Cara Mendaftar PKH dan Link Cek Bansos 2021

Cara mendaftar PKH bisa menjadi solusi bagi Anda yang belum tau cara untuk menjadi peserta PKH. Pandemi ini memang membawa kesulitan bagi beberapa masyarakat yang terdampak dari wabah penyakit ini. Kesulitan dalam mendapat pekerjaan menjadi faktor utama bagi masyarakat, sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ada beberapa tenaga kerja yang terkena PHK, karena perusahaan itu sendiri juga sedang dalam masa sulit. Maka dari itu, Program Keluarga Harapan menjadi bantuan dari pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Melalui bantuan ini, diharapkan masyarakat bisa melewati pandemi tanpa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

PKH ini sudah berjalan sejak tahun 2007 hingga sekarang, dengan adanya PKH diharapkan bisa membantu masyarakat kurang mampu finansialnya dalam menghadapi masa-masa yang sulit saat pandemi ini. berikut kami akan memberikan informasi kepada Anda tentang cara mendaftar PKH dan link cek bansos 2021.

Berikut Langkah-Langkah untuk Mendaftar PKH dengan Benar:

Setelah mengetahui persyaratan penerima bantuan dari pemerintah, Anda bisa langsung mendaftar sebagai peserta PKH. Mendaftar sebagai PKH memang belum bisa dilakukan secara daring, namun tidak perlu bingung karena tahapan untuk mendaftarnya tidak sulit. Kami akan memberikan cara mendaftar PKH yang baik dan benar.

Yang pertama Anda harus melapor ke perangkat daerah setempat atau kelurahan, dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga. Setelah menyerahkan data diri, nantinya petugas akan mendata dan memverifikasi ulang. Setelah itu pastikan bahwa Anda tidak menerima bantuan sosial lain dari pemerintah.Bantuan sosial lain yang dimaksud seperti Kartu Pra Kerja atau BLT UMKM dan lain sebagainya, karena kalau Anda kedapatan menerima bansos lain maka bantuan ini akan ditolak. Pastikan juga bahwa Anda tidak berprofesi sebagai aparatur Negara seperti tentara, polri atau polisi.

DTKS telah mendata masyarakat yang masuk dalam kategori tidak mampu, maka apabila nama Anda tidak ada dalam DTKS sebaiknya segera konfirmasi. Setelah data lengkap dan memenuhi syarat, maka Anda akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera dari petugas. Kartu ini akan digunakan sebagai alat transaksi untuk mendapat bansos tersebut.

Berikut Link untuk Mengecek Bansos:

Setelah Anda tau cara mendaftar PKH, Anda bisa mengecek apakah sudah mendapat bansos atau belum melalui link yang akan kami berikan. Bantuan PKH bisa Anda cek melalui website dtks.kemensos.go.id/cek-bansos. Bantuan ini bisa Anda peroleh melalui bank-bank penyalur milik Negara.

TRENDING  Syarat dan Ketentuan Membuka Pertashop dengan Modal Rp. 80 Juta

Dalam mengakses website tersebut cukup mudah, Anda hanya perlu mengetikkan nama dan nomor NIK pada KTP yang Anda miliki serta memasukkan kode captcha kemudian klik tombol Cari. Apabila Anda tidak memiliki rekening bank, bantuan akan disalurkan melalui Pos Indonesia.

Yang Berhak Menerima BLT PKH:

Kriteria penerima ini terbagi menjadi 3, yaitu kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial. Komponen kesehatan terdiri dari Ibu hamil atau menyusui dan anak usia dini, adapun persyaratan pada kategori ini yaitu pada ibu yang sedang hamil ke dua kalinya. Untuk anak usia dini yaitu yang berusia 0 sampai 6 tahun dan belum sekolah.

Pada kategori ini berhak mendapat bantuan sebesar Rp 3.000.000 per tahun. Selanjutnya komponen pendidikan yaitu anak yang berusia sekitar 6 hingga 21 tahun yang belum selesai wajib sekolah, dan memiliki persentase kehadiran minimal 85%. Di komponen ini pada tingkat SD mendapat Rp 900.000 per tahun, tingkat SMP mendapat Rp 1.500.000 per tahun, tingkat SMA mendapat Rp 2.000.000 per tahun.

Komponen kesejahteraan sosial terdiri dari penyandang disabilitas berat yang tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, dan lansia atau orang tua dengan usia 70 tahun keatas. Pada satu KK, hanya bisa 1 orang yang mendapat dana tersebut. Bantuan yang diberikan yaitu Rp 2.400.000 per tahun, para penerima bantuan wajib mengikuti kegiatan di bidang kesejahteraan sosial selama 1 tahun.

Sudah berjalan kurang lebih setahun kita menghadapi wabah covid-19 ini, ekonomi Indonesia pun belum pulih seutuhnya. Meskipun begitu, pemerintah berusaha memberikan bantuan kepada masyarakat karena sekarang fokus utamanya adalah pemberian sumbangan agar masyarakat tidak merasakan kesulitan dalam memenuhi bahan pangan.

Program PKH ini akan disalurkan setiap 3 bulan sekali dalam setahun di bulan pertama. Dengan bansos dari pemerintah ini, bisa Anda manfaatkan apabila termasuk dalam kategori penerima bantuan seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Cara mendaftar PKH bisa langsung Anda aplikasikan apabila ingin menjadi peserta PKH.

 

 

 

Originally posted 2021-06-27 16:41:21.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *