CARA MENGATASI LAYAR HP YANG BERGERAK SENDIRI

Di era serba digital seperti sekarang ini, penggunaan Smartphone sepertinya tidak akan pernah lepas setiap harinya. Smartphone kini seolah menjadi teman yang tidak akan pernah bisa jauh dari para pemiliknya, terlebih dengan banyaknya aktivitas yang tidak bisa lepas dari penggunaan device ini. Seiring dengan pemakaiannya yang semakin intens, sangat mungkin berbagai kerusakan bisa terjadi. Salah satunya yaitu kerusakan pada layar HP Android kamu. 

Semua orang bisa dengan mudah menggunakan HP untuk keperluannya masing-masing, namun sayangnya, ketika ada masalah tidak semua orang tau dan bisa memperbaiki permasalahan yang terjadi pada Hp nya itu. Salah satu kerusakan pada layar HP Android adalah Ghost Touch atau jika dijabarkan layar HP yang bergerak sendiri tanpa perintah kita. Masalah pada layar Hp android ini adalah kerusakan di bagian touchscreen yang mengalami error. Cukup bikin repot memang jika masalah ini muncul secara tiba-tiba Ketika kita tengah menggunakan Handphone kita. Contohnya ketika kita sedang menggunakannya untuk mengetik pesan, pasti akan sering terjadi typo yang bikin kalimat yang kamu ingin ketik menjadi acak-acakan.

Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri

Sebelum ke cara untuk memperbaikinya, sebaiknya kamu harus memahami dulu penyebab layar HP kamu bisa bergerak sendiri tanpa perintah. Masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti : 

  • Terdapat bug atau glitch didalam sistem HP kamu
  • Adanya Masalah kelistrikan yang disebabkan oleh baterai atau charger
  • HP kamu sudah berumur / sudah lama digunakan
  • HP mengalami overheat 
  • Di Layar HP banyak debu dan kotoran yang menempel
  • HP pernah jatuh atau terbentur
  • Layar touchscreen pada HP yang memang rusak
  • Terdapat Kerusakan komponen di dalam HP

Berbagai penyebab di atas adalah penyebab umum yang biasanya terjadi pada hampir semua merk HP. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa ikuti cara untuk mengatasi layar HP yang bergerak sendiri, berikut ini :

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Setelah kamu mengetahui berbagai penyebab layar hp yang bergerak sendiri, langkah selanjutnya adalah memperbaiki permasalahan tersebut agar HP kamu bisa Kembali digunakan dengan nyaman. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan sendiri, dan bisa kamu coba satu per satu. Hal Ini memang memerlukan kesabaran dan pengetahuan seputar gadget, jadi pastikan kamu untuk mencobanya secara teliti dan tidak terburu-buru karena ingin hasil yang instan!.

  • Mengganti Kabel Charger & Kepala Charger HP
Baca juga:   WhatsApp Hadirkan Fitur Baru Lagi, Bisa Lihat Penggunaan Memori Hp

Coba cek apakah kabel charger yang kamu gunakan sudah rusak, atau kepala charger kamu terasa panas yang tidak wajar Ketika dipakai. Itu menandakan jika charger dan kabelnya sudah rusak dan harus segera kamu ganti. Charger yang sudah rusak tidak akan optimal Ketika kamu gunakan untuk mengisi daya baterai pada ponselmu. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan masalah kerusakan lain pada komponen tertentu, dan salah satunya pada layar touchscreen yang menjadi error.

  • Mengganti Baterai Ponsel

Sama seperti charger, baterai merupakan komponen yang harus kamu ganti Ketika sudah dalam kondisi yang tidak layak pakai. Baterai terkesan sangat cepat habis, atau panas dibagian baterai terasa tidak normal, atau baterai tiba-tiba habis padahal baru saja kamu charge. Dan yang paling umum adalah Ketika baterai menggelembung pasti akan menjadi penyebab layar HP android kamu menjadi error karena touchscreen terdorong paksa keatas dan menyebabkan bentuk pada touchscreen tidak simetris. Segera ganti baterai HP kamu sebelum masalah lain bisa saja terjadi.

  • Dinginkan HP Ketika Mengalami Overheat

Overheat merupakan suatu kondisi dimana HP mengalami panas berlebih akibat penggunaannya yang terlalu lama atau menjalankan aplikasi yang berat. Overheat bisa menyebabkan berbagai masalah dan kerusakan, salah satunya adalah pada touchscreen HP android yang akan mengalami error karena suhunya mengalami kenaikan. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa terlebih dahulu mendiamkan HP untuk mendinginkannya. Akan lebih baik jika kamu mematikannya sebentar, agar suhu pada ponsel bisa lebih cepat turun. Jangan sampai Ketika hp dalam keadaan panas kamu tetap menggunakannya tanpa henti. Karena Overheat bisa menimbulkan berbagai masalah baru seperti merusak komponen pada HP, dan yang lebih serius ada juga laporan kasus HP yang meledak.

  • Cek Pelindung Layar dan Bersihkan

Penggunaan pelindung layar seperti tempered glass atau anti gores pada smartphone memang sangat penting. Seperti namanya, benda ini berguna untuk melindungi layar HP dari goresan benda tajam yang bisa mengakibatkan kerusakan pada layar. Selain itu, juga berguna untuk melindungi layar LCD dari debu dan  kotoran. Berapa lama kamu memakai pelindung layar? Meskipun bisa saja baru kamu pasanag pada ponsel yang baru kamu beli, tapi kamu harus memastikan kebersihannya. Nah, jika setelah beberapa waktu kamu gunakan dan muncul masalah layar HP kamu bergerak sendiri, bisa saja itu terjadi karena layar pelindung kotor dan harus dibersihkan.

  • Mengganti ROM pada HP
Baca juga:   Laptop Sering Panas? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Kapasitas ROM pada HP kamu minim? Jika demikian, akan menjadi sangat wajar jika kinerja ponsel akan melambat ketika ruang pada memori tersisa sedikit. Berbagai manfaat bisa kamu rasakan Ketika mengganti ROM Hp kamu. Selain bisa memperlancar kinerja pada ponsel, kamu juga mengatasi masalah pada layar touchscreen yang error. ROM atau istilah lainnya Read Only Memory adalah media penyimpanan internal dimana terdapat firmware dan aplikasi bawaan yang tersimpan pada setiap ponsel android. ROM adalah hardware untuk media penyimpanan internal dan data khusus dari pabrik yang tidak bisa kita ubah hanya bisa kita baca.

  • Lakukan Factory Reset

Reset HP menjadi pengaturan default pabrik mungkin bukan pilihan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Karena dengan menyetel handphone mu Kembali ke pengaturan pabrik, maka seluruh data dan pengaturan yang sudah diatur dan disimpan akan terhapus. Namun tenang saja, untuk data kamu bisa memback up nya terlebih dahulu. Memang ini merupakan hal yang merepotkan dan memakan waktu, tapi tidak ada salahnya jika kamu sudah mencoba semua hal diatas dan tidak membuahkan hasil. Factory reset akan mengembalikan pengaturan secara default ke awal dengan kata lain seperti HP baru lagi, dengan begitu segala jenis error yang ditimbulkan juga akan bisa hilang. 

  • Lakukan Service HP

Jika factory reset adalah hal terakhir yang bisa kamu lakukan sendiri, maka membawanya ke tukang service adalah pilihan paling akhir dimana kamu harus meminta bantuan seorang ahli untuk membantumu. Jika layar HP yang bergerak sendiri memang sudah tidak bisa diakali dengan berbagai cara diatas, itu menandakan jika layar touchscreen sudah tidak layak untuk digunakan. Maka pilihan yang bisa kamu lakukan adalah harus menggantinya dengan yang baru. 

Itulah beberapa tips cara mengatasi layar HP yang bergerak sendiri, dimana hal tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor penyebab. Semoga bermanfaat.

Originally posted 2022-03-31 09:41:06.