Kuota Internet Gratis Kemendikbud Siap Dibagikan di Tahun ini


Kuota gratis Kemendikbud sudah siap untuk dibagikan pada tahun ini, tapi apakah Anda tau cara mendapatkannya. Internet gratis ini memang akan dibagikan pemerintah secara rutin, karena pandemi covid-19 yang belum berakhir.

Selama pandemi masih berlangsung berarti, belajar secara langsung di sekolah pun tidak akan dimulai walaupun ada isu bahwa sekolah secara langsung akan dimulai bulan Juli.

Pembelajaran jarak jauh sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2020, sejak saat itu pelajar maupun tenaga pengajar harus beradaptasi yaitu belajar dan mengajar menggunakan layanan konferensi video seperti Zoom dan Google Meet.

Aplikasi ini sudah sering digunakan dan menjadi rutinitas setiap hari.
Kuota gratis Kemendikbud sangat bermanfaat bagi pelajar dan guru, karena tidak semua komponen sekolah memiliki layanan internet di rumahnya.

Pembelian kuota internet setiap bulan, juga cukup menguras pengeluaran. Jadi, pergunakan internet gratis yang Anda dapatkan nanti.Pemerintah sudah menganggarkan dana sebesar 2,6 triliun untuk program ini, dana tersebut untuk pemberian layanan internet gratis di seluruh Indonesia.

Subsidi tersebut akan terus diberikan hingga pembelajaran jarak jauh sudah berakhir, berikut kami akan membahas apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapat subsidi kuota dan besaran kuota yang diberikan oleh pemerintah.

Jumlah Subsidi Kuota yang Diberikan oleh Pemerintah

Setiap jenjang pastinya membutuhkan jumlah kuota yang berbeda-beda, bisa ditentukan dari waktu belajar dan keperluan internet yang pastinya lebih besar semakin tinggi jenjangnya. Kuota gratis Kemendikbud memberikan jumlah kuota mulai dari 7 GB hingga 15 GB berdasarkan urutan jenjang.

Untuk tingkat mahasiswa dan dosen pastinya mendapat 15 GB karena waktu belajar yang mereka jalani lebih lama, jika dibandingkan dengan tingkat dibawahnya. Kuota ini juga tidak bisa sembarang digunakan, hanya aplikasi dan website yang sudah ditentukan oleh pemerintah yang bisa diakses.

Media sosial dan aplikasi game juga tidak bisa digunakan dengan kuota ini, karena dinilai tidak memberikan manfaat dan dampak positif terhadap proses pembelajaran. Namun kabarnya Youtube bisa diakses, karena bisa digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa.

Persyaratan untuk Mendapat Kuota Gratis Kemendikbud

Pemerintah melalui Kemendikbud membuat persyaratan untuk menyeleksi setiap pelajar dan tenaga pengajar yang mendapat kuota gratis Kemendikbud. Jadi pemerintah tidak salah dalam memilih penerima nantinya, agar kuota yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

TRENDING  Ternyata, Berbahaya Tempel Stiker `Ayah, Ibu, Anak` di Mobil

Setiap persyaratan itu berbeda-beda tergantung dari jenjang yang diemban oleh murid atau mahasiswa/i itu sendiri.

Setiap pelajar dari semua tingkat, harus mengikuti syarat yang ditentukan pemerintah agar bisa menerima bantuan ini. Pada pelajar dan tenaga pendidik di tingkat Playgroup hingga Sekolah Menengah Atas, syaratnya harus terdaftar di aplikasi bernama Dapodik serta memiliki nomor ponsel yang aktif atas nama pelajar atau orang tua atau wali.

Untuk mahasiswa dan dosen kurang lebih sama yaitu telah terdaftar di PDDikti. Bedanya untuk dosen harus memiliki nomor registrasi dan mahasiswa/i harus berstatus aktif.

Memiliki nomor ponsel yang aktif sangat penting, karena apabila nomor yang dimiliki berubah atau sudah tidak aktif, harus melapor ke pimpinan satuan pendidikan.

Seluruh komponen kampus dan sekolah memiliki website yang disediakan oleh Kemendikbud yang bisa diakses, untuk mengetahui informasi-informasi mengenai pembagian kuota gratis pada bulan tahun ini.

Kemendikbud sengaja membuat website tersebut, agar para komponen sekolah serta kampus bisa mendapatkan informasi lengkap.
Kuota gratis kemendikbud sudah membantu para pelajar serta tenaga pendidik di seluruh Indonesia.

Serta daerah-daerah Indonesia yang masih kurang mendapatkan perhatian, sehingga sulit untuk mengakses internet. Sulitnya mendapatkan internet karena keterbatasan uang yang dimiliki oleh orang tua pelajar, juga menjadi hambatan yang harus ditempuh oleh setiap komponen sekolah.

Bantuan quota gratis kemendikbud bisa dimanfaatkan agar tidak terhambat proses belajar-mengajar pada saat ini. Berlangsungnya pandemi ini, memang membuat kita harus memahami hal-hal baru dan mencoba untuk beradaptasi kembali.

Semua hal yang umum kita lakukan seperti kontak fisik, harus dihindari dan membuat kita sulit untuk bertemu langsung dengan orang lain.

Pemerintah sudah berusaha sebaik mungkin agar para pelajar dan tenaga pendidik bisa terus menjalani proses belajar-mengajar tanpa terhambat oleh kuota, dan semoga pemerintah bisa selalu memberikan bantuan ini secara rutin agar pembelajaran juga tidak terhambat. Kuota gratis kemendikbud nantinya akan disalurkan setiap bulannya.