Internet Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Online

Untuk memasarkan produk melalui internet dengan cara online, kami di sini akan share pengalaman kami selama lebih kurang 5 tahun menggeluti dunia internet marketing.

Kini gaya hidup telah berubah dan penggunaan internet terus meningkat dan berkembang pesat. Jika dulu orang membaca koran, kini berita bisa dibaca melalui smartphone atau dengan menontonnya di youtube.

Sama halnya dengan aktivitas pemasaran, kini dipakai cara baru melalui online marketing atau internet marketing.

Pemasaran melalui internet marketing bisa dilakukan kendati anda belum mengenal digital internet engan baik. Untuk itulah kami bantu anda di sini dengan membahasa strategi internet marketing untuk pemasaran online.

1. Peran serta Fungsi Media Digital dan Pemahamannya

Dalam hal ini paling tidak 4 jenis media digunakan antara lain :

Website : Website adalah halaman elektronik yang tidak hanya bisa dipakai sebagai penyampai informasi tapi juga untuk memasarkan produk dan berbagai jasa. Website dikembangkan oleh pemiliknya sesuai keperluan, dengan desain dan konten yang disesuaikan pula.

Marketplace : Di Marketplace banyak penjual bisa membuat toko online kemudian melakukan aktivitas jual beli dengan aman. Sesuai dengan aturan yang ditentukan pemilik marketplace, pembeli bebas melakukan transaksi jual beli.

Baca Juga  Dengan Akses 5G Apa Saja Yang Dilakukan Oleh Orang Indonesia ?

Toko online : Toko online merupakan website yang difungsikan untuk menampilkan produk-produk secara online dengan tujuan memudahkan pengunjung mencari, memilih kemudian melakkan pemesanan online.

Social media : Adalah tempat untuk secara online berkumpul, melakukan interaksi, bersosialisasi sekaligus sebagai akun bisnis.

2. Segmen Bisnis dan Pemetaannya

Siapa target dari market anda ?

Bilakah itu pria atau wanita, usianya berapa, seperti apa kebiasaannya memakai media internet, tempat tinggalnya di mana, bilakah itu remaja pengguna sosial media ? ataukah profesional yang gemar membaca portal berita ?

Ketika segmen market dipetakan, maka pemasaran online dan aktivitas-aktivitasnya berikut sasarannya bisa lebih tepat dan pengelolaan media digital yang digunakan bisa lebih mudah.

3. Media Digital yang Tepat dan Pemilihannya

Setelah penggunaan keempat media digital tadi dipahami, berikutnya adalah memilih dengan tepat media digital mana yang akan digunakan, boleh satu saja, dua atau semuanya.

Baca Juga  Strategi Bisnis Terbaik dengan 4 Teknik Internet Marketing

Cobalah pahami dengan baik empat media digital di atas, masing-masing pemanfaatannya berbeda dengan karakteristik tersendiri namun dalam pemasaran online, bisa saling melengkapi.

Selebihnya ditentukan oleh segmen market dan penentuan jenis barang dan jasa. Setiap media digital memiliki karakter market tersendiri sehingga secara umum antara satu media digital dengan lainnya tidak ada yang paling unggul. Pemilihan media yang tepat adalah opsi terbaik.

4. Internet Marketing dan Penerapannya

Pada dasarnya jika anda punya akses internet kemudian bisa memakai internet untuk memasarkan produk dengan cara tersimple sekalipun, berarti internet marketing sudah bisa diterapkan.

Contoh paling sederhana adalah menawarkan produk menggunakan line atau whatsapp kepada konsumen. Namun cara ini relatif terbatas karena menawarkan produk pada mereka yang belum tentu memerlukannya termasuk kurang baik.

Cara gratis untuk memasarkan produk degan internet marketing antara lain berjualan di bukalapak, tokopedia, olx, berjualan di forum-forum, di instagram, dan tentu saja di Facebook.

5. Konten Marketing, Pembuatan & Pendistribusiannya

Baca Juga  Strategi Bisnis dengan Internet Marketing

Konten marketing bisa berbentuk poster, video, atau artikel dan ini merupakan sebuah informasi yang bisa dinikmati oleh orang lain. Adapun konten marketing tak Cuma dinikmati saja tetapi memunculkan keinginan dari audiens untuk membeli atau setidaknya ingin tahu apa sih produk yang dipasarkan itu.

Anda sendiri yang menentukan ingin seperti apa sebuah produk dikemas dalam konten tersebut. Yang penting konten marketing harus informatif, memiliki muatan edukasi dan membuat audiens tertarik. Setelah produk dibuat anda bisa membagikannya melalui website, blog, instagram, atau facebook, bahkan iklan.

6. Iklan Digital Marketing dan Penggunaannya

Jika di poin 4 anda memasarkan produk secara gratis memakai internet marketing, untuk poin ke 6 anda menggunakan iklan berbayar.

Beberapa iklan berbayar yang bisa dipilih antara lain melalui Endorse, Instagram Ads, Facebook dan Google Ads.

Iklan berbayar dipakai dengan tujuan untuk membangun rasa awareness pada konsumen, memberi pemahaman produk kepada konsmen, dan mendorong konsumen untuk membeli produk anda sehingga terjadi konversi.

Sumber :

https://www.dhadigital .com/langkah-pemasaran-online-dengan-strategi-internet-marketing/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *