CARA MENGATASI PENGISIAN BATERAI HP YANG LAMA

Kini Smartphone sudah menjadi salah satu benda yang pasti kita butuhkan setiap waktu, entah itu untuk pekerjaan, pendidikan, ataupun hiburan. Bagi kamu yang pekerja, seringkali HP android kamu  digunakan sebagai media komunikasi dengan rekan kerja ataupun atasan. Selain itu Hp kamu juga biasa digunakan untuk penyimpanan file atau berkas pekerjaan digital atau softfile. Untuk pelajar yang memang kini di beberapa wilayah sudah melakukan sistem belajar secara daring/online kembali, seringkali untuk menyimpan jawaban-jawaban dan mengirimkan tugas sekolah harus menggunakan Smartphone.

Jika kita lihat, smartphone di generasi sekarang ini rasanya sudah menjadi bagian yang tidak akan bisa dilepaskan layaknya baju yang melekat di tubuh. Saat sedang sendiri atau bersantai dirumah pasti yang selalu digenggam adalah smartphone, ketika nongkrong smartphone tidak akan pernah terlewat. Hampir di setiap jam setiap harinya smartphone tidak akan pernah bisa jauh dari kita.

Namun pada satu titik, smartphone-mu tidak akan bisa melakukan apapun jika kehabisan daya baterai. Dan sayangnya seiring lamanya waktu pemakaian smartphone, kamu akan menemukan fakta jika ponselmu seringkali akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengisi daya. Berbagai faktor baik internal dari handphone maupun eksternal dari yang kamu lakukan dapat mempengaruhi kinerja baterai. Jika saat ini kamu mengalami HP yang sangat lambat ketika mengisi daya, kamu harus segera mungkin mengetahui penyebab serta cara terbaik untuk mengatasinya. Berikut penyebab pengisian baterai HP menjadi lebih lama dan solusi untuk mengatasinya. 

Penyebab Pengisian Baterai HP yang Lama, Sekaligus Cara Untuk Mengatasinya

  • Kabel Pengisi Daya (USB) Rusak

Kabel USB yang mengalami kerusakan menjadi penyebab pertama HP mengalami pengisian baterai yang sangat lama. Kabel USB menjadi rusak ini biasanya dikarenakan beberapa faktor penyebab, seperti misalnya kebiasaan Anda yang sering menggulung-gulung kabel atau memang karena kabel yang sudah berumur. 

Cara mengatasinya : Belilah kabel baru yang memiliki build quality (bahan) yang kuat agar bisa awet dan tahan lama, disarankan juga untuk membeli kabel original sesuai dengan merk smartphone kamu.

  • Memakai Charger Yang Tidak Original

Bagi kamu yang suka asal mencharger smartphone dengan charger asal, harus berhati-hati. Pasalnya penyebab kedua yang membuat pengisian baterai HP yang lama adalah ketika kamu menggunakan charger yang bukan bawaan HP. Charger HP yang berbeda merk ataupun seri, biasanya akan memiliki tegangan yang berbeda yang akan berpengaruh pada kecepatan saat melakukan pengecasan.

Cara Mengatasinya : Ganti Charger dengan yang Original, supaya HP bisa mencharge dengan normal kembali dan bisa membuat umur baterai lebih awet.

  • Memainkan HP Saat di Charge

Untuk sebagian orang, Poin ke-3 ini sudah menjadi kebiasaan. Namun tahukah kamu jika kebiasaan ini merupakan hal negatif dan bisa menjadi fatal yang menyebabkan bahaya serius.  Biasanya orang yang sering menggunakan smartphonenya sambil di charge adalah ketika dia bermain game, mendengarkan musik, atau sekedar bermain sosmed. Kenapa memainkan HP saat di charge berbahaya, karena daya yang masuk terhadap baterai akan terkuras lagi secara signifikan atau dalam artian tidak akan tersimpan didalam baterai HP. Lama kelamaan baterai HP akan mengalami kerusakan yang ditandai dengan baterai HP yang menggelembung, baterai cepat terkuras habis, atau masalah pengisian baterai HP yang sangat lama.

Cara Mengatasinya : Biarkan baterai HP terisi dengan penuh terlebih dahulu sebelum memainkannya kembali, akan lebih baik jika HP dimatikan sampai proses pengisian daya selesai. Selain berguna agar tidak memunculkan godaan untuk memainkannya saat dicharge, dengan mematikan HP maka seluruh sistem akan di refresh, suhu HP akan turun dengan lebih cepat, dan pastinya bisa membuat HP kamu bisa lebih tahan lama. Namun walaupun misalnya ada kepentingan mendesak yang mengharuskan kamu menggunakan HP saat dicharge, pastikan minimal baterai sudah terisi 10% dan usahakan jangan menggunakannya untuk hal yang berat misalnya bermain game. Menggunakan HP kamu untuk membalas chat WA ataupun sosmed lainnya masih dalam tahap yang wajar, dan bisa kamu lakukan.  

  • Data Internet Menyala Saat HP di Charge

Tahukah kamu, jika menyalakan data internet ketika HP di charge tanpa disadari bisa membuat proses pengisian daya menjadi sangat lama. Apalagi jika kamu mencharge HP ketika sinyal sedang lemah, entah itu karena gangguan cuaca buruk ataupun lokasi yang memang susah sinyal. Hal ini terjadi karena HP akan bekerja lebih ekstra untuk bisa mendapatkan sinyal yang stabil. Karena kinerja yang terlalu over ini, HP akan memerlukan daya yang sangat besar, dimana jika kondisi HP kamu sedang dicharge maka proses pengisian daya baterai tersebut akan sangat lama sekali.

Cara Mengatasinya : 

Pastikan kamu memperhatikan sebelum mengisi daya baterai apa sinyal telepon atau sinyal internet kamu lemah. Jika ya, matikan jaringan data internet kamu dan akan lebih baik jika kamu mematikan jaringan telepon juga dengan masuk ke mode plane/pesawat. Selain berguna untuk mempercepat pengisian data, dengan mengaktifkan mode pesawat bisa merefresh jaringan yang tidak stabil.

  • Terlalu Banyak Aplikasi di Latar Belakang yang Berjalan

Penyebab Terakhir dari masalah pengisian baterai HP yang lama adalah karena adanya banyak aplikasi berjalan di background / latar belakang. Seringkali ketika kamu memainkan satu aplikasi, kamu lupa menutupnya dan malah masuk ke menu home lalu kemudian membuka aplikasi lain. Aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang ini tanpa kamu sadari akan terus menguras daya baterai, dan menjadi salah satu penyebab baterai HP kamu juga cepat habis dan HP menjadi panas.

Cara Mengatasinya : Jika kamu hendak keluar dari satu aplikasi, pastikan untuk benar-benar mengeluarkannya termasuk dari background atau latar belakang. Jangan langsung menekan tombol home, untuk menghindari kelupaan untuk mengeluarkan aplikasi yang baru saja kamu mainkan. Akan lebih baik jika dirasa baterai HP mu sudah low, matikan sejenak mulai dari jaringan internet sampai nonaktifkan jaringan telepon melalui mode pesawat. Selain akan membuat pengisian baterai menjadi lebih cepat, hal tersebut akan membuat baterai HP lebih awet. 

Nah itulah beberapa penyebab sekaligus solusi dan cara untuk mengatasi pengisian baterai hp yang lama. Semoga bermanfaat dan jangan lupa juga untuk share tulisan ini jika menurutmu penting diketahui orang yang mengalami hal yang sama.