Dengan Beberapa Tips Ini Menjelajahi Twitter Jadi Lebih Nyaman

Soal pelecehan online atau perundungan ternyata pernah dialami oleh lebih dari 60% pengguna internet. Padahal tanpa harus dilecehkan atau dihina, semua orang berhak memperoleh keamanan dan kenyamanan saat menggunakan media sosial.

Untuk semua penggunanya, secara terus menerus Twitter berupaya menciptakan iklim sosial media yang lebih baik.

Untuk mengatasi hal-hal yang bisa membahayakan penggunanya, Twitter, jejaring sosial mikroblogging, sejak 2020, terus mengupdate kebijakan konten mereka. Konten yang dimanipulasi semisal misinformasi Covid 19, ujaran kebencian, dan sebagainya agar tercipta iklim percakapan sehat.

Di level global, agar konten-konten abusif bisa ditangani, diambillah langkah-langkah signifikan oleh Twitter pada tahun 2020.

Twitter menindak akun dengan dikunci atau ditangguhkan karena melanggar aturan Twitter dengan persentase sebesar 105%.

Ada 5 tips yang diberikan Twitter agar tercipta keamanan ketika menggunakan Twitter sekaligus dalam rangka peringatan Stop Cyberbullying Day.

Baca Juga  Anda Tak Perlu Kelelahan Saat Bersepeda, Ini Kuncinya

Mengaktifkan autentikasi dua faktor

Agar ketika Twitter diakses terasa aman, penggna bisa melakukan verifikasi masuk kemudian autentifikasi dua faktor.

Untuk masuk Twitter, diperlukan cara alternatif dan kata sandi agar fitur ini bisa diaktifkan. Untuk masuk ke akun Twitter, bisa dipakai alternatif dalam bentuk kata kunci, konfirmasi login via aplikasi lain, atau kode.

Fitur ini dapat diaktifkan pada bagian Keamanan di pengaturan akun.

Melindungi Tweet

Mungkin anda memiliki beberapa Tweet yang tak ingin orang lain membacanya. Meskipun untuk mengekspresikan diri anda memiliki kebebasan.

Melalui pengaturan, agar Tweet bisa dilindungi, pengguna memiliki pilhan meski kebanyakan tweet sifatnya publik, secara otomatis.

Jangan lupa terus berhati-hati memberikan informasi pribadi seperti alamat rumah atau keluarga. Jika mencuitkan foto anak, lebih baik tutupi wajah mereka dengan emoji demi keamanan.

Mengontrol DM dan Balasan-Balasan

Dengan mereka yang sudah anda kenal di Twitter, mungkin anda ingin melakukan percakapan menarik. Dalam hal ini siapa saja yang ingin Tweetnya dibalas bisa anda atur sedemikian rupa.

Baca Juga  Yuk Cari Jodoh dengan 4 Aplikasi Android Ini

Gunakan pengaturan default yang bisa anda temukan di sebelah ikon globe kotak untuk mengetweet. Dengan begitu bisa dipilih siapa saja yang bisa membalas Tweet kita ketika sebuah Tweet baru akan dibuat.

Sebelum cuitan diunggah dan menu ini diklik, siapa saja yang bisa membalas Tweets bisa ditentukan oleh pengguna.  Opsi yang disediakan adalah orang yang diikuti atau hanya orang yang di-mention.

Dari mereka yang sudah anda kenal, bisa dipilih opsi Direct Message oleh pengguna agar tidak diterima pesan spam atau pesan yang tidak diinginkan.

Pengguna dapat menonaktifkan pengaturan ini dengan tidak mencentang kotak di samping “Terima Direct Message dari siapa pun” pada pengaturan Privasi dan Keamanan.

Dari jenis akun yang dihindari, notifikasi bisa dinonaktifkan oleh pengguna melalui advanced filter atau pegaturan penyaring lanjutan.

Baca Juga  Tampilan Oppo Reno6 Yang Segera Akan Dirilis dalam Waktu Dekat di Indonesia

Jika banyak orang tiba-iba memperhatikan akun pengguna, pada panel notifikasi pengguna, akan diberi notifikasi oleh Twitter, untuk mengatur penyaringan tersebut dan memberi kontrol lebih banyak atas apa yang dilihat mereka.

Memblokir dan Melaporkan

Kepada Twitter, bisa dilaporkan secara langsung jika pengguna mendapati Tweet yang sifatnya mengganggu dan tak beretika. Direct Message tidak diinginkan, list, akun, atau Tweet di luar ketentuan bisa dilaporkan di sini.

Jika ada akun yang membuat kita tidak nyaman, fitur blokir bisa membatasi akun tertentu untuk melihat tweet dan aktivitas pengguna di Twitter.

Setela sebuah akun diblokir oleh pengguna, tidak akan ada lagi notifikasi yang diretweet atau dimention oleh pengguna. Pengguna juga tidak akan lagi melihat interaksi akun yang diblokir di Twitter.

Sumber :

https://www.liputan6. com/tekno/read/4584711/5-tips- agar-lebih-nyaman-saat-jelajahi-twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *