12 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Panas

Cara mengatasi hp lemot dan panas – HP atau Ponsel kini sudah menjadi hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya HP sering digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari komunikasi, pencarian informasi, hingga mengakses hiburan. Sayangnya, jika sering digunakan HP cepat panas. 

Bagaimana cara mengatasi hp lemot dan panas? Seringkali pertanyaan ini ada di pikiran Anda terutama Anda yang memang cukup aktif dalam menggunakan HP. Hal ini nantinya akan  berdampak pada kinerja HP yang begitu lambat dan mudah panas. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menjaga HP Anda agar tidak lemot dan mudah panas.

Perlu Anda ketahui, HP atau handphone tidak “pintar” seperti yang Anda bayangkan. Julukannya cerdas, tetapi dia masih memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah terkadang HP mengalami overheat dan membuat kinerja hp lemot dan panas. Namanya juga peralatan elektronik, pasti ada penurunan kualitas dari waktu ke waktu. Selain itu, HP ini digunakan tidak hanya untuk panggilan dan sms.

Kini dengan HP Anda bisa membuka internet, bermain game, bermain media sosial, bahkan mendukung aktivitas sehari-hari terjadi di HP. Wajar jika penggunaan telepon seluler akan lebih tinggi daripada penggunaan telepon seluler sepuluh tahun yang lalu sehingga hp lemot dan panas. 

Penggunaan yang tinggi ini dapat menyebabkan HP lemot dan cepat panas sehingga akan menyebabkan kinerja HP Android turun secara signifikan. Oleh karena itu, agar baterai HP tidak cepat panas, ada baiknya Anda membaca beberapa tips berikut ini.

12 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Panas

Jika Anda tidak ingin HP yang Anda miliki tidak cepat panas dan lemot Anda bisa lakukan hal seperti dibawah ini:

1. Gunakan Charger Bawaan dan Baterai Original 

Penggunaan HP atau HP dalam jangka panjang mempengaruhi bagian baterai yang cepat habis. Alhasil, Anda akan terus melakukan proses charging HP beberapa kali dalam sehari. Tentunya hal ini akan memastikan kualitas baterai dan charger tidak akan hilang. Ketika gagal, Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli charger baru atau baterai baru. 

Nah, ketika Anda membeli charger dan baterai baru, sebaiknya gunakan charger dan baterai asli. Pengisi daya dan baterai murah berukuran saku, tetapi akan membahayakan HP Anda.

Selain itu, Anda tidak tahu kualitas dan asal charger tersebut. Jika Anda menggunakan charger dan baterai yang tidak asli, bisa dipastikan suhu HP Anda akan sering panas. Jadi, pastikan HP Anda menggunakan charger dan baterai asli dan juga pastikan Anda tidak terlalu sering mengisi daya agar hp tidak lemot dan cepat panas.

2. Tidak Memainkan HP Pada Saat Mengisi Daya

Selanjutnya cara yang kedua masih terhubung dengan cara yang pertama, yaitu untuk baterai. Saat HP sedang diisi daya, Anda tidak perlu menggunakannya untuk mengobrol atau sekadar berkirim pesan. Jika kebiasaan ini selalu dilakukan, maka akan mempengaruhi baterai HP sehingga dampaknya membuat HP cepat panas setelah diisi daya.

Baca juga:   CARA MENGATASI LAYAR HP YANG BERGERAK SENDIRI

3. Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Penggunaan aplikasi yang berlebihan juga dapat menyebabkan HP cepat panas. Oleh karena itu, selalu pantau penggunaan aplikasi di HP Anda. Tutup semua aplikasi yang tidak digunakan. Membiarkan aplikasi terbuka saat tidak digunakan hanya akan menghabiskan banyak energi. Selain itu juga dapat membuat HP menjadi berat sehingga kinerjanya juga akan menurun.

4. Istirahatkan HP dan Aktifkan Mode Pesawat

HP  yang panas bisa menjadi pertanda dari masa penggunaannya yang berlebihan. Jadi mungkin Anda harus mengistirahatkan HP Anda sebentar. Untuk menambah waktu henti, sebaiknya tutup semua aplikasi yang Anda gunakan. Selain itu, ada baiknya untuk mengaktifkan mode pesawat sebentar untuk mempercepat proses penurunan suhu HP.

5. Gunakan Aplikasi Pendingin HP

Selanjutnya cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi HP yang cepat panas yaitu dengan menggunakan aplikasi pendingin HP. Aplikasi pendingin HP ini sangat berguna dan dapat membantu menjaga suhu atau menjaga HP Anda tetap dingin. Beberapa aplikasi pendingin HP yang bisa kamu coba adalah One Booster, Super Cooler-CPU, EaseUS Coolphone dan masih banyak lagi.

6. Gunakan Aplikasi Pembersih (Sampah)

Pada HP android biasanya memiliki banyak file yang tidak berguna. File-file ini biasanya datang dalam bentuk sampah, cache dan cookie. Jika file ini besar dan dibiarkan begitu saja, efeknya akan mempengaruhi memori RAM yang menyebabkan HP panas.

Jadi jangan meremehkan file “sampah” di HP Anda. Lakukan pembersihan file secara teratur agar hp tidak lemot dan cepat panas. Untuk proses pembersihan, Anda dapat menggunakan aplikasi dari Google, Files Go, yang jelas memiliki kinerja yang baik dan akses ke izin aplikasi.

7. Jangan letakkan HP Di Tempat Panas

Cara agar HP Anda tidak lemot dan mudah panas sebaiknya jangan disimpan di tempat panas, simpan di tempat yang lebih aman. Contohnya menyimpan di alas yang mudah panas ketika mengisi daya. Jika Anda pernah mengalami seperti itu sebaiknya hentikan jangan diteruskan kebiasaan itu karena jika Anda terus-terusan melakukan hal yang sama akan menyebabkan HP Anda rusak.

8. Setting Ulang Pengaturannya

Agar HP  tidak lemot dan cepat panas, perlu juga melakukan reset beberapa pengaturan pada HP Anda. Ya, ternyata ada banyak parameter yang bisa menjadi cara untuk mencegah HP kepanasan. Cahaya layar yang terang dapat menyebabkan baterai cepat habis dan HP cepat panas. Jadi, ada baiknya untuk mengatur kecerahan layar Anda serendah mungkin. 

Namun, jika hal ini menyulitkan, Anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan. Selain itu, cara lain agar HP Anda tidak kepanasan, Anda perlu mengubah beberapa pengaturan otomatis, seperti wifi, koneksi bluetooth, pembaruan aplikasi, dan lainnya. Sebab, tanpa disadari, pengaturan otomatis juga menghabiskan daya baterai dan bisa membuat HP cepat panas.

9. Lepas Casing

Casing merupakan salah satu aksesoris yang sering pada HP. Selain sebagai pelindung casing juga dapat membuat HP Anda terlihat lebih estetik. Namun, siapa sangka pemakaian casing pada HP dapat menyebabkan HP cepat panas, karena casing yang dipakai dapat menyumbat suhu yang keluar tertahan. Akibatnya, HP menjadi cepat panas

Baca juga:   CARA MENGATASI HP LEMOT OPPO AGAR KEMBALI NGEBUT

Maka melepas casing bisa jadi satu cara agar HP tidak panas. Karena pada saat casing dilepas suhu atau udara panas di HP akan menurun dan membuat HP jadi sejuk.

10. Hindari Dari Air

Ternyata air bisa jadi salah satu penyebab HP lemot dan cepat panas. Oleh karena itu, Anda harus menghindari penggunaan HP di kolam renang, pantai atau di kamar mandi. HP yang terkena air berlebih yang dapat menyebabkan panas berlebih dan dapat merusak HP. Tapi itu berlaku buat Anda yang tidak punya HP yang tahan air. Jika Anda sering bepergian ke tempat yang banyak airnya, pilihlah HP yang tahan air.

11. Jangan Terlalu Lama Menyalakan WiFi

Saat tidak berada di area penyedia WiFi. Ingat, jangan lupa matikan jaringan WiFi. Alasannya adalah WiFi akan terus mencari jaringan secara otomatis, meskipun Anda tidak berada di area yang tersedia jaringan WiFi. WiFi yang terus menerus mencari jaringan dapat menyebabkan HP cepat panas.

 12. Hindari Penyimpanan Di Tempat Tertutup

Sebaiknya jangan sering-sering menyimpan HP di tempat tertutup . Misalnya, menyimpan HP di dalam celana jeans. Jika Anda sering menyimpan HP dalam celana jeans, Anda harus mulai menguranginya dan memberi udara pada HP Anda. Menyimpan HP di tempat tertutup seperti kantong dan saku celana dapat

Itulah beberapa cara efektif mengatasi hp lemot dan panas yang dapat kami jelaskan. Terakhir, cobalah untuk mencintai HP Anda dan hindari penggunaan berlebihan dan menginstal terlalu banyak aplikasi sehingga menyebabkan HP cepat panas, yang nyatanya akan mempengaruhi kinerja HP, terutama jika HP Anda memiliki spesifikasi rendah. Semoga membantu!

Apa Yang Menyebabkan HP Jadi Cepat Panas?

HP menjadi terlalu panas juga bisa disebabkan oleh kualitas baterai yang buruk. Ini biasanya terjadi ketika masa pakai baterai mulai lama sehingga kualitasnya turun, menyebabkannya cepat panas. Jika keadaan ini dipaksakan, bukan tidak mungkin HP akan mudah rusak.

Berapa Suhu Normal HP? 

Suhu rata-rata HP dalam kondisi normal adalah antara 37 dan 43 derajat Celcius. Jadi, jika suhu HP sudah lebih tinggi dari suhu tersebut, maka bisa dikatakan HP Android Anda kepanasan atau overheating

Apakah Bisa Mengisi Daya HP Yang Panas? 

Tidak apa-apa jika suhu HP Anda tidak terlalu panas saat saat diisi daya pada saat dihidupkan. Namun, jika suhu terlalu panas, kami menyarankan untuk charging dalam keadaan mati. Selain mampu meredam panas, juga membuat proses charging menjadi lebih cepat.

Itulah beberapa cara mengatasi hp lemot dan panas yang dapat kami jelaskan. Terakhir, cobalah untuk mencintai HP Anda dan hindari penggunaan berlebihan dan menginstal terlalu banyak aplikasi sehingga menyebabkan HP cepat panas, yang nyatanya akan mempengaruhi kinerja HP, terutama jika HP Anda memiliki spesifikasi rendah. Semoga membantu!