Ini PERSYARATAN LENGKAP Yang Harus Disiapkan Untuk Daftar CPNS 2021

Jangan Lupa! Siapkan Dokumen Lengkap Untuk Melakukan Pendaftaran CPNS 2021

Memenuhi syarat CPNS 2021 dan diterima sebagai seorang pegawai negeri sipil merupakan idaman dari sebagian masyarakat Indonesia. Tidak sedikit orang tua yang ingin anaknya bisa diterima sebagai PNS. Tidak sedikit juga yang ingin menjadi PNS karena memang sudah merupakan bagian dari mimpi. Oleh karena itu, setiap kali ada pembukaan untuk calon pegawai negeri sipil, jumlahnya pun tak pernah berkurang. Banyak pesaing yang harus Anda hadapi agar bisa lolos.

Bagi Anda yang berkeinginan untuk mendaftar CPNS 2021 ada beberapa persyaratan lengkap yang harus Anda siapkan. Rencananya pemerintah kembali membuka lowongan mulai Mei-Juni mendatang. Adapun seleksi calon pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja guru dan non guru diadakan secara online. Mengingat saat ini Indonesia masih dalam proses penanganan pandemi maka segala hal dilakukan dengan cara online.

Pendaftaran bisa diakses melalui laman SSCASN. Sembari menanti pendaftaran resmi dibuka sebaiknya Anda mempersiapkan persyaratan dokumen dari sekarang. Seperti yang kita tahu, untuk menjadi seorang abdi negara memang memerlukan dokumen yang banyak. Persyaratan dokumen untuk mendaftar CPNS 2021 diantaranya yaitu KTP, akta kelahiran, KK, ijazah dan transkrip nilai hingga pas foto berukuran 4×6. Selanjutnya dokumen-dokumen tersebut Anda scan dengan kapasitas file maksimal 200 kilobyte. Pastikan hasil scan dapat terbaca dengan jelas untuk memudah proses verifikasi.

Persyaratan Mendaftar CPNS 2021

Setelah menyiapkan persyaratan umum, ada lagi persyaratan yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu?

  • Minimal berusia 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Untuk jabatan tertentu usia maksimal 40 tahun.

  • Dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani.

  • Berkelakuan baik dibuktikan dengan menunjukkan surat berkelakuan baik dari pihak kepolisian.

  • Tidak mempunyai kedudukan sebagai seorang calon PNS, Anggota Kepolisian dan Anggota TNI.

  • Bukan bagian dari anggota atau pengurus partai politik.

  • Memenuhi kualifikasi sesuai dengan jabatan yang dilamar.

  • Bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan menyiapkan persyaratan dokumen tersebut jauh-jauh hari, Anda tidak lagi kelabakan saat akan melakukan pendaftaran. Karena masih saja ada yang baru menyiapkannya saat hari pendaftaran. Tentu hal ini akan merugikan Anda dan membuat proses pendaftaran menjadi kurang maksimal.

Selain dokumen, ada lagi hal yang perlu Anda ketahui mengenai pendaftaran CPNS 2021. Rencananya pemerintah akan membuka lowongan sebanyak 1,3 juta lowongan. Pendaftaran dibuka pada Mei-Juni 2021 dan selanjutnya proses seleksi diperkirakan pada bulan Juli-Oktober 2021. Namun ada sedikit perbedaan dengan PPPK guru.

Para peserta pendaftaran PPPK akan diberikan seleksi kesempatan sebanyak tiga kali. Tahapan seleksi pertama dimulai pada pertengahan Agustus 2021. Selanjutnya tahapan kedua pada awal Oktober 2021. Dan yang terakhir ada pada awal Desember 2021.

Maka dari itu jika Anda berencana untuk mendaftar masih ada jeda waktu yang cukup lama dalam mempersiapkan persyaratan dokumen. Lebih baik menyiapkannya jauh hari sehingga nantinya jika ada yang masih kurang Anda tidak terlalu pusing.

Tahapan Seleksi CPNS

Sebelum diterima sebagai PNS ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui selama proses pendaftaran. Memang bisa dibilang tidak mudah untuk bisa lolos ke tahapan-tahapan lanjutan. Mengingat pesaing pun juga banyak jadi Anda harus menyiapkan diri dan banyak membekali diri dengan banyak berlatih soal.

Seleksi Administrasi menjadi tahapan pertama yang harus Anda lalui sebelum bisa mengikuti tes lanjutan. Anda akan diminta untuk mengupload dokumen di laman SSCN. Jika dinyatakan lulus maka Anda akan menghadapi tes SKD dengan menggunakan metode CAT. Kemudian Anda yang lulus tes SKD akan lanjut dengan mengikuti tes SKB. Usahakan untuk mendapatkan nilai tinggi pada tes SKB ini.

Tes SKB yang nantinya akan Anda kerjakan meliputi tes substantif bidang, psikotes, wawancara serta beberapa tes tambahan sesuai dengan bidang yang Anda lamar. Yang pasti pada tes SKB bobot nilainya lebih besar dari tes SKD.

Setelah dinyatakan lulus SKB, Anda tinggal menunggu pengumuman kelulusan saja dan nantinya bisa lanjut ke pemberkasan CPNS 2021.

Originally posted 2021-05-12 08:42:23.

TRENDING  30 Juni - 21 Juli 2021, Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK

Daftar Isi