Delegasi G20 Ditunda Imbas Rapat Darurat Joe Biden dkk di Bali

Delegasi G20 Ditunda Imbas Rapat Darurat Biden dkk di Bali – Agenda delegasi KTT G20 di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bali ditunda. Agenda tersebut disesuaikan menjelang pertemuan darurat para pemimpin G7 plus.

“Sejauh pengaturan program, ada berbagai penyesuaian pengaturan waktu. Kita ikuti memang ada emergency meeting (pertemuan darurat) G7 Plus karena itu bagian dari dinamika yang terjadi selama konferensi internasional,” kata Menteri Luar Negeri (Kemlu), Teuku Faizasyah kepada wartawan di KTT G20 Pusat, Bali, Rabu (16/11/22).

Faizasyah mengatakan, Indonesia masih tetap melakukan perencanaan sebagai presiden G20 di Bali. Dia mengatakan bahwa pertemuan darurat para pemimpin G7 adalah bagian dari komunitas internasional.

“Untuk hari ini kita tetap menjalankan ketentuan kita ya,” katanya.

Informasi penundaan agenda delegasi G20 ke Bali sebelumnya telah disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. Sambil menunggu kedatangan delegasi, Jokowi mengajak para official media untuk berkeliling meninjau Tahura.

Baca juga:   Gratis Download 10 Link Twibbon HUT RI Ke-77 17 Agustus 2022, Berikut Caranya.

“Ini nunggu delegasi negara, waktunya diundur 1 sampai 1,5 jam. Oleh karena itu, media official dari masing-masing negara diminta menunggu di ruang tunggu,” kata Bey kepada wartawan.

“Jadi mereka sebenarnya tidak mengundang media asing, melainkan para petinggi media yang memotret delegasi masing-masing negara,” lanjut Bey.

Bey mengatakan media official telah diberitahu untuk untuk berkeliling karena rencana kunjungan delegasi G20 telah ditunda sekitar 1 jam. Ini, kata Bey, merupakan permintaan langsung Jokowi.

“Karena masih ada satu setengah jam lagi, presiden berbicara dan akhirnya presiden sendiri yang bertanya, ‘Ayo kita jalan-jalan aja, kasihan nunggunya masih lama,” kata Bey.

Rapat Darurat Biden dkk

Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS) menggelar pertemuan darurat di Bali. Pertemuan darurat itu terjadi setelah rudal Rusia jatuh di Polandia, yang merupakan sekutu Amerika Serikat.

Baca juga:   30+ Twibbon HUT RI ke 76, Ayo Meriahkan

Reuters melaporkan, Rabu (16/11/22), Gedung Putih menyebut pertemuan itu disponsori oleh Joe Biden. Pertemuan tersebut dihadiri oleh para pemimpin dari Jerman, Kanada, Belanda, Spanyol, Italia, Perancis dan Inggris.

Para pemimpin dunia berada di Bali untuk KTT G20. Menteri luar negeri Rusia menghadiri KTT G20, tetapi telah meninggalkan Bali.

“Presiden AS Joe Biden mengatur pertemuan itu, setelah dua orang tewas dalam ledakan di Przewodów, sebuah kota di Polandia timur dekat perbatasan dengan Ukraina,” kata Gedung Putih.

Kecelakaan rudal Rusia di Polandia telah menewaskan dua orang. Polandia mendeklarasikan militernya dalam mode siap tempur setelah insiden tersebut.