Keteledoran Ini Bikin Mobil Jadi Cepat Rusak

Keteledoran bisa membuahkan berbagai hal buruk bagi anda, termasuk jika anda mengabaikan kondisi mobil.

Beberapa orang bermimpi untuk memiliki sebuah mobil. Mobil menjadi layaknya seorang teman di mana berbagai hal dilalui bersama.

Kendati begitu, ternyata memiliki mobil juga dapat menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Alasannya karena selain dipakai harian, ada tuntutan bagi anda untuk melakukan perawatan sehingga kondisi mobil selalu mulus dan nyaman dipakai.

Meski begitu, setidaknya ada enam cara dilakukan banyak pengendara yang dapat merusak mobil dan menguras isi dompet.

Kalau begitu apa saja yang bisa memperburuk kondisi mobil anda ?

Lampu Indikator Diabaikan

Semua panel meter di mobil biasanya memiliki lampu-lampu indikator ini. Lampu indikator ini merupakan sinyal yang saling terkoneksi sebagai peringatan mulai dari mesin, bahan bakar, hingga sabuk keselamatan.

Dengan memperhatikan panel indikator anda bisa tahu masalah apa saja yang mungkin terjadi pada mobil anda baik itu di sektor mesin, juga di sektor bahan bakar sehingga seandainya sesuatu terjadi, segalanya bisa diselesaikan dengan mudah.

Cairan Tidak Diganti

Setiap cairan yang ada di mobil memiliki fungsi sendiri-sendiri dan ada kalanya harus diganti. Cairan-cairan itu antara lain oli, minyak, hingga air.

Ban Diabaikan

Di dalam kendaraan, ban adalah elemen lainnya yang sangat penting. Sebab, bagian ban ini bersentuhan langsung dengan jalan sekaligus menopang beban kendaraan.

Daripada itu, anda harus serajin mungkin mengecek kondisi ban untuk mengetahui apabila ban sudah aus atau tidak. Karena, jika itu terjadi bukan tak mungkin akan berdampak pada keselamatan hingga borosnya bahan bakar.

Servis Secara Tidak Rutin

Begitu sayangnya anda dengan kendaraan, maka servis pun dilakukan di bengkel resmi. Alasannya karena bengkel resmi pasti memiliki berbagai komponen pendukung yang diperlukan jika sewaktu-waktu ada part kendaraan yang harus diganti yang pastinya kompatibel.

TRENDING  Kumpulan Bingkai Twibbon Lengkap HUT RI ke 76

Melakukan servis secara rutin perlu dilakukan agar mesin dan komponen berfungsi secara optimal. Karena itu, melakukan pengecekan dan servis rutin akan membantu terhindarnya kerusakan yang dapat menghabiskan biaya cukup mahal.

Karena Jarang Dibersihkan

Bisa dipahami kondisi mobil berdebu dengan warna cat yang tampak tidak menari. Bukan karena ulah siapa-siapa, ternyata karena intensitas pemakaian yang cukup tinggi. Dan bahkan jika mobil jarang dipakai dan hanya dibiarkan terparkir di garasi, tetap saja mobil akan berdebu.

Apalagi kalau mobil disimpan di area yang berdekatan dengan kotoran atau bahan kimia yang berpotensi merusak kendaraan karena menyebabkan karat. Oleh karena itu, biasakan mengecat mobil secara intens.

Kebiasaan Mengemudi Mobil

Ketika mengendarai mobil, kebiasaan anda dalam mengemudi bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk kondisi lalu lintas. Saat di jalan itu pula, infrastruktur jalan raya hingga cuaca dapat mempengaruhi gaya mengemudi.

Karena itu berupayalah untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, terutama sekali mengerti arti marka jalan. Hal-hal seperti mengurangi batas kecepatan, mengemudi dengans antai, menghindari mengemudi secara agresif, dan banyak hal lainnya harus diperhatikan.

Nah itulah beberapa hal penting yang harus dilakukan agar mobil anda tidak cepat rusak. Perawatan menjadi sangat penting terlebih jika mobil tersebut anda gunakan sehar-hari. Bahkan ketika mobil itu anda diamkan beberapa lama, perawatan tetap harus diberikan agar kondisi mobil selalu terjaga.

Sumber :

https://garasi.id/artikel/tak-mau-mobilmu-cepat-rusak-hindari-6-kelalaian-yang-cepat-merusak-mobil/5bcb53deae1e1001fd3968fb

Originally posted 2021-06-28 11:44:09.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *