Cara Screenshot Windows 10 Paling Lengkap dan Mudah

Pernahkah Anda meeting online dan ingin menyimpan materi meeting dengan cepat tanpa perlu menuliskannya? Terkadang, memang waktu presentasi yang terbatas membuat beberapa materi tidak bisa dituliskan. Nah, dalam kondisi tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah capturing atau screenshot layar laptop Anda.

Sama seperti halnya smartphone, Anda sebenarnya juga bisa melakukan screenshot pada laptop Windows 10 Anda. Hanya saja, mungkin ada beberapa dari Anda belum mengetahui bagaimana cara cara screenshot Windows 10 untuk dilakukan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangkap layar dari laptop Windows 10 dengan mudah dan cepat. Bagaimana saja caranya? Simak beberapa ulasan selengkapnya!

Ragam Cara Screenshot Windows 10

Untuk melakukan screenshot pada laptop Windows 10 Anda, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Adanya beberapa cara tersebut tentu saja akan memudahkan Anda untuk melakukan tangkapan layar dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Baca Juga  Cara Menghidupkan Laptop Asus yang Mati Total Baterai Tanam

Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot pada laptop Windows 10 diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Menggunakan Tombol Print Screen

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk screenshot Windows 10 adalah dengan menekan tombol Print Screen atau PrtSc. Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Dengan menekan tombol ini, maka secara otomatis tampilan layar di laptop akan tersimpan dan mask dalam clipboard.
Beberapa versi laptop hanya perlu menekan tombol print screen saja –yang ada di sebelah tombol delete, untuk mengambil tangkapan layar.

Namun, beberapa versi laptop yang lain perlu tambahan tombol Fn untuk menangkap layar.
Selain itu, perlu diketahui bahwa layar yang ditangkap dengan cara ini tidak secara otomatis tersimpan di drive laptop Anda.

Namun, Anda harus membuka Microsoft Paint terlebih dahulu lalu menekan opsi paste untuk memunculkan tangkapan layar tadi. Setelahnya, Anda bisa menyimpan hasil screenshot Windows 10 tersebut.

2) Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Jika Anda ingin menangkap layar pada jendela yang aktif saja, maka poin kedua ini bisa Anda gunakan. Cara penggunaan langkah ini tentu saja cukup mudah. Ya, Anda hanya tinggal menekan tombol Alt + Print Screen dan hasil tangkapan layar akan masuk ke dalam clipboard.

Baca Juga  Internet Banking, Fungsi dan Kegunaannya

Nah, setelahnya, Anda perlu membuka Microsoft Paint untuk menempelkan hasil tangkapan layar tersebut. Lalu, lakukan paste dan simpan file tersebut sebagaimana sebelumnya.

3) Menggunakan Tombol Win + Print Screen

Cara lain yang bisa digunakan untuk screenshot Windows 10 adalah dengan menekan kombinasi tombol Windows dan Print Screen. Cara ini cukup efektif untuk digunakan. Selain sangat mudah, ketika Anda menekan dua tombol ini, maka secara otomatis hasil screenshot akan tersimpan di folder screenshot yang ada di drive laptop Anda.

Nah, dengan demikian, maka artinya Anda tidak perlu lagi untuk membuka program Paint sebagaimana diharuskan pada langkah sebelumnya. Selain itu, ekstensi file untuk hasil screenshot Windows 10 ini adalah file PNG.

4) Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Untuk Anda yang ingin mengatur layar yang akan ditangkap, maka kombinasi tiga tombol ini bisa menjadi pilihan cara screenshot Windows 10 yang tepat. Ya, dengan tiga kombinasi tombol ini, maka Anda bisa menangkap bagian layar sesuai dengan keinginan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Setelah Anda menekan tiga tombol tadi, maka layar laptop akan menjadi gelap. Selain itu, tanda cursor akan berubah menjadi logo plus. Nah, Anda hanya tinggal melakukan click serta drag untuk menangkap layar sesuai area yang diinginkan.

Hasil tangkapan layar dengan cara ini akan tersimpan dalam clipboard. Artinya, nantinya Anda perlu membuka Paint dan melakukan paste untuk menyimpan file tersebut dengan mudah.

Nah, beberapa poin di atas bisa dijadikan opsi untuk screenshot Windows 10 sesuai dengan keinginan. Tentu saja, sebagaimana disinggung di awal, dengan melakukan tangkapan layar, Anda bisa menyimpan informasi dari layar laptop dengan lebih mudah.

Pada dasarnya, memang hasil tangkapan layar akan tersimpan dalam clipboard dan nantinya Anda harus melakukan paste di software paint. Hanya saja, ada cara screenshot Windows 10 lain yang tidak memerlukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *