Di Alfamart bisa Dicairkan Uang Kiriman TKI dari Luar Negeri

Di Indonesia masih begitu besar potensi remitansi dan bisnis lainnya. Karena jumlah TKI di luar negeri begitu besar muncullah potensi bisnis remitansi di Indonesia. Di luar negeri, dari data BNP2TKI, ada sekurang-kurangnya 4 juta Tenaga Kerja Indonesia.

Dalam transaksi remitansi, ke bank, nasabah tidak diharuskan datang tetapi transaksi bisa tetap dilakukan berkat sifatnya yang unbankable dari transaksi uang tunai dari luar negeri yang dikirim oleh TKI sebagai pendominasi.

Untuk mengirim uang ke kampung halaman masing-masing, layanan remitansi sering digunakan oleh para pahlawan devisa ini. Lalu lintas uang dari luar negeri meningkat drastis saat menjelang hari lebaran.

Sebagai pengelola dari jaringan minimarket Alfamart, PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk dijalin kerjasamanya oleh PT. Bank Negara Indonesia dalam hal pencairan uang yang dikirim via BNI Wesel PIN. Di gerai Alfamart, nantinya uang kiriman TKI dari luar negeri bisa dicairkan.

Dengan hanya memperlihatkan Nomor PIN berikut kartu Identitas (paspor/SIM/Ktp yang juga berlaku di kurang lebih 1.631 outlet BNI berikut 5000 outlet reguler Alfamart, penerima bisa mencairkan yang tunan kiriman dari luar negeri via BNI Wesel PIN sebagaimana dijelaskan oleh Abdullah Firman Wibowo, General Manager International BNI.

TRENDING  Cara Mendaftar PKH dan Link Cek Bansos 2021

Di beberapa negara seperti Taiwan, Brunei Darussalam, Malaysia, Qatar, Arab Saudi, Singapura, dan Hongkong, sudah ada kantor cabang BNI yang merupakan jaringan internasional. Daripada itu, di Indonesia, Alfamart tersebar secara merata sehingga dalam memberikan layanan BNI Wesel PIN menjadi partner yang sangat tepat.

Firman menambahkan bahwa di toko Alfamart reguler, jumlah nominal terbesar yang bisa diambil adalah sebesar Rp. 5 juta.

Mekanisme uang dikirim via BNI Wesel PIN pun dijelaskan oleh Firman. Di negara tempat TKI bekerja, pengirim tinggal menyetor uang dengan mekanisme seperti menabung biasa ke kantor cabang BNI di negara tersebut. Nantinya ada kode pin Khusus yang diberikan kepada pengirim setelah uang itu disetor.

“Setelah uang disetor ke kantor BNI oleh pengirim, ia akan mendapat kode pin dan nantinya penerima harus diberi informasi soal PIN tersebut untuk selanjutnya uang itu dicairkan di toko Alfamart terdekat. Penerima tinggal menyerahkan Kode PIN dan memperlihatkan fotocopy KTP. Seperti itu kira-kira mekanismenya,” papar Firman.

Sumber :

https://www.merdeka. com/uang/kiriman-uang-tki-dari-luar-negeri-bisa-dicairkan-di-alfamart.html

Originally posted 2021-08-15 10:21:16.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *