Segera Cek Jadwal Pendaftaran CPNS 2021 di Sini!

CPNS 2021 : Formasi, Pendaftaran dan Syaratnya

CPNS atau seleksi calon pegawai negeri sipil adalah salah satu agenda pemerintah yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Setelah absen di tahun 2020 yang lalu, pemerintah membuka kembali Loker CPNS kembali di tahun 2021. Bagi Anda yang penasaran dan menanti-nanti jadwal pendaftaran dan seleksi calon pegawai negeri sipil ini, berikut ini adalah ulasannya.

Jumlah formasi yang dibuka

Nama PNS yang diganti menjadi ASN membuat seleksi CPNS berubah menjadi seleksi ASN. Nama ASN ini digunakan untuk mencakup tenaga kerja atau pegawai negeri sipil baik secara kontrak maupun tenaga resminya. ASN mencakup ASN sendiri dan juga PPPK. Hal inilah yang membuat seleksi CASN di tahun 2021 ini akan dibuka baik untuk ASN maupun untuk PPPK.

Harusnya seleksi ASN memang dilakukan setiap tahun untuk mencukupi kebutuhan tenaga kerja pensiun dari segala area di Indonesia. Akan tetapi karena adanya Covid 19, seleksi ASN di tahun 2020 harus diundur. Hal ini membuat pemerintah membuka lebih banyak formasi di tahun 2021 ini.

Di tahun 2021 ini jumlah formasi yang dibuka cukup besar jika dibandingkan dengan tahun 2019. Di tahun 2019, pemerintah hanya membuka lowongan formasi dengan jumlah 152.286 yang dibagi untuk formasi pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Lalu bagaimana dengan tahun 2021 ini? Di tahun 2021 ini formasi CASN yang dibuka sangat besar yaitu sekitar 1.3 juta lowongan. Dari loker CPNS yang dibuka ini, ada 3 jenis lowongan yang akan dibuka, yaitu :

  • Loker guru PPPK sebanyak 1 juta lowongan
  • Loker ASN daerah sejumlah 189.000
  • Loker ASN dan PPPK Pemerintah pusat sebanyak 83.000

Jumlah lowongan kerja ini memang sangat banyak jika dibandingkan dengan loker di tahun 2019 yang lalu. Meski jumlahnya masih berkisar mirip. Akan tetapi beda dengan loker ASN PPPK untuk guru.

Ada banyak loker ASN PPPK yang bisa Anda jajal di tahun 2021 ini. Hal ini ditujukan untuk mengisi kekosongan posisi guru di daerah yang masih sangat minim. Hal ini merupakan salah satu usaha dari menteri pendidikan Nadiem yang diapresiasi oleh banyak pihak. Dengan upaya ini diharapkan pendidikan di daerah tertinggal bisa makin berkembang untuk meningkatkan SDM manusia di seluruh penjuru Indonesia.

TRENDING  Ini PERSYARATAN LENGKAP Yang Harus Disiapkan Untuk Daftar CPNS 2021
TRENDING  Kuota Penerimaan CPNS 2021 Hanya 1 Juta, Ini Persyaratan Yang Harus Disiapkan!

Jadwal seleksi dan pendaftaran CASN 2021

Pelaksanaan CASN di tahun 2021 dianggap masih simpang siur. Hal ini disebabkan karena kesiapan pelaksanaan seleksi CASN ini masih digodok demi bisa melaksanakan seleksi ASN yang aman di tengah upaya penyelesaian pandemi Covid 19 dengan penggunaan vaksin ini.

Meski begitu, dikabarkan pengumuman formasi CASN di tahun 2021 ini akan dilaksanakan pada akhir bulan Maret mendatang. Sedangkan rencana pembukaan pendaftaran ini akan dibuka pada bulan April hingga bulan Mei. Sedangkan untuk tesnya sendiri direncanakan akan dilakukan di bulan Juni 2021 mendatang.

Semua kegiatan seleksi baik dari segi pendaftaran, pengumuman dan pengumpulan berkas semuanya dilakukan dengan menggunakan portal website yaitu sscasn.bkn.go.id seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Mengenai syarat dokumen pendaftaran CASN

Untuk Anda yang ingin melakukan pendaftaran ASN, Anda akan membutuhkan syarat sebagai dokumen untuk kelengkapan. Syarat untuk dokumen kelengkapan ini ternyata masih sama dengan syarat dan kelengkapan seleksi dokumen untuk CASN di tahun 2019 kemarin. Beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar antara lain adalah :

  • Scan kartu keluarga
  • Scan kartu tanda penduduk
  • Scan ijazah
  • Scan transkrip nilai
  • Scan pas foto
  • Scan dokumen lain yang diwajibkan oleh instansi yang terkait.

Setiap instansi akan membutuhkan dokumen yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena untuk masalah kebutuhan dokumen, pemerintah pusat memberikan otonomi sendiri pada pihak instansi masing-masing. Seperti halnya untuk Anda yang mendaftar pada instansi pemerintah daerah Jakarta, Anda harus memenuhi syarat dokumen syarat nilai TOEFL sebagai salah satu syarat untuk mendaftar.

Bukan hanya itu. Alur dari seleksi loker CASN juga diperkirakan sama. Mulai dari pengumuman formasi hingga usul penetapan NIP akan tetapi untuk jadwal jelasnya Anda bisa tunggu dokumen resmi yang rilis tiap instansi untuk tahu jadwal lebih lengkapnya.

TRENDING  Inilah Contoh Soal CPNS TWK Tema Bhinneka Tunggal Ika 2021/2022
TRENDING  Inilah Contoh Soal CPNS TWK Tema NKRI 2021 / 2022
TRENDING  Inilah Contoh Soal CPNS TWK Tema Pancasila Tahun 2021

Originally posted 2021-05-02 08:29:50.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *