CARA MENGATASI BATERAI HP CEPAT HABIS

CARA MENGATASI BATERAI HP CEPAT HABIS

Baterai HP yang secepat kilat tiba-tiba habis adalah kasus umum yang sering terjadi pada berbagai macam tipe ponsel. Keadaan tersebut pastinya sangat mengganggu dan bisa saja mempengaruhi produktivitas kamu. Terdapat beberapa cara yang umumnya bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut, sebelum kamu membawanya ke tempat service yang malah mengharuskan kamu mengganti baterai baru. Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah akar permasalahan baterai HP kamu cepat habis, lalu kemudian kamu bisa mulai melakukan tindakan untuk mencari solusi baterai HP kamu cepat habis.

Berikut ini sebagian penyebab paling umum mengapa baterai HP selalu cepat habis:

1. Tingkatan kecerahan layar terlalu tinggi

Tingkatan kecerahan layar memiliki pengaruh yang besar terhadap konsumsi baterai, karena energi baterai ponsel yang dibutuhkan untuk tingkat kecerahan layar HP sangat besar. Hal itu bisa menjadi penyebab baterai HP kamu gampang habis karena energi yang terpakai lebih besar daripada sistem lainnya.

2. Aplikasi yang berjalan bersamaan sangat banyak

Terlalu banyak memasang aplikasi pada ponsel sebenarnya memiliki dampak negatif untuk beberapa hal, seperti cepat membuat HP panas, memori penyimpanan cepat habis, dan sangat mempengaruhi konsumsi baterai HP jadi boros.

3. Charger Rusak dan pengaruh pengisian baterai portabel

Memakai charger yang telah rusak akan menimbulkan masalah pengisian baterai menjadi lebih lama dan membuat daya baterai yang terisi menjadi lebih cepat habis. Selain itu pengisi energi portabel seperti powerbank jika dilakukan saat darurat sebenarnya sah-sah saja. Tetapi bila kamu melakukannya terlalu sering dan tergantung pada power bank sebagai pengisi daya baterai, hal ini bisa mempengaruhi performa baterai jadi makin rendah.

4. Berada di wilayah dengan sinyal yang Buruk

Sempatkah kalian mengamati, ketika berada diwilayah yang mempunyai sinyal kurang baik baterai HP malah lebih cepat habis? Koneksi internet dan sinyal yang buruk akan membuat HP memerlukan energi yang lebih besar supaya senantiasa dapat beroperasi. Keadaan inilah yang membuat baterai HP jadi lebih cepat habis.

5. Umur baterai dan ponsel yang telah lawas

Seiring dengan berjalannya waktu umur ponsel kamu pastinya kian lawas, hal ini juga berlaku untuk baterai yang digunakan sebagai pemasok energi yang dibutuhkan oleh ponsel kamu. Semakin bertambahnya usia baterai dan HP akan sangat berpengaruh terhadap performa, dan salah satunya yaitu baterai HP akan semakin cepat terkuras habis karena dengan sistem operasi dan aplikasi yang kian update, energi yang dibutuhkan juga kian bertambah.

Cara mengatasi Baterai HP Yang Cepat Habis

1. Atur kecerahan layar HP sesuai kebutuhan

Sebagai salah satu komponen yang sangat penting dari HP, layar jadi salah satu penyebab kenapa energi baterai bisa cepat habis. Terlebih dengan fitur semacam refresh rate besar, layar HP akan terus menjadi boros baterai dibandingkan umumnya. Metode buat mengatasi permasalahan ini sebenarnya gampang, kamu cuma butuh mengendalikan tingkatan kecerahan ataupun bisa juga dengan mengaktifkan “adaptive brightness” untuk tingkat kecerahan layar yang disesuaikan secara otomatis. Selanjutnya, atur juga refresh rate ke pengaturan sangat rendah seperti 60Hz, jauhi memakai live wallpaper serta pakai wallpaper dengan warna dominan gelap bila layar HP kalian berpanel AMOLED.

2. Jangan download & install sangat banyak aplikasi

Terus mendownload banyak aplikasi, akan membuat konsumsi baterai juga lebih banyak sehingga baterai jadi lebih cepat habis. Sebagian aplikasi bisa berjalan dan menghabiskan energi baterai sekalipun tidak digunakan. Aplikasi- aplikasi tersebut terus berjalan di latar belakang, memakai koneksi, memohon posisi, mengirim notifikasi serta banyak lagi. Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan tidak mengunduh banyak aplikasi, mematikan proses latar belakang yang berjalan dari aplikasi tertentu dan juga menutup aplikasi bila tidak digunakan.

TRENDING  Kumpulan Bingkai Twibbon Lengkap HUT RI ke 76

3. Charger HP Rusak dan Efek Penggunaan Powerbank

Apakah kalian pernah mengalami keadaan ketika mengisi energi baterai sangat lama dan energi baterai bukannya meningkat tetapi malah terus menjadi menurun? Keadaan semacam ini akan membuat kamu sangat kesal pastinya, dan akar dari permasalahannya dapat dipastikan karena charger yang kamu gunakan sudah rusak ataupun telah usang. Charger yang rusak tidak cuma membuat proses pengisian baterai jadi lebih lama, namun akan membuat kualitas baterai juga menurun yang membuat baterai HP Bisa cepat habis. 

Selain karena charger yang sudah rusak, kebiasaan ketika menggunakan pengisi daya portabel seperti powerbank juga akan sangat berpengaruh. Hal ini terjadi karena daya yang disalurkan dari powerbank juga berasal dari baterai yang di charge ulang. Jadi pastikan kamu untuk menggunakan powerbank hanya dalam keadaan darurat saja, seperti ketika listrik mati atau dalam perjalanan yang tidak ada colokan listrik.

4. Hindari daerah dengan daya tangkap sinyal yang rendah

Yang satu ini bisa jadi tidak banyak orang tahu, karena memang tanpa kita sadari sinyal yang kurang baik dapat pengaruhi energi baterai lumayan signifikan. HP secara selalu terhubung dengan menara pemancar sinyal terdekat, hal ini merupakan proses untuk melindungi koneksi agar senantiasa nyaman serta normal ketika digunakan. Nah apabila hubungan atau koneksi itu terhalang karena daerah posisi HP kita berada ditempat terpencil ataupun terblokir bangunan, maka HP kita akan bekerja ekstra untuk menghubungkan koneksi tersebut. Dampaknya, baterai menjadi terkuras lebih cepat dari biasanya. Untuk mengatasinya, selain cepat menghindari tempat dengan daya tangkap sinyal yang rendah tersebut, kamu bisa mengaktifkan mode flight atau mode penerbangan agar HP bisa berhenti untuk menghubungkan koneksi sinyal tadi. 

5. Mengganti Baterai Atau Membeli HP Baru

Langkah terakhir yang bisa jadi salah satu metode sangat ampuh, adalah dengan mengganti baterai HP dengan yang baru. Salah satu pemicu baterai cepat habis dikarenakan baterainya sendiri memang bermasalah, entah sebab cacat pabrik ataupun termakan usia pemakaian. Dan Pemecahan yang sangat efisien untuk mengatasi masalah ini pastinya dengan membeli baterai baru. Tetapi perlu kamu dicatat juga, yakinkan baterai penggantinya ialah baterai original bukan KW ataupun abal- abal. Namun jika dirasa dengan mengganti baterai HP dirasa kurang efisien, langkah paling mentok adalah kamu harus mengganti HP dengan yang baru, pastikan untuk memilih HP yang memiliki kapasitas baterai besar di kisaran minimal 4,000mAh agar energi baterai kami bisa tahan lebih lama dan lebih awet.

Demikianlah pembahasan terkait penyebab dan juga panduan atau cara gampang yang bisa kamu lakukan, untuk mengatasi baterai HP yang cepat habis. Semoga bermanfaat