Cara mengatasi mata lelah karena HP

CARA MENGATASI MATA LELAH KARENA HP

Setiap harinya kita menggunakan HP android dengan beragam aktivitas. Entah itu karena pekerjaan seperti konten kreator misalnya, atau untuk membaca berbagai berita terbaru setiap harinya. Dan kebanyakan dari tiap orang yang menggunakan smartphone pasti menggunakannya sebagai media hiburan, seperti bermain game, nonton video, mendengarkan musik, dll. Sadar ataupun tidak, kita menghabiskan banyak waktu untuk menatap layar HP selama berjam-jam. 

Di zaman serba digital dan dimasa pandemi seperti sekarang ini, sepertinya kita tidak akan pernah bisa lepas dari gadget. Karena hal-hal penting seperti bekerja, belajar, dan pertemuan sekarang banyak dilakukan via online. Namun yang harus diperhatikan adalah tatacara yang kamu lakukan ketika menggunakan gadget jangan sampai merusak kesehatan, terutama kesehatan mata. 

Bukan hanya pikiran kita, salah satu indra penting yang ada pada tubuh kita yaitu mata, bisa juga mengalami stres bila terlalu lama dipaksakan untuk bekerja dan menerima beban melebihi kapasitasnya. Kondisi ini biasa disebut sebagai stres mata atau mata lelah, dimana kondisi mata kita mengalami tegang dan kelelahan akibat melihat sesuatu dalam kurun waktu yang sangat lama. Stress mata ini bisa akan mengakibatkan ketidak nyamanan pada penglihatan kita dan jika sudah terlalu sering dilakukan bisa berakibat fatal. Kondisi seperti mata panda, juga diakibatkan karena mata yang kelelahan dan kurang istirahat. 

Kenali Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Mata Lelah / Stres Mata

Normalnya, manusia berkedip sekitar 15 kali setiap menitnya. Namun ketika kita menggunakan mata untuk konsentrasi pada sesuatu, mata akan dipaksa untuk selalu fokus dan menatap hal yang kita tuju dalam kurun waktu yang lama. Seperti ketika melihat layar android untuk bermain game atau menonton film misalnya, karena tidak ingin ketinggalan momen mata hanya akan berkedip sebanyak 5-7 kali saja dalam setiap menitnya. Padahal, proses berkedip ini sangat dibutuhkan sekali oleh mata. Karena berkedip memiliki fungsi yang penting untuk kesehatan mata, yaitu membersihkan mata dari partikel debu yang masuk dan menempel dan menjaga serta mengatur permukaan bola mata tetap lembab.

Selain itu kondisi dimana kita terlalu lama menyetir, membaca buku (baik buku cetak maupun digital), menulis (baik buku cetak maupun digital), serta menatap layar komputer dan HP kita merupakan beberapa kegiatan yang bisa menjadi penyebab mata kamu mengalami kelelahan. Mata lelah yang terus dibiarkan akan berujung pada stres mata yang pastinya akan membuat kamu tidak nyaman. 

Penggunaan gadget di ruangan yang minim cahaya juga sangat berbahaya. Jika kamu termasuk orang yang suka bermain HP ataupun laptop di ruangan yang gelap, berhati-hatilah. Cahaya yang dihasilkan dari gadget tersebut akan terfokus pada mata kita, silau dari layar gadget yang terjadi dalam jangka waktu lama akan membuat mata lelah dan kamu merasakan pusing yang lama kelamaan akan menimbulkan stress mata.

Baca juga:   Keuntungan Bisnis Forex

Ketika kamu mengalami stres mata, mata akan terasa kering, memerah, berair, perih, panas, sakit, dan gatal, bahkan kondisi terburuknya akan membuat mata kamu menjadi lebih sensitif pada cahaya atau mudah silau. Mata akan terasa sakit ketika kita melihat sesuatu dengan intensitas cahaya yang tinggi dan tiba-tiba. Selain itu, stres mata yang lebih buruk akan membuat penglihatan kamu menjadi ganda atau buram.

Kenali Berbagai Gejala Mata Yang Mengalami Kelelahan

Biasanya ada beberapa gejala yang akan kamu rasakan ketika mengalami mata lelah / stress mata , antara lain :

  • Mata terasa tidak nyaman
  • Mata Menjadi Merah
  • Terasa nyeri, perih, atau gatal
  • Mata menjadi berair dan terasa kering
  • Pandangan menjadi kabur atau berbayang
  • Mata menjadi sensitif terhadap cahaya 
  • Sulit untuk & berkonsentrasi

Gejala mata lelah biasanya tidak hanya terasa pada mata saja, namun bisa menyebar ke bagian tubuh lain. misalnya pada bagian bahu, leher, punggung, dan kepala akan terasa sakit. Jika ditambah kurang tidur, mata lelah bisa menurunkan produktivitas kamu dan menyebabkan masalah yang serius.

Teknik Relaksasi Mata untuk Mata Lelah / Stress Mata

Jika dibiarkan, stres mata akan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa tips relaksasi mata dibawah ini saat mata kamu terasa lelah.

1. Istirahatkan mata

Jika kamu tengah melakukan pekerjaan dengan terus menerus menatap layar HP atau Komputer, biasakan untuk mengistirahatkan mata kamu setiap beberapa menit. Hal ini bertujuan agar mata tidak cepat lelah dan mengalami stress mata. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, yang pertama coba alihkan pandangan kamu setiap 20 menit ke objek yang jaraknya jauh. Tatap objek dengan jarak yang jauh tersebut selama 20 detik, baru lanjutkan lanjutkan pekerjaan. Yang kedua adalah coba setiap 2 jam sekali pastikan kamu untuk mengistirahatkan mata dengan memejamkannya selama beberapa menit. Ini akan membuat mata melumasi permukaannya dengan lebih baik jika selama kamu fokus bekerja kamu jarang mengedipkannya, selain itu mata juga akan mengeluarkan partikel debu yang menempel. Lakukan selama 5 menit dalam 2 jam sekali ketika kamu sudah merasa mata berat untuk menatap dengan fokus.

2. Atur jarak pandang mata 

Kamu sering memainkan HP sambil rebahan? Atau sambil duduk bersantai?. Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah selalu menjaga jarak pandangan matamu ke HP minimal 50 cm. Dengan jarak pandang yang pas dan teratur tersebut, mata kamu tidak akan cepat lelah dan bisa memandang layar gadget dengan lebih fokus. Hal ini juga berlaku ketika kamu memainkan laptop, komputer, dan gadget lain.

Baca juga:   Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra

3. Gunakan filter layar anti radiasi

Tambahkan filter atau anti gores pada layar HP kamu agar mata tidak terlalu terpapar sinar biru yang bisa menjadi penyebab mata lelah dan stress mata. Selain untuk HP, filter tersebut juga tersedia untuk laptop dan gadget lainnya.

4. Atur Kontras (Kecerahan) Layar HP

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah jika cahaya layar HP gadget lainnya jauh lebih terang dibandingkan cahaya yang ada di ruangan. mata akan bekerja lebih keras karena silau yang masuk ke mata lebih banyak. Oleh karena itu, pastikan ruang kerja kamu memiliki pencahayaan yang bagus dan cukup, tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap.

5. Melepas lensa kontak mata

Jika kamu pengguna lensa kontak, berikan mata jeda untuk beristirahat dengan sesekali menggantinya dengan kacamata. Selain itu, penting untuk diingat untuk tidak menggunakan lensa kontak ketika kamu tidur dan rutinlah untuk mengecek dan menggantinya dengan yang baru.

Cara Mengatasi Mata lelah

Jika kamu merasa sudah merasakan berbagai gejala mata lelah seperti yang sudah disampaikan diatas, maka ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, antara lain :

  1. Pejamkan mata kemudian pijat pelan pada bagian pelipis selama beberapa saat, untuk membuat oto di sekitar area mata tidak tegang dan mengurangi rasa lelah pada mata.
  2. Alihkan pandangan mata dari layar HP atau gadget lainnya selama beberapa menit.
  3. Regangkan otot-otot bagian leher, bahu, tangan, dan punggung untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh.
  4. Coba gunakan obat tetes mata, agar bisa membantu melembabkan mata yang kering dan mengeluarkan partikel debu yang menempel. 
  5. Kompres mata dengan kain yang di basuh dengan air hangat

Satu hal pasti yang harus kamu perhatikan, mata lelah adalah tanda jika kamu memerlukan istirahat. Luangkanlah beberapa waktu di sela aktivitas untuk mengistirahatkan mata kamu agar bisa lebih segar kembali. Jika keluhan mata lelah yang kamu alami tidak kunjung membaik atau malah bisa saja memburuk, meski telah melakukan beberapa cara mengatasi mata lelah di atas, segera lakukan periksakan ke dokter mata agar bisa segera mendapat penanganan dan diberikan obat. Semoga bermanfaat.

Originally posted 2022-03-31 09:42:07.