantuan-bantuan bagi seluruh masyarakat Indonesia terdampak covid-19, agar dapat meringankan beban yang harus mereka emban.

Pandemi masih berlangsung sejak tahun 2020 hingga 2021 ini, membuat masyarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih lagi dengan harga beberapa bahan pangan yang melonjak, membuat masyarakat kesulitan untuk membelinya.

Maka dari itu, pemerintah membuat program BLT yang dikhususkan untuk masyarakat dengan ekonomi lemah.

BLT sendiri terbagi untuk kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial. Untuk pendidikan memang rutin dibagikan kepada para pelajar setiap 4 bulan sekali setiap tahunnya, dengan kisaran dana 3,4 juta setiap tahun. Pemerintah membuat anggaran ini bertujuan untuk meringankan beban orang tua pelajar, dan agar tidak ada pelajar yang putus sekolah.

BLT pendidikan ini juga memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerimanya, agar pemerintah tidak salah target saat memberikan bantuan ini. Alasan lainnya adalah agar si penerima termasuk ke dalam kategori yang pemerintah tentukan untuk menerima bantuan.

Berikut akan kami bahas mengenai persyaratan mendaftar BLT pendidikan serta apa saja manfaatnya bagi masyarakat.

Persyaratan Mendaftar BLT Pendidikan 2021

BLT pendidikan merupakan program bantuan dari pemerintah, hasil kerjasama dari 3 kementrian yaitu kementrian pendidikan, sosial dan agama. Hasil kerjasama itu menghasilkan Bantuan Langsung Tunai merupakan bantuan berupa uang tunai kepada para pelajar yang diberikan setiap bulannya.

Uang itu nantinya bisa digunakan untuk membeli perlengkapan sekolah, baju sekolah atau membayar biaya sekolah. Adapun persyaratan penerima bantuan pendidikan ini, yaitu harus memiliki persentase kehadiran sebesar 85%.

Syarat ini bertujuan agar pelajar tidak terlena dengan bantuan ini dan meninggalkan waktu belajarnya.

Persyaratan mendaftar BLT lainnya adalah harus memiliki KIP atau KKS. Bagi warga yang tidak memiliki KIP, bisa mendaftar ke lembaga sosial di tempat Anda tinggal agar bisa mendapat KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera. Atau bisa juga dengan orang tua meminta kepada RT/RW untuk membuat Surat Keterangan Tidak Mampu lalu mendaftar ke dinas sosial.

Dana yang diberikan oleh pemerintah beragam tergantung dengan jenjang sekolah yang sedang anak Anda jalankan. Penerima bantuan ini harus dalam masa wajib sekolah dan berusia kurang lebih 6-21 tahun.

TRENDING  Daftar Bantuan BLT UMKM Harus Memenuhi Beberapa Syarat ini Agar Segera Cair

Besaran dananya yaitu untuk SD mendapat 75.000 per bulan, SMP mendapat 125.000, dan SMA mendapat 166.000.

Manfaat yang Dirasakan oleh Masyarakat dari BLT

Masyarakat sudah merasakan bantuan ini sejak awal Januari lalu, dengan bantuan ini masyarakat bisa menggunakan uang tersebut untuk memenuhi keperluan sekolah anak. Di saat pandemi ini, memang kita harus bisa mengurangi biaya-biaya yang tidak terlalu penting agar bisa menghemat pengeluaran.

Bantuan BLT pendidikan ini bisa menambah biaya untuk membeli perlengkapan sekolah, membeli kuota internet karena saat ini internet menjadi keperluan utama untuk proses belajar anak.

Pembelajaran melalui konferensi video sudah berjalan sejak tahun lalu, karena diberhentikannya proses belajar secara langsung di sekolah.

Biaya yang harus dikeluarkan di setiap bulannya juga akan lebih hemat, karena biaya pendidikan sudah didapat dari BLT ini. Jadi segera lengkapi persyaratan mendaftar BLT, agar bisa segera mendaftar untuk membantu kebutuhan pendidikan anak Anda terpenuhi.

BLT ini juga merupakan bagian dari program PKH yang telah ada sebelumnya. Bantuan dari pemerintah ini memang sangat membantu masyarakat kurang mampu ekonominya, serta meringankan beban masyarakat yang kesulitan disaat pandemi ini.

Pemerintah sudah mengerahkan segala bantuan secara finansial agar ekonomi masyarakat bisa berjalan kembali, setelah sebelumnya ekonomi Indonesia sudah terjun bebas akibat pandemi covid-19 ini.

Bantuan-bantuan tersebut diperuntukkan untuk masyarakat agar mereka bisa menjalankan rutinitas disaat pandemi berlangsung.

Untuk mengetahui apakah dana pendidikan dari pemerintah sudah cair atau belum, Anda bisa mengecek di website pip.kemendikbud.go.id.

Caranya adalah Anda cukup mengakses web tersebut, lalu akan terdapat bagian Cari Penerima PIP. Di kolom itu masukkan NISN peserta didik dan nama ibu kandung kemudian klik cari.

Di website tersebut juga terdapat informasi yang bisa Anda temui seperti informasi mengenai PIP (Program Indonesia Pintar) dan prioritas yang akan mendapatkan PIP. Setelah Anda tau cara mendaftar serta persyaratan mendaftar BLT, Anda bisa segera mendaftar di aparat daerah setempat.

 

 

 

 

Originally posted 2021-07-02 17:12:09.