Cara Menghidupkan Laptop Lenovo Yang Mati Total

Cara Menghidupkan Laptop Lenovo Yang Mati Total

Cara menghidupkan laptop lenovo yang mati total – Salah satu kendala yang sering dihadapai oleh para pengguna laptop lenovo atau pengguna laptop lainnya yaitu kadang laptop tiba-tiba mati total tanpa sebab. Sungguh sangat menjengkelkan bukan? Apalagi sedang ada tugas / kerjaan penting yang harus segera diselesaikan dan waktunya pun mepet banget. Sebelum memutuskan membawanya ke tempat service laptop, sebaiknya Anda cek dahulu siapa tahu bisa diperbaiki sendiri. 

Cara menghidupkan laptop lenovo mati total

Yang pertama kali dilakukan jika laptop mati total karena baterainya bermasalah adalah mengecek baterai nya apakah alat pengisi daya laptopnya bisa digunakan apa tidak, atau bisa jadi keduanya tak terpasang dengan baik dan benar.

Untuk solusi mengatasi permasalahan baterai laptop bermasalah adalah :

  1. Baterai dan alat pengisi baterai laptop pastikan telah terpasang dengan baik dan benar.
  2. Jika laptop masih tetap tidak menyala, maka coba gunakan baterai yang lain.
  3. Jika tidak punya baterai cadangan, baiknya lepaskan baterainya dahulu dan hidupkan laptop kembali dengan hanya menggunakan alat pengisi daya saja. Hal ini dilakukan untuk memastikan apa alat pengisi daya laptop berfungsi dengan baik tak ada masalah.
  4. Jika laptop masih tetap tidak hidup alias mati total, sebaiknya coba untuk pindahkan adaptor (casan/charger) pada lubang terminal stop kontak yang lain.
    Contoh Adaptor Charger Laptop Lenovo IdeaPad B490 20V 4.5A JARUM Original
    Contoh terminal kontak 6 lubang
  5. Jika masih tidak menyala juga maka segera bawa saja ke tempat service laptop terdekat di kota Anda
Baca juga:   Baterai Laptop di Charge 0% Terus

Cara menghidupkan laptop lenovo mati total tapi lampu power menyala

Sering terjadi kasus laptop mati total namun ketika ditekan tombol powernya ternyata lampu indikatornya tetap menyala.

Cara atasi laptop yang mati total seperti ini, kalian bisa coba langkah dibawah ini :

  1. Lakukan hard reset dengan cara cabut adaptor (casan/charger) dan lepas baterai pada laptop. Tahan dan tekan tombol power sekitar 20-30 detik. Lalu kembalikan lagi semuanya seperti sebelumnya dan lakukan booting kembali.
  2. Coba nyalakan laptop hanya gunakan adaptor (casan/charger) saja dengan cara melepas baterai laptop. Lalu nyalakan laptop mati total tersebut. Tapi jika masih tidak menyala juga, sebaiknya cari adaptor lain yang memiliki voltase / tegangan yang sama.
  3. Cek kembali RAM dengan cara lepas RAM laptop sebentar saja lalu bersihkan siapa tahu ada debu yang menempel sehingga menggaggu kinerja RAM, lalu pasang kembali seperti sebelumnya, setelah itu nyalakan kembali Laptop Anda.
  4. Gunakan monitor eksternal dengan cara masukkan port HDMI atau port VGA laptop. Jika layar eksternal tetep menyala, maka masalah laptop yang mati total yang Anda alami bararti layar laptopnya yang bermasalah.
Baca juga:   5 CARA MENGATASI LAYAR HP BERGARIS

Jika semua cara di atas telah dilakukan namun laptop Anda tetap mati total, maka perlu Anda bawa ke tempat service terdekat. Bisa jadi laptop lenovo mati total yang Anda miliki disebabkan adanya kerusakan pada hardware atau karena ada komponen lainnya yang rusak sehingga perlu diganti.

Cara menghidupkan laptop lenovo mati total tidak bisa menyala tanpa adaptor (casan/charger)

Jika Anda mengalami kendala laptop mati ketika adaptor (casan/charger) dicabut maka Anda bisa melihat cara menghidupkan laptop Lenovo disini

Jika sudah mencoba semua cara di atas namun laptop Lenovo Anda masih belum bisa hidup juga seperti yang di alami sekarang, maka tak ada salahnya membawa ke tempat service center laptop Lenovo terdekat.

Demikian ulasan cara menghidupkan laptop Lenovo yang mati total. Semoga artikel yang kami sampaikan dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah laptop Anda yang mati total. Jangan lupa baca juga artikel kami lainnya di detiker.com tentang permasalahan laptop Lenovo dan laptop lainnya yang akan terus kami sajikan untuk Anda yang membutuhkannya.