Internet Banking, Fungsi dan Kegunaannya

Fasilitas Internet Banking kini disediakan oleh hampir semua Bank di Indonesia, berguna untuk memudahkan pelanggan melakukan transaksi perbankan seperti mengirim uang atau mengecek uang karena itu internet banking punya fungsi dan kegunaan tersendiri. Kini dengan memakai Internet Banking, anda tak perlu lagi pergi ke ATM atau ke abank untuk mengecek uang atau transferan.

Menggunakan Internet Banking sangat mudah dan soal keamanan tidak perlu diperbebatkan karena jauh lebih aman meskipun sekilas penggunaanya tidak beda jauh dengan sms banking. Pengguna Internet banking harus memiliki akun internet banking yang dibuat di bank kemudian dilengkapi juga dengan kode key internet banking untuk melakukan hal-hal seperti membeli barang via internet banking atau mentransfer yang. Kode key itu harus dimasukkan karena tanpa itu, aktivitas-aktivitas tadi tidak bisa dilakukan.

Untuk operasional internet banking digunakan akun internet banking untuk masuk dan melakukan semua aktivitas perbankan online, mengecek transaksi atau history perbankan. Kini tanpa harus pergi ke Bank atau ATM terdekat, anda bisa dengan leluasa mengirim uang dan mengecek saldo, atau cek transaksi via Internet Banking. Internet Banking sangat besar sekali manfaatnya untuk pebisnis, utamanya dalam hal pengiriman uang cepat juga dalam proses pengecekan saldo.

Cara Mengirim Uang dengan Internet Banking

Semisal di saldo rekening ada dana 1 juta rupiah dan anda secara online ingin membeli sebuah handphone.

TRENDING  Laptop untuk Desain Grafis ini Ketahanannya Tinggi

Untuk mengirim uang tersebut bisa dengan ditransfer tanpa harus pergi ke ATM. Cukup dengan membuka Internet Banking kemudian masukkan nomor rekening yang anda ingin kirimi uang, siapkan juga key internet bankingnya. Selanjutnya pilihlah menu transfer lalu pilih nomor rekening untuk ditransfer, masukkan nominal uang yang akan ditransfer lalu verifikasi dengan key internet banking. Dan itu saja yang cukup dilakukan.

Catatan :

Internet Banking hanya bisa dipakai untuk transfer uang ke bank yang sama. Semisal fasilitas Internet Banking BCA yang dalam waktu 24 jam tanpa batas kita bisa mentransfer uang. Tetapi untuk melakukan transfer ke bank lain harus di jam kerja dengan batasan waktu dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore.

Cara mengecek mutasi rekening dan saldo melalui Internet Banking

Misalkan anda berbisnis online shop dan di satu waktu seorang pelanggan memberi notifikasi bahwa mereka sudah melakkan pembayaran ke rekening olshop anda. Untuk mengeceknya tidak lagi perlu dengan pergi ke bank atau ATM terdekat tapi cukup dengan melihat mutasi dan saldo di Internet Banking. Cara ini sangat mudah, hanya perlu mengecek mutasi rekening dan akan muncul history yang masuk dan uang keluar.

Oke itu saja dulu yah bahasan soal Internet banking, fungsi dan kegunannya. Mudah-mudahan banyak manfaatnya.

Sumber :

https://www.riaume. com/fungsi-atau-kegunaan-internet-banking.html

Originally posted 2021-07-21 13:22:35.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *