Laptop Mati Total dan Tidak Bisa di Charge

Laptop Mati Total dan Tidak Bisa di Charge

Ketika sedang bekerja, tapi terdapat kendala dengan laptop mati total dan tidak bisa di charge. Sebenarnya tidak usah panik, karena kita bisa memberi pertolongan pertama ketika perangkat kerja Anda mengalami masalah tersebut. Sebelum Anda membawanya pada tempat servis, lihatlah sendiri dulu.

Sebenarnya sulit untuk tidak panik, bukan karena perangkatnya, tapi mengkhawatirkan data yang ada di dalamnya. Terlebih lagi isinya berbagai dokumen penting berasal dari kantor, atau bahkan file skripsi yang sedang dikerjakan oleh mahasiswa.

Laptop bila rusak memang bisa diganti dengan mudah asalkan sudah ada uangnya, tapi file atau data penting itu sulit dicari lagi ketika tidak ada back-up data sebelumnya. Maka, apa yang harus dilakukan saat laptop mati total dan tidak bisa di charge itu?

Baca Juga  Cara Masuk Gmail Tanpa Verifikasi Berhasil 100%

Lihat Ciri Matinya, Lakukan Pertolongan Pertama

Sedang mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas dari sekolah, dan tiba-tiba laptop mati, pasti panik. Terlebih lagi jika Anda memang belum begitu tahu persoalan tentang mesin perangkat tersebut. Meski begitu, tenangkan pikiran, karena Anda harus mencari jalan keluar terbaik.

Sekarang, keadaannya laptop mati total dan tidak bisa di charge, berarti kondisi mesin dingin dan kipas enggan berputar –didengar dari suara putarannya yang hilang. Maka, ciri ini mengharuskan Anda melakukan pertolongan pertama.

Kondisi laptop seperti ini sering sekali terjadi karena mungkin terjadi pada baterai. Terlihat sekali kondisi mesin dingin dan ketika dicharge, lampu indikator baterai tidak menyala. Lakukan pertolongan pertama terlebih dulu.

Perkiraan, pasti ini karena baterai, untuk meyakinkan seberapa parahnya kerusakan laptop tersebut, sebelum menuju ke tempat servis, lakukan cara berikut :

  1. Coba dicopot dulu baterainya. Apabila memiliki laptop lain dengan tipe baterai sama, coba dulu ke laptop tersebut, untuk mengetes, apakah benar baterainya yang rusak.
  2. Apabila laptop lain itu juga gagal menyala dengan baterai dari device Anda, berarti memang rusaknya dari itu.
  3. Bisa juga mengeluarkan baterai sendiri dan mencoba dengan yang lain untuk dimasukkan ke laptop sendiri.
  4. Setelah baterai dari laptop lain telah terpasang dan ternyata device Anda nyala, sudah jelas, bukan kerusakan datang dari mana?
  5. Apabila gagal melakukan poin 1-4, silakan copot baterai, dan nyalakan laptop dengan adapter/chargernya saja. Begitu nyala, sudah jelas bahwa inti permasalahannya berada pada baterai.
Baca Juga  Cara Menghidupkan Laptop Lenovo

Lakukan Pembongkaran Pada Laptop Mati Total dan Tidak Bisa di Charge

Akan tetapi, setelah melakukan percobaan di atas, keadaan device sendiri belum juga menyala, apa yang harus dilakukan? Apabila Anda tahu komponen laptop, mudah saja dan tinggal lakukan pembongkaran sendiri.

Namun, ketika Anda tidak begitu paham, bisa langsung menuju ke tempat servis. Tindakan paling tepat ketika pada sub bab pertama tidak berhasil, langkah memperbaiki biasanya seperti berikut :

  1. Intinya, lakukan pembongkaran hingga mencapai pada bagian motherboard. Pastikan juga bahwa adaptor tersambung dengan listrik untuk mengukur motherboard tersebut.
  2. Nanti, harus mengukur voltase pada bagian tersebut. Apabila telah menunjukkan 0 VDC,harus diganti konektornya. Hati-hati, harus dengan ahlinya karena harus melalui tahap penyolderan.
  3. Ketika dicek ternyata mendapati tegangan 0-19 VDC, berarti ada yang membebaninya, lanjut mengukur adapter kedua. Jika kurang dari 19 VDC, lepaskan semua bagian yang terhubung dengan motherboard.
  4. Apa saja yang terhubung? Mulai dari motherboard? Yaitu RAM, kipas, harddisk, VCD, wireless, kabel RAM video.
  5. Namun, ketika masih juga tidak nyala, harus ganti mother board dan kembali menghubungkan semua komponen yang dilepas lagi. pasti bisa nyala kembali.
Baca Juga  Laptop Kena Air? Mengatasinya Tidak Terlalu Sulit

Ingat, meski tata cara pada artikel ini cukup terlihat mudah bagi Anda, bukan berarti bisa melakukannya sendiri. Keadaan laptop mati total dan tidak bisa di charge tidak bisa dianggap remeh, ada baiknya serahkan saja ke ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *