INILAH CARA MUDAH MENGATASI HP PANAS

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Handphone menjadi overheat atau mengalami panas yang berlebihan. Salah satu yang paling umum adalah ketika kita memaksa kinerja Handphone secara berlebihan, misalnya bermain game dalam jangka waktu berjam-jam. Atau terkadang kita lupa meninggalkan iPhone atau ponsel Android kita di dalam mobil pada saat hari sedang terik dan meninggalkannya untuk waktu yang lama. Selain itu Anda juga harus berhati-hati ketika membawa Handphone ke area terbuka yang terpapar sinar matahari langsung, misalnya pantai. Kenaikan suhu yang drastis biasanya akan membuat Handphone kita juga mengalami panas atau overheat. 

Di Beberapa Handphone biasanya akan muncul pesan peringatan yang memberi tahu Anda bahwa Handphone sedang mengalami overheat dan biasanya akan menurunkan kinerjanya karena suhu perangkat di dalam terlalu panas untuk berfungsi. Hal ini juga menjawab kenapa terkadang Handphone yang kita gunakan menjadi lemot, bisa jadi karena handphone mengalami overheat dan harus menurunkan suhu perangkat segera dengan mematikan beberapa fitur yang sedang kita gunakan.

Handphone yang mengalami panas karena pemakaian, didasarkan pada beban kinerja suatu aplikasi pada handphone haruslah diimbangi dengan spesifikasi yang mumpuni dari si Handphone itu sendiri. Jika tidak mesin pada Handphone pasti akan ngos-ngosan dan mengalami overheat. Hal ini terjadi karena mesin pada Handphone dipaksa menjalankan sistem aplikasi diluar kemampuan kinerja mesin, Handphone pasti akan mengalami overheat dalam waktu singkat. Namun tak selama nya spesifikasi tinggi menjamin Handphone tidak akan panas, jika penggunaan kita tidak teratur Handphone dengan spesifikasi tinggi pun akan sama mengalami overheat karena jangka waktu pemakaian sudah melampaui batas kinerja mesin. 

Ponsel bisa menjadi panas saat kita menggunakannya. Misalnya, jika Anda menggunakannya untuk bermain game dengan grafis yang tinggi dan memakan daya baterai yang tinggi juga, seiring berjalannya waktu handphone Anda pasti akan memanas. Panas yang terasa biasanya akan bertahap dan tidak pernah terlalu panas untuk disentuh. Namun jika Anda sudah merasa tidak nyaman dengan suhu handphone yang terus naik, di sanalah Anda harus cepat mengambil tindakan. Sebaiknya segera tutup aplikasi atau game yang Anda gunakan dan beri kesempatan ponsel untuk mendinginkan perangkatnya. Jika handphone Anda terus-menerus menjadi lebih panas, kemungkinan ada yang salah dengan mesinnya dan mengalami kerusakan hardware. Sebaiknya segera lakukan pengecekan ke servis center resmi sesuai merk handphone Anda untuk penanganan yang lebih professional. 

Disisi lain jika handphone yang mengalami panas karena perubahan suhu yang drastis, itu murni merupakan pengaruh eksternal dimana Anda harus selalu berhati-hati ketika menaruh atau membawa handphone ke tempat terbuka yang terpapar sinar matahari atau tempat dengan suhu yang tinggi.

Jika Anda melihat notifikasi peringatan bahwa handphone sedang mengalami overheat atau terlalu panas, jangan panik! Biasanya handphone akan menurunkan suhu perangkat dengan menurunkan juga kinerja mesin dan hanya perlu beberapa waktu untuk mengembalikan suhunya kembali normal. Namun, selain hanya menunggu kita juga bisa melakukan beberapa hal seperti dibawah ini untuk membantu perangkat handphone kita supaya bisa kembali ke suhu normalnya. 

TRENDING  Daftar Software Mengatur Keuangan Bisnis Paling Simpel

Cara mendinginkan handphone yang terlalu panas

Setelah Anda melihat notifikasi peringatan kenaikan suhu handphone atau Anda merasa suhu handphone Anda tidak normal, inilah yang perlu Anda lakukan :

  • Matikan Handphone

Segera matikan handphone jika Anda sedang menggunakannya, hal ini bertujuan agar kinerja perangkat mesin bisa langsung berhenti dan handphone bisa mendinginkan perangkat mesin yang panas dengan cepat.

  • Amankan Handphone

Jauhkan handphone Anda dari paparan sinar matahari (jika Anda sedang di luar) dan carilah kain atau barang sejenisnya yang bisa digunakan untuk menutupi handphone.

  • Buka Case Handphone

Keluarkan handphone anda dari casingnya, casing biasanya berbahan karet dan dapat menahan panas untuk keluar. Dengan segera melepaskan case Hp suhu panas dari dalam perangkat handphone bisa cepat keluar.

  • Lepaskan kabel pengisi daya 

Jika anda sedang mengisi daya handphone dari listrik ataupun powerbank, segera lepaskan aliran daya yang masuk tersebut. Karena dikhawatirkan sumber panas berasal dari konsleting baterai yang mengalami kerusakan.

  • Simpan di Tempat Dingin

Tempatkan handphone di tempat yang memang memiliki suhu dingin misalnya freezer. Namun harus perhatikan jangka waktu pendinginan di dalam freezer hanya 1-2 menit saja, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya kerusakan perangkat mesin di handphone. 

  • Gunakan kipas pendingin

Anda bisa mendinginkan handphone di depan kipas angin yang biasa digunakan di rumah, atau jika Anda sedang dalam perjalanan di mobil bisa gunakan AC Mobil.

Langkah pencegahan agar Handphone tidak mengalami overheat

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir potensi handphone Anda mengalami overheat atau terlalu panas, diantaranya :

  1. Jangan tinggalkan handphone Anda di mobil pada saat hari sedang panas (tengah hari).
  2. Jangan biarkan handphone Anda terkena atau terpapar sinar matahari langsung.
  3. Pastikan untuk mengistirahatkan handphone saat Anda bermain game atau streaming video.
  4. Hindari mengisi daya handphone Anda saat bermain game atau streaming video.

Perlu diingat dijaman sekarang ini handphone sudah bisa dikategorikan sebagai komputer mini, berbagai jenis kegiatan dari mulai pekerjaan dan hiburan bisa kita lakukan hanya dengan menggunakan handphone. Selalu gunakan perangkat handphone dengan bijak, supaya bisa terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Handphone tidak memiliki sistem pendingin yang sama dengan komputer, oleh karena itu jika handphone Anda menjadi terlalu panas, terkadang perlu bantuan kita sebagai penggunanya untuk mengembalikannya ke suhu normal.