Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Bagaimana bisa nyala jika ternyata laptop tidak menyala saat ditekan tombol power. Padahal tahu sendiri, jalan utama untuk bisa menghidupkan device tersebut harus melalui tombol indikatornya. Entah memakai baterai atau langsung colokkan dengan listrik menggunakan adaptor, tombol power sangat penting untuk bisa menyalakan laptop.

Akan tetapi, setelah dicoba berulang kali, tetap saja tidak bisa menyala karena tombol utamanya tidak berfungsi. Bila sudah seperti itu, Anda yang mungkin sedang ada deadline, langsung panik karena menemukan kerusakan pada device kesayangan Anda itu.

Sebenarnya, masalah mengenai laptop tidak menyala saat ditekan tombol power itu sudah banyak terjadi. Bisa saja Anda memperbaikinya sendiri dengan mengikuti petunjuk di internet. Akan tetapi, untuk lebih tenangnya, langsung saja menuju ke tempat servis. Tapi coba baca artikel berikut, mungkin bisa memberi petunjuk pada Anda.

Baca Juga  Cara Memunculkan Wireless Network Connection di Windows 7

Cari Penyebabnya dan Lakukan Perbaikan Ringan

Meski bukan seorang ahli dalam memperbaiki perangkat laptop dan sejenisnya, apabila rusaknya tidak terlalu parah, atau memang sedang error, bisa juga diperbaiki sendiri. Meski pada kenyataannya harus membaca petunjuk di internet berulang kali.

Perlu diketahui juga bahwa masalah laptop tidak menyala saat ditekan tombol power itu ada berbagai macam keluhan penyebabnya. Tidak bisa menyalahkan satu bagian saja jika belum dilihat.

Maka dari itu, kami dalam artikel berikut akan memberikan tiga jenis penyebab hingga membuat perangkat tersebut tidak menyala meski sudah menekan tombol power berkali-kali. Begini penjelasannya :

  1. Disebabkan Baterai Bocor

Memang, masalah baterai bisa menimbulkan berbagai macam gangguan pada beberapa komponen di laptop. Apabila asal kerusakan karena baterai bocor, copot saja dan gunakan adaptor bawaan untuk menyalakan laptop.

  1. Muncul Kerusakan Hardware

Kerusakan hardware memang membuat proses booting tidak bisa dilakukan. Ada banyak komponen perangkat keras di dalam laptop, misalnya :

  1. RAM
  2. Processor
  3. Chipset
  4. Harddisk
  5. Dan motherboard
  1. Tombol Power Memang Rusak
Baca Juga  Laptop Sering Panas? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Untuk masalah ini, pasti terlihat jelas dan langsung tahu kenapa alasan laptop tidak menyala. Kerusakan bisa terjadi karena patah atau terkena kotoran debu. Bila hanya kotor, bisa dibersihkan. Tapi ketika fisiknya telah rusak, lebih baik diganti saja ke tempat servis.

Cara Intensif Memperbaiki Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Poin C itu yang paling mudah ditangani karena langsung ketahuan penyebab dari jenis kerusakan kini dialami. Akan tetapi, bagaimana bila tombol power normal dan baterai masih baik, namun tidak kunjung menyala juga?

Tentu saja jawabannya, terdapat kerusakan pada perangkat keras. Ada cara intensif agar laptop tersebut bisa menyala kembali tanpa harus menekan tombol power tersebut. Ikuti langkah berikut :

  1. Copot baterai, sambungkan saja ke listrik menggunakan adaptor.
  2. Anda harus memiliki keyboard portabel/eksternal seperti USB keyboard yang telah terinstall dengan device Anda itu.
  3. Masuk saja ke BIOS, bila di keyboard bisa langsung menekan tombol F12+DEL+F2. Bisa disesuaikan tergantung tipe laptopnya.
  4. Pergilah ke menu Power Management Setup dan ganti dari “PS2 keyboard ON” ke enable.
  5. Kemudian, layar menampilkan tombol optional. Silakan isi sesuai keinginan sendiri untuk dijadikan opsi lain jika ingin menghidupkan perangkat selain tombol power.
  6. Save dan keluar dari BIOS.
Baca Juga  Daftar Laptop Gaming ini Dijamin Tidak Akan Mengalami Lag

Tidak ada salahnya mencoba cara tersebut. Bila berhasil dengan strategi pada artikel kami, bisa menghemat ongkos perbaikan di tempat servis. Namun, ingat juga bila laptop tidak menyala saat ditekan tombol power kerusakannya cukup serius, jangan ragu bertanya pada ahlinya dari pada bereksperimen sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *