Inilah Fungsi Dan Cara Menggunakan Aplikasi Pelatihan Prakerja

Program aplikasi pelatihan prakerja saat ini masih begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pilihan aplikasi pelatihan prakerja juga semakin beragam jenisnya dan masing-masing menawarkan fitur yang berbeda.

Pemerintah masih terus membuka gelombang kartu prakerja terbaru dan terupdate. Sampai saat ini sudah masuk ke tahap prakerja gelombang 45 yang awalnya dimulai dari gelombang 1 prakerja dengan jumlah peminat yang begitu sedikit dan kini pengunanya sudah banyak sekali. Tidak heran jika aplikasi pelatihan prakerja masih terus digunakan.

Waktu studi ilmu prakerja bisa kapan saja tidak ada hari kerja prakerja yang ditentukan tapi ada jadwal jam yang ditentukan. Jadi silakan untuk daftar studilmu prakerja sekarang mumpung pendaftarannya masih dibuka sebelum di tutup selamanya.

Fungsi Aplikasi Pelatihan Prakerja

Program aplikasi pelatihan prakerja itu sendiri sampai saat ini tidak menghadirkan aplikasi resmi. Melainkan ada beberapa aplikasi pendukung yang dikembangkan oleh pihak ketiga untuk mendukung kelancaran program tersebut.

Bagi peserta program prakerja yang sudah mendaftar dan dinyatakan lolos atau menjadi prakerja berhasil maka bisa memilih pelatihan sesuai bidang yang ditekuni. Banyak sekali pilihan program pelatihan yang disediakan oleh beberapa aplikasi khusus.

Fungsi aplikasi pelatihan prakerja ini adalah untuk menghadirkan program-program pelatihan sesuai keinginan peserta. Biasanya sudah dibuat beberapa pilihan program dan peserta hanya perlu memilih mana yang ingin dipelajari.

Lewat aplikasi pelatihan prakerja ini pula peserta akan mendapatkan studi ilmu prakerja serta sertifikat hasil pelatihan yang kemudian terintegrasi dengan website resmi Prakerja. Jadi memang aplikasi pelatihan ini punya fungsi yang sangat penting bagi para peserta. 

Cara Lengkap dan Mudah Daftar Pakerja LIHAT APLIKASI

Cara Menggunakan Aplikasi Pelatihan Prakerja

Jika sudah mengetahui fungsi dari aplikasi pelatihan prakerja, kini akan masuk ke cara menggunakannya. Mudah saja jika ingin cara melihat pelatihan prakerja dan menggunakan aplikasi pelatihan tersebut. Berikut beberapa langkahnya dalam menggunakan aplikasi pelatihan prakerja: 

  • Pertama-tama, pastikan dulu bahwa sudah terdaftar dan dinyatakan lolos sebagai peserta program prakerja untuk studi ilmu prakerja.
  • Jika sudah lolos maka akses saja melalui website Prakerja untuk melakukan pembelian program pelatihan.
  • Setelah peserta memilih program pelatihan dan melakukan pembelian maka akan langsung diarahkan ke aplikasi pelatihan.
  • Jadi selanjutnya peserta bisa langsung mengikuti kelas pelatihan lewat aplikasi terkait sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  • Program pelatihan yang dibeli akan langsung terintegrasi dengan website resmi Prakerja.
  • Setelah menyelesaikan pelatihan prakerja yang diikuti maka akan tercatat di dashboard. Begitu juga dengan hasil sertifikat yang diperoleh dari pelatihan tersebut.

Banyak sekali pilihan aplikasi pelatihan prakerja yang menawarkan program pelatihan berbeda-beda. Pastikan program pelatihan yang dipilih sesuai dengan passion dan aplikasinya bisa diakses dengan lancar. Lewat aplikasi inilah peserta bisa menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat untuk pencairan insentif.