CARA MENGATASI HP LEMOT OPPO AGAR KEMBALI NGEBUT

Berbicara tentang kecanggihan sebuah smartphone pasti tidak akan selalu beroperasi dengan baik selamanya, pasti akan selalu ada keluhan yang dirasakan oleh pengguna. Seperti salah satu merk Hp yang memang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia yaitu Oppo. Dengan dibekali spesifikasi yang lumayan terutama pada sektor kameranya membuat Oppo banyak digemari para konsumen yang memiliki hobi berfoto. 

Namun di satu sisi banyak sekali pengguna yang mengeluh jika Hp Oppo mereka terasa lemot seiring dengan semakin lama pemakaian. Pasti akan terasa menjengkelkan ketika Hp Oppo terkesan lamban saat dioperasikan. Apalagi jika banyak aktivitas yang memang kita lakukan dengan Hp tersebut, seperti bermain game, update di sosial media, edit foto-video, dan aktivitas lainnya akan terasa kurang maksimal. Hal ini terjadi karena ponsel OPPO yang telah kita gunakan akan mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu. Tetapi faktor usia ponsel tidak selalu menjadi patokan, spesifikasi tipe Hp Oppo dan cara kamu menggunakan smartphone tersebut juga bisa menjadi penyebab yang membuat smartphone menjadi lemot.

Jika berbicara soal spesifikasi, umumnya pengguna yang paling banyak mengeluhkan tentang Hpnya yang lemot kebanyakan adalah pengguna HP Oppo kelas low end atau spesifikasi yang rendah. Namun perlu diperhatikan, bukan berarti pengguna ponsel dengan spesifikasi yang tinggi (high-end) akan bisa bebas dari masalah pada Handphonenya. Meskipun spesifikasi di ponsel Oppo nya tinggi tetapi jika ada kesalahan saat produksi atau cara pemakaian si pengguna yang salah tetap akan membuat ponsel tersebut menjadi lemot. Untuk mengetahui lebih jauh tentang penyebab dan cara mengatasi Hp Oppo yang lemot atau lelet, simak uraian berikut ini.

Faktor Penyebab Hp Oppo Lemot

OPPO sebagai produsen smartphone Android sudah banyak menghasilkan varian serta jenis ponsel yang sangat bermacam- macam, dari kelas low- end hingga kelas high- end( flagship). Ponsel OPPO kelas low- end umumnya yang sangat kerap mengalami masalah kelambatan. Sebab bagaimanapun spesifikasi hardware yang ditanamkan sangat mempengaruhi pada performa smartphone. Berikut beberapa poin pemicu Hp Oppo :

Menjalankan Banyak Aplikasi di Waktu yang Bersamaan

Kapasitas RAM pada ponsel sangat berpengaruh disini, sebab apabila kapasitas RAM Hp Oppo kamu di bawah 4GB akan sangat kewalahan ketika banyak aplikasi berjalan di waktu yang sama. Aplikasi yang tidak kamu gunakan namun tidak ditutup akan terus berjalan dan memakan memori RAM secara terus menerus. Selain itu, konsumsi RAM oleh aplikasi yang berada di latar belakang juga sangat berpengaruh dan bisa membuat Hp Oppo kamu menjadi lelet.

Penyimpanan Internal HP Hampir Penuh

Sistem yang berjalan dan aplikasi yang terinstal memerlukan ruang penyimpanan yang cukup untuk menaruh semua data penting termasuk cache, cookies, informasi login, dll. Apabila ruang penyimpanan pada ponsel hanya tinggal beberapa persen saja, sistem akan memberikan peringatan jika file baru yang hendak kamu simpan tidak akan tertampung. Pesan error ini akan terus berlangsung yang menyebabkan ponsel terasa lemot dan lag saat digunakan.

File Cache Yang Menumpuk 

File cache yang menumpuk dan tidak dibersihkan secara berkala bisa menimbulkan memori internal Hp Oppo kamu penuh dan memunculkan permasalahan lemot. Walaupun file cache berguna untuk menjalankan aplikasi agar lebih cepat, namun dalam kurun waktu tertentu file cache wajib kamu dibersihkan agar sistem bisa ter refresh dan bisa berjalan lebih optimal.

Performa Yang Kian Menurun

Umur ponsel bisa jadi pemicu mengapa Hp Oppo kamu terasa lemot. Rata- rata usia Hp Android mempunyai rentan umur 4 – 5 tahun. Di umur tersebut, ponsel akan mengalami penurunan performa serta kurang maksimal untuk menjalankan aplikasi ataupun permainan terbaru yang sudah update.

Cara Mengatasi HP Oppo Lemot Agar Kembali Ngebut 

  • Lakukan Pembaruan Pada OS dan Aplikasi Terinstal

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan jika ponsel Oppo kamu lemot adalah dengan memeriksa update OS atau Aplikasi yang telah terinstall. Jika ada pembaharuan langsung kamu update ke versi terbaru dengan cara mengunduhnya. Memang dalam pembaruan sistem dan aplikasi akan menyebabkan penambahan file pada memori internal. Namun perlu diperhatikan jika pembaruan sistem dan aplikasi terinstal juga diperlukan untuk memberikan perbaikan serta peningkatan performa handphone. Pembaharuan sistem dan aplikasi terinstal akan membawa hal baru serta menghilangkan bug yang mengganggu yang bisa menjadi penyebab ponsel kamu menjadi lemot. 

  • Kurangi Multitasking dan Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan
TRENDING  CARA MENGATASI MATA LELAH KARENA HP

Langkah selanjutnya untuk mengatasi HP oppo yang Lemot adalah dengan mengurangi multitasking dan menutup aplikasi yang tidak kamu pakai. Gunakan tombol recent app pada bagian bawah untuk mengeluarkan aplikasi tersebut. Cukup jalankan 2-3 aplikasi secara bersamaan jika kamu memang perlu, jangan memaksakan handphonemu menghandle banyak aplikasi di waktu yang bersamaan dimana hal tersebut menjadi penyebab ponsel cepat panas. Ponsel menjadi lebih smooth saat digunakan dan akan terhindar dari overheating. 

  • Uninstall Aplikasi Yang Jarang atau Sudah Tidak di Gunakan

Sering berfikir jika sewaktu-waktu kamu akan memerlukan aplikasi tertentu yang akhirnya malah tidak kamu gunakan sama sekali? Itu hanya akan memberikan masalah pada Hp Oppo mu. Aplikasi yang Tidak digunakan hanya akan memenuhi memori dan juga RAM bila aplikasi tersebut aktif di latar belakang. Hal tersebut menjadi akar masalah yang membuat ponsel semakin kehabisan space memori dan otomatis akan membuatnya lemot ketika digunakan.

  • Hapus Cache dan File Sampah

Langkah selanjutnya untuk Cara Mengatasi HP Lemot OPPO adalah dengan menghapus cache dan file sampah yang menumpuk pada ponsel tersebut. Untuk menghapus file cache dan file sampah tersebut bisa dilakukan dengan cukup mudah karena sudah terinstall dan di sediakan fitur pembersihan dari pabrik, jadi kamu tidak perlu menginstall Aplikasi lain untuk melakukan pembersihan. Untuk mengakses fitur pembersih cache dan sampah di Hp Oppo kamu bisa masuk ke Bilah Menu Manajer Telepon kemudian melakukan Pemindaian. Secara otomatis aplikasi sistem akan melakukan pemindaian dan selanjutnya kamu tinggal mengklik tanda hapus dan berbagai jenis cache akan di hapus secara otomatis.

  • Restart Handphone

Jika sewaktu kamu sedang menggunakan Hp Oppo dan mendapati ponsel kamu secara mendadak menjadi lemot, hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan coba melakukan restart. Saat Handphone di restart maka sistem akan merefresh dirinya dan akan melakukan recovery terhadap beberapa proses yang mungkin saja terdapat BUG.

  • Gunakan Memori Eksternal

Jangan anggap sepele ketika memori internal Hp Oppo kamu sudah memberikan peringatan jika media penyimpanan sudah 90% lebih. Space yang penuh akan membuat error aplikasi sistem yang menjadi salah satu penyebab handphone kamu lemot saat digunakan. Penggunaan Micro SD menjadi alternatif saat memori internal ponsel kamu habis. Pindahkan file seperti foto dan video atau file lain yang berukuran besar ke Micro SD, dengan begitu memori internal bisa lebih lega dan bisa lebih baik memproses semua file untuk menghindari error yang bisa membuat Hp Oppo kamu lemot.

  • Lakukan Factory Reset 

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan jika semua cara diatas tidak berhasil adalah dengan mengembalikan Hp Oppo kamu ke setelan awal. Cara ini bisa sangat efektif untuk mengatasi Hp Oppo kamu yang lemot dan lelet, karena semua pengaturan dan data di sistem akan dihapus dan dikembalikan ke posisi awal. Namun perlu diperhatikan sebelum melakukannya, pastikan untuk membackup terlebih dahulu data penting di Hp Oppo kamu. Pindahkan semua file penting di memori internal ke memori eksternal.