Mau Beli Sepeda Gunung ? Baca Dulu Tipsnya Di Sini

Saat ini tren gowes sedang menggejala di Indonesia. Tak heran jika angka penjualan sepeda di hampir semua toko melonjak tajam. Masyarakat memborong sepeda sesuai dengan pilihannya. Dan salah satu jenis sepeda yang banyak peminatnya adalah sepeda gunung. Merupakan salah satu varian sepeda yang penjualannya paling laris. Kendati begitu, sebelum membeli sepeda gunung ada trik nya.

Tak jauh beda dengan memilih barang lain, memilih sepeda juga hampir sama. Ada sejumlah kriteria yang sebaiknya diperhatikan agar apa yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan serinci mungkin faktor-faktor di bawah ini sebelum pergi untuk membeli sepeda gunung. Daripada itu setelah membaca beberapa kriteria di bawah, anda akan memperoleh sepeda yang bagus.

Mencari Beberapa Referensi

Seorang pemula mungkin belum tahu banyak informasi tentang pemilihan sepeda gunung yang oke. Daripada itu hal pertama untuk dilakukan adalah mencari beberapa referensi soal sepeda gunung sebanyak-banyaknya.

Seorang pemula tidak memiliki pengetahuan yang cukup soal cara memilih sepeda gunung, terlebih sepeda yang akan dibelinya itu merupakan sepeda pertamanya.  Langkah pertama yang bisa Anda ambil adalah dengan mencari informasi sepeda gunung sebanyak mungkin.

Kumpulkan informasi tentang sepeda gunung yang memiliki merek ternama dalam negeri dan berkualitas bagus. Lalu, bandingkan dengan sepeda gunung merk luar/impor. Dengan mengetahui referensi dari berbagai merk sepeda gunung baik lokal maupun luar, akan membantu Anda dalam menemukan sepeda yang cocok.

Merinci Ukuran Rangka Sepeda

Masih banyak pemula yang belum paham cara tentukan ukuran dari rangka sepeda. Padahal, saat memilih rangka sepeda, ukurannya harus sesuai dengan tubuh pengguna. Untuk menentukan ukuran rangka yang cocok, pertama ukur tinggi badan Anda.

Lalu periksa ukuran panjang inseam, caranya dengan mengambil ukuran panjang dari ujung jari kaki hingga ke area selangkangan. Terakhir, sesuaikan ukuran yang tadi anda ambil dengan tabel geometri rangka sepeda dari merek yang ingin dibeli.

Periksa Contact Point

Pada sepeda, titik vital yang penting ada pada tiga contact point. Dalam hal ini tubuh pesepeda bersinggungan langsung dengan tiga titik tadi. Tiga titik yang dimaksudkan di sini terdiri dari sadel, handle bar, dan pedal.  Dalam memilih pedal anda bisa menyesuaikannya dengan selera. Tetapi kami menyarankan untuk memilih jenis clipless pedal. Jenis pedal ini meningkatkan efisiensi dalam mengayuh sepeda.

TRENDING  Internet Banking, Fungsi dan Kegunaannya

Handlebar memiliki fungsi untuk mengendalikan kemudi. Sebaiknya, Anda pilih handlebar yang ukurannya sesuai dengan ukuran lebar bahu. Demikian juga dengan pemilihan sadel. Banyak pengguna sepeda yang tidak langsung dapat sadel yang cocok. Itu karena biasanya sadel nyaman waktu digunakan pada jarak 20 km pertama.

Tetapi ketika jarak bersepeda sudah melampaui 40 km, ketika dipakai, sadel mulai terasa kurang nyaman. Saat memilih sadel, memang harus diperhatikan kualitasnya. Agat supaya tetap bisa nyaman digunakan meskipun sudah melakukan perjalanan puluhan kilometer.

Memilih Ukuran Ban yang Tepat

Ban sepeda standar berukuran 26, 27.5 dan 29 inchi. Dari ketiga ukuran tersebut, ukuran ban 27.5 bisa dipilih. Ukuran ban dengan diameter 27,5 inchi, pada umumnya dirujuk sebagai ukuran standar oleh produsen rangka atau frame sepeda.

Selain ukuran diameter ban, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah lebar ban sepeda. Ban sepeda dengan ukuran yang lebih lebar memiliki kekuatan pencengkraman yang lebih baik terhadap permukaan jalan. Dengan daya cengkram relatif kuat, laju sepeda terasa lebih stabil saat dipakai melewati tanjakan yang terjal hingga tikungan.

Kekurangan dari ban berukuran lebar adalah laju sepeda lebih lambat dan berat. Dan juga, cukup sulit ketika melewati area berlumpur. Sedangkan, ukuran ban tidak terlalu lebar, membuat laju sepeda lebih cepat. Sangat sesuai ketika menempuh jarak yang jauh. Jadi, dalam memilih ukuran ban sepeda, sesuaikan dengan kebutuhan bersepeda Anda.

Disesuaikan dengan Ketersediaan Dana

Dana yang anda miliki cukup banyak, maka belilah sepeda dengan harga yang pas dengan dana yang tersedia. Daripada itu pilih pula sepeda yang berspesifikasi bagus kemudian harganya juga terjangkau. Untuk melihat-lihat varian sepeda berikut harga dan spesifikasinya, anda bisa mengeceknya di internet.

Jadi, itulah cara memilih sepeda gunung yang direkomendasikan untuk para pemula. Meskipun masih pemula, namun Anda tetap harus memperhatikan cara memilihnya. Kualitas sepeda akan berpengaruh pada kenyamanan saat dipakai.

Sumber :

https://www.coworking.co.id/cara-memilih-sepeda-gunung-yang-benar-untuk-pemula/

Originally posted 2021-06-30 20:18:29.