Pengguna Windows 10 Harus Berhati-Hati, Bug Ini Bisa Menjadi Mimpi Buruk

Pengguna windows harus lebih berhati-hati karena awal pekan ini ada peringatan serius dari Microsoft. Ada desakan dari Redmond untuk menginstal pembaharuan bagi para pengguna Windows.

Bug PrintNightmare yang terkenal dan telah ditambal itu berkemampuan untuk melemahkan PC sehingga bisa diambil alih dengan mudah oleh peretas hingga dieksploitasi oleh para penjahat.

Pengguna Windows 10 di beberapa negara jadi sakit kepala dengan adanya peningkatan KB500495 karena dampaknya sama serius dengan fakta di atas.

Pengguna Windows 10 mengeluhkan masalah mereka di platform media sosial dengan mengatakan bahwa koneksi dengan sejumlah printer tidak bisa digunakan karena tambalan ini.

Yang terkena dampak paling besar, sebagaimana dilansir halaman Express.co.uk, pada Senin 12 Juli 2021 adalah beberapa aksesori keluaran Zebra.

Dalam postingan di halaman sebuah forum, seorang pengguna mesin cetak label mengatakan, “Hari ini, ini benar-benar mimpi buruk, di Hawaii grosir terbesar ikan adalah kami dan ke 15 Printer ZT220 saya berhenti bekerja.”

Di PC mereka, bagi pelanggan windows yang akan menerima perbaikan, update windows setidaknya bisa memakan waktu hingga 24 jam dan saat perbaikan itu sedang diluncurkan, masalah itu telah dikonfirmasikan kepada mereka.

Menghapus pembaruan penting KB5004945 adalah cara satu-satunya di mana masalah ini bisa diperbaiki dan ini sangat memusingkan pengguna Windows 10.

Salah satu pengguna dalam Forum Zebra, mengatakan bahwa menghapus pembaharuan, saat ini, adalah satu-satunya solusi yang saat ini sedang ia hadapi.

Itu betul, tapi kalau KB5004945 dicopot, PC mereka menjadi terbuka dan rentan mendapat serangan dari peretas meski mereka bisa mencetak lagi.

TRENDING  Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat Dicas

Micosoft mengatakan bahwa ketika cara yang tidak benar dalam melakukan operasi file pada layanan Windows Print Spooler terjadi, akan muncul kerentanan eksekusi kode jarak jauh.

Lebih lanjut Microsoft mengingatkan bahwa dengan hak istimewa sistem, kode arbitrater bisa dijalankan oleh penyerang yang mana kerentanan ini berhasil dieksploitasi olehnya.

Selebihnya, masih penjelasan dari Microsoft, penyerang bisa melihat, mengubah, bahkan menghapus data, atau membuat akun baru lagi dengan hak penuh pengguna, begitu ia berhasil menginstal program.

Dari semua log yang diketik di Keyboard, memungkinkan aplikasi perangkat lunak menakutkan bisa diinstal ke PC oleh penjahat siber.

Jika serangan terjadi, tangan yang salah bisa memperoleh informasi pribadi anda mulai dari banyak kata sandi hingga detail info perbankan.

Saat ini perbaikan masih terus berlangsung dan belum diketahui apakah setelah menginstal KB5004945 masalah ini masih dialami printer lain atau tidak.

Menurut Microsoft, setelah menginstal pembaruan KB5003690 atau yang lebih baru (termasuk pembaruan di luar pita, KB5004760 dan KB5004945), Anda mungkin mengalami masalah saat mencetak ke Printer yang paling terpengaruh adalah printer resi atau printer label yang terhubung melalui USB.

Sebagai raksasa software, Microsoft menyatakan bahwa KIR (Known Issue Rollback) dipakai untuk menyelesaikan masalah ini. Dan bahwa diperlukan waktu sampai 24 jam kemudian merestart perangkat Windows agar perangkat anda tidak lagi bermasalah dengan ini sehingga perangkat windows bisa bekerja lebih cepat.

Sumber :

https://www.suara.com/tekno/2021/07/12/120000/awas-bug-bisa-jadi-mimpi-buruk-pengguna-windows-10

Originally posted 2021-07-12 15:44:17.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *