IHSG adalah ….

Untuk para investor baik itu saham maupun reksadana, dalam mengambil keputusan salah satu acuan utamanya adalah IHSG. IHSG, di pasar modal, dalam membeli atau menjual instrument efek, merupakan sebuah acuan. Kalau begitu IHSG itu apa ?

IHSG adalah singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan. Sebagaimana dikutip dari laman resmi BEI, pengertian IHSG adalah ukuran statistik yang mana menjadi pencerminan dari totalitas pergerakan harga dari sejumlah saham terpilih dengan dasar kriteria serta ideologi tertentu serta secara berkala dievaluasi.

Secara global IHSG adalah gambaran di pasar untuk menengok naik atau turunnya investasi. Yang mana dalam hal ini tentu saja di Indonesia adalah naik atau turunnya pasar saham. Yang ada di BEI, IHSG baru salah satunya saja. Lalu Indeks LQ45 dan kompas100 adalah parameter lainnya yang oleh para investor menjadi parameter dari indeks lain.

Dari seluruh pelaku pasar, opini kolektif direfleksikan melalui perubahan nilai yang terlihat dalam sebuah indeks yang menjadi indicator. ICI (Indonesia Composite Index) adalah nama lain dari IHSG dan kini sebutan lainnya adalah IDX Composite. Pada tanggal 1 April 1983 menjadi tanggal di mana pertama kali IHSG diperkenalkan menjadi Indikator pergerakan di BEI perihal harga saham.

Di BEI, terkait klasifikasi semua indeks yang ada, Indeks headline nya adalah IHSG di sub klasifikasi komposit (composite). Pada sub klasifikasi itu, index yang masuk satu-satunya adalah IHSG. Untuk melihat pasar modal berikut kinerjanya, yang dijadikan acuan utama adalah Indeks Headline sendiri.

Komposit memiliki sub klasifikasinya lagi yakni liquidity co-branding, liquidity, dan papan (board). IHSG sendiri ada manfaatnya antara lain untuk mengukur sentiment pasar yang menjadi produk pasif investasi semisal Reksa Dana Indeks dan ETF INdeks dan produk turunannya, kemudian IHSG adalah untuk pembuatan model pengembalian investasi (return), Proksi pengukuran, dan Benchmark untuk portofolio aktif, resiko sistematis, serta kinerja yang dibuat sesuai dengan resiko. Dalam hal ini IHSG adalah proksi untuk kela asset di alokasi asset.

TRENDING  Trading Forex Gratis Modal Tanpa Deposit Sepeserpun

IHSG dan Metode Perhitungannya

Cakupan dari IHSG terdiri dari harga seluruh saham biasa berikut saham preferen dan pergerakannya yang ada di BEI. Tanggal 10 Agustus 1982 untuk perhitungan IHSG adalah hari dasar. Di tanggal itu, nilai dasar 100 menjadi tetapan indeks dan ada 13 saham yang tercatat pasa saat itu.

Yang terlisting baik di papan utama maupun papan pengembangan BEI, tanpa terkecuali semua saham oleh IHSG dicatat. Sejak tanggal pencatatan, dalam indeks komposit BEI akan tercatat saham-saham itu di papan pengembangan BEI dan papan utama. Kemudian sejak tanggal delisting itu efektif, dari komposit BEI akan dikeluarkan dari papan pengembangan BEI dan papan utama, saham-saham yang delisting.

Indeks secara signifikan bisa dipengaruhi oleh suatu saham tertentu terkait informasi pasar yang penting. Dari BEI, suatu saham tertentu, bisa sebagian atau seluruhnya dari saham itu, bisa dikeluarkan menurut pertimbangan BEI. Nilai pasar dari total saham yang tercatat di tanggal 10 Agustus 1982 menjadi jumlah nilai pasar dari dasar perhitungan IHSG.

Setiap saham tercatat, IHSG adalah total perkaliannya menjadi jumlah nilai pasar IHSG. Kecuali di hari tersebut, sebuah perusahaan sedang ada dalam program restrukturisasi dengan harga di bursa. Via perdagangan lelang, indeks dan perhitungannya memperlihatkan harga saham di bursa/pasar dan pergerakannya. Bila model emiten dan perubahannya terjadi, secara cepat disesuaikanlah nilai dasar. Juga apabila terkait harga saham ada factor lain yang tidak terkait.

Jika emiten baru ada tambahannya maka dilakukanlah penyesuaian, semisal obligasi konversi, waran, partial/company listing, dan HMETD (right issue), hingga delisting. Karena tidak ada pengaruh dari nilai pasar, nilai dasar tidak disesuaikan, yaitu jika terjadi saham bonus, dividen saham, atau terjadinya stock split. Berdasarkan sistem lelang, yaitu harga saham yang didasarkan pada harga saham di pasar regular, merupakan harga saham yang dipakai untuk menghitung IHSG adalah seperti itu. Setiap hari dilakukan penghitungan IHSG, yaitu setiap harinya setelah penutupan perdagangan.

https://money. kompas.com/read/2021/06/07/164144926/ihsg-adalah-indeks-harga-saham-gabungan-simak-penjelasannya?page=all