Kabar Gembira! Inilah Syarat BANSOS Modal Usaha Rp 3.5 Juta agar Lolos dan Dicairkan Kemensos

BANSOS modal usaha Rp 3.5 juta merupakan bantuan yang berasal dari kementerian sosial. Total dana yang diluncurkan sendiri cukup besar dan bertujuan untuk membantu usaha masyarakat terkena dampak pandemic. Namun agar bisa mendapatkannya, ada syarat harus dipenuhi sebab tidak semua masyarakat bisa memperolehnya.

Terdapat persyaratan umum hingga khusus bagi penerima bantuan satu ini. Jumlahnya sendiri mencapai Rp 3.5 juta sehingga menarik untuk digunakan sebagai modal usaha. Bantuan tersebut ditujukan bagi lulusan program keluarga harapan. Terutama jika alumni tersebut memiliki usaha mikro yang terkena dampak pandemic.

Pemberian dana tersebut memiliki tujuan agar bisnis dari alumni PKH tetap dapat bertahan di tengah kesulitan ekonomi. Dengan begitu, warga miskin dapat tetap mengembangkan bisnisnya dan tidak bergantung dari bantuan pemerintah. Total anggaran yang diberikan mencapai hingga miliaran rupiah. Bantuan tersebut diberikan pada puluhan ribu warga miskin.

Syarat Utama Penerimaan BANSOS Modal Usaha Rp 3.5 Juta

Tujuan utama dari BANSOS yaitu agar masyarakat dapat mandiri secara finansial. Bantuan modal tersebut menjadi salah satu jenis dari sekian banyak BANSOS yang diberikan untuk masyarakat. Terutama bagi masyarakat lulusan dari KPH. Meski ditujukan bagi lulusan program keluarga harapan, namun tidak semuanya bisa memperoleh.

Terdapat proses seleksi bagi penerima serta pendampingan selama penerimaan bantuan. Tujuan utama dari dilakukannya semua itu yaitu agar masyarakat miskin yang memiliki usaha tetap dapat mengembangkannya. Setelah Anda tahu bagaimana BANSOS Rp 3.5 juta diberikan, maka selanjutnya adalah menunggu proses seleksi penerima.

Proses penyeleksian BANSOS modal usaha Rp 3.5 juta dilakukan langsung oleh pihak kementerian sosial dengan mempertimbangkan seluruh aspek. Paling utama yaitu masyarakat miskin yang memiliki UMKM dari kegiatan PKH. Sasaran utama dari program ini bukan hanya sekedar alumni dari PKH namun hal lain.

Jika peserta harus lulus dari PKH karena tidak memenuhi salah satu ketentuan dapat menjadi penyebab penerima bantuan tersebut. Terlebih UMKM dari lulusan program tersebut adalah jenis kecil hingga mikro. Data yang digunakan oleh pihak kementerian sudah ada dan tinggal perlu dilakukan proses seleksi.

Beberapa Syarat BANSOS Modal Usaha Rp 3.5 Juta

Selain merupakan lulusan PKH, ada beberapa syarat lain agar bisa menerima modal usaha satu ini. Salah satunya memiliki UMKM yang meliputi pertanian, perdagangan, penjahit dan lain sebagainya. Penerima juga merupakan WNI yang sudah memiliki KTP. Tidak hanya diberikan dana sebesar Rp 3.5 juta, peserta juga akan memperoleh pendampingan.

Pendampingan tersebut diberikan oleh tenaga sosial yang sudah berpengalaman. Tenaga sosial tingkat kecamatan tersebut bertugas mendampingi penerima BANSOS dalam mengembangkan bisnis. Dengan begitu lulusan KPM PKH dapat menggunakan dana untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Selain itu, selama pandemic penerima dapat bertahan secara ekonomi.

Melalui modal yang diberikan oleh pemerintah, peningkatan perekonomian dapat dilakukan terlebih dengan tujuan meningkatkan usaha warga miskin. Hal tersebut tidak hanya berpeluang membantu dalam jangka pendek namun juga dalam waktu lama. Sementara itu, dana disalurkan melalui bank yang terhimpun sebagai milik negara.

Sasaran Pemberian BANSOS Modal Usaha Rp 3.5 Juta

Modal usaha senilai Rp 3.5 juta hanya diberikan kepada warga dalam kategori rentan dan miskin. Terlebih jika warga tersebut merupakan lulusan dari KPM PKH. Jika Anda memenuhi persyaratan tersebut dan tengah memiliki bisnis, dapat mendaftarkan diri dengan cara membaca data pribadi ke pihak desa maupun kelurahan.

Berkas yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar yaitu berupa KTP dan kartu keluarga. Untuk selanjutnya pihak desa maupun kelurahan akan memasukkan data Anda ke DTKS. Pengumuman penerima bantuan juga bisa dicek melalui halaman situs dtks.kemensos.go.id. Cara mengeceknya yaitu dengan mengunjungi halaman situs.

Setelah itu Anda perlu memasukkan nomor KTP pada halaman pencarian. Jika nomor tersebut terdaftar sebagai penerima bantuan maka akan segera muncul di halaman situs. Jika berdasarkan DTKS Anda terdaftar sebagai penerima BANSOS untuk usaha senilai Rp 3.5 juta. Tidak semua alumni PKH bisa menjadi penerima karena harus memiliki bisnis.

BANSOS Rp 3.5 juta dari pemerintah melalui kementerian sosial ditujukan untuk mengembalikan perekonomian negara akibat dari pandemic. Bantuan tersebut dikhususkan bagi warga miskin yang memiliki usaha dan pernah mengikuti program keluarga harapan. Agar lolos BANSOS modal usaha Rp 3.5 juta semua syarat harus Anda penuhi.

Originally posted 2021-04-25 09:39:38.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *