MAKANAN PALING LARIS DI BULAN RAMADHAN UNTUK IDE JUALAN

Ramadhan 2022 telah tiba dan salah satu hal yang menjadi ikon bulan ramadhan adalah banyaknya orang-orang yang menjajakan jajanan dan makanan untuk takjil atau berbuka puasa. Ketika sebagian orang memilih untuk memasak atau membuat sendiri makanan ringan atau jajanan untuk takjil dirumah, sebagian orang lagi lebih senang untuk hunting makanan ringan dan jajanan yang biasanya memang khas hanya selalu ada ketika bulan ramadhan saja. 

Ada beragam jenis makanan yang biasa dijajakan oleh orang-orang untuk takjil, dan jenis makanan itu tidak selalu makanan berat atau tinggi lemak. Sebagian makanan berbentuk minuman yang menyegarkan ataupun juga hangat. Bagi kamu yang tertarik untuk berjualan aneka makanan untuk takjil atau berbuka puasa, berikut ini merupakan rekomendasi makanan paling laris di bulan ramadhan yang bisa kamu gunakan sebagai ide jualan:

1. Kurma dan aneka olahannya 

Salah Satu ikonik makanan Bulan Ramadhan tentu saja adalah buah kurma. Biasanya ketika menjelang ramadhan, akan banyak sekali orang yang memborong buah kurma dari jauh-jauh hari sebelum puasa karena takut stoknya akan kosong ketika puasa dimulai. Mengkonsumsi buah kurma memiliki keistimewaan, selain karena sunah dari Rasulullah SAW kurma juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Permintaan yang tinggi akan buah kurma, menjadikan produsen yang menyediakan buah tersebut juga haruslah banyak. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba peruntungan, sebagai produsen dan berjualan kurma di bulan Ramadhan. Selain dimakan langsung, buah kurma juga biasanya diolah menjadi berbagai makanan yang unik dan lezat seperti bolu kurma, pancake kurma, coklat kurma, puding kurma dan lain sebagainya. Jadi selain dicari oleh orang-orang yang senang menyantap kurma, kamu juga akan dicari oleh para produsen aneka kue.

2. Aneka Kolak dan Bubur

Ide jualan makanan paling laris selama bulan puasa yang kedua adalah jajanan aneka kolak atau bubur. Kedua jenis makanan ini tidak boleh dilewatkan karena sangat kental akan teman berbuka puasa yang notabene bercita rasa manis. Menyantap makanan manis menjadi pilihan makanan untuk berbuka puasa, karena menurut pakar kesehatan bermanfaat untuk mengembalikan energi kita setelah seharian berpuasa. Jangan salah ya aneka bubur disini bukan seperti bubur ayam, namun berbagai macam jenis bubur seperti bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur candil, dan bubur kacang ijo. Dan untuk aneka olahan kolak seperti kolak pisang, kolak tape, kolak ubi dan lain sebagainya. Selain disajikan ketika hangat, kolak dan bubur bisa juga ditambahkan es batu agar memiliki citarasa lebih segar. Membuat aneka makanan ini tidaklah terlalu sulit, bahan-bahannya tersedia di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Sangat cocok sebagai ide jualan karena kedua jenis makanan ini sering dihidangkan di rumah-rumah, yang pastinya akan laris untuk ibu-ibu yang sedang malas membuatnya sendiri dan lebih memilih membeli kolak atau bubur yang telah jadi.

3. Aneka Jajanan Gorengan

Makanan paling laris di bulan ramadhan untuk ide jualan selanjutnya adalah aneka jajanan gorengan. Gorengan yang dimasak sampai kering dengan citarasa yang gurih dan kriuk, bisa menjadi teman berbuka puasa yang nikmat. Selain bisa dimakan langsung atau menjadi camilan, untuk sebagian orang gorengan juga dijadikan lauk atau teman makan bersama dengan nasi. Aneka gorengan seperti bakwan, mendoan/tempe goreng, gehu, atau keroket, menjadi hidangan simpel yang enak dimakan dengan sambal, saus pedas, saus kacang, atau dengan cabe rawit. Dan untuk aneka gorengan manis seperti, odading, pisang coklat, molen, katimus, dll sangat cocok untuk jadi cemilan setelah melaksanakan sholat tarawih. Gorengan selalu menjadi salah satu makanan yang memang banyak peminatnya sampai sekarang karena harganya yang relatif murah, jadi sangat cocok untuk dijadikan ide jualan di bulan puasa. Resep pembuatannya pun terbilang mudah dan bahan-bahan yang diperlukan tidak sulit untuk ditemukan, jadi apa salahnya untuk dicoba.

TRENDING  Bantuan UMKM Online Segera Cair, Inilah Cara Mendapatkannya

4. Aneka Jajanan Pasar

Seperti halnya gorengan, aneka jajanan pasar merupakan camilan murah dengan rasa yang enak. Dibulan puasa, jajanan pasar yang biasanya banyak diminati adalah kue-kue basah dan jajanan pasar bercita rasa manis. Seperti kue putu, kue lapis, getuk, onde-onde, wajik, klepon, serabi, dan masih banyak lagi jajanan pasar lainnya. Dengan citarasa yang manis dan teksturnya yang lembut, jajanan pasar tidak hanya banyak disukai oleh orang dewasa tapi juga anak-anak. Sangat cocok menjadi camilan yang lezat ketika waktu berbuka telah tiba, berjualan jajanan pasar tentu merupakan peluang yang bagus untuk bisnis makanan dibulan puasa.

5. Lauk Pauk Sebagai Teman Nasi

Selain makanan ringan atau jajanan, makanan berat seperti lauk pauk sebagai teman nasi merupakan peluang jualan yang bagus ketika bulan puasa. Terkadang beberapa orang malas memasak lauk nasi karena capek setelah beraktifitas dan bekerja seharian, jadi masak dirumah hanya nasi saja dan lauknya beli dari luar. Bagi yang jago memasak, menjual lauk pauk yang sudah matang dengan beragam masakan bisa dihidangkan dan dijual. Lauk pauk seperti orek tempe, sayur-sayuran, beragam masakan tumisan, beragam olahan telur atau daging bisa menjadi pilihan. Namun semua kembali lagi sesuai kemampuan dan target pasar yang akan dijangkau. 

Itulah beberapa jenis menu makanan paling laris di bulan ramadhan yang bisa kamu jadikan sebagai ide usaha. Tiap menu makanan memang mayoritas sebagai makanan ketika berbuka, karena memang berjualan makanan dibulan ramadhan sangat ikonik sebagai santapan ketika berbuka puasa. Semua rekomendasi diatas bisa sangat menjanjikan yang bisa dijadikan ide bisnis makanan dibulan Ramadhan. Beberapa dari ide usaha tersebut cukup mudah untuk dimulai karena pembuatannya yang cukup mudah dan bahan untuk pembuatan yang mudah didapatkan. Semoga bermanfaat