Cara Investasi Saham dan Keuntungannya

Soal para investor yang memutuskan berinvestasi saham lantas kesohor menjadi cerita tersendiri. Untuk terjun ke pasar saham anda harus tahu Cara Investasi Saham dan Keuntungannya. Terutama sekali soal keuntungan dan resiko-resikonya. Di bawah ini saya share soal keuntungan dan resiko dari investasi saham.

Bagi Pemula inilah Cara Investasi Saham dan Keuntungannya

Keuntungan berinvestasi saham

Sebagaimana kita tahu, dividen dan capital gain adalah keuntungan dari investasi saham. Lantas apa yang dimaksud dengan dua istilah ini ? berikut penjelasannya.

1. Dividen

Dividen adalah laba atau keuntungan yang dibagikan ke pihak kita karena menjadi pemegang saham dari Cara Investasi Saham. Pembagian dividen itu biasanya dalam waktu per tahun atau per kuartal. Perusahaan yang sahamnya itu kita beli menjadi penentu dari besaran dividen yang diterima oleh pemegang saham.

Deviden itu jenisnya ada dua yaitu dividen tunai, kedua adalah dividen saham. Dividen tunai artinya untuk setiap lembaran saham kita diberi uang tunai oleh perusahan sebagai pemegang saham. Dividen saham artinya kita diberi tambahan saham oleh perusahaan dengan begitu terjadi pertambahan jumlah saham yang kita miliki.

2. Capital gain

Dari harga atau nilai sebuah saham, kita mendapat kenaikan atau capital gain. Saat saham yang dimiliki dijual, kita mendapat keuntungan tentu dengan harga lebih tinggi disbanding ketika dulu dibeli. Keuntungan diperoleh dari selisih di antaranya dari Cara Investasi Saham

3. Hak kepemilikan saham

Soal Cara Investasi saham dan keuntungannya, membahas juga soal hak kepemilikan shaam sehingga dari salah satu pemilik bisnis, anda bisa menjadi bagiannya. Untuk menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) juga bisa diikuti oleh pemegang saham karena adanya hak kepemilikan.

TRENDING  Bagi Pemula Inilah Tips Investasi Saham Untuk Anda

4. Transparansi dalam penyampaian informasi

Sangatlah transparan dan dilakukan dengan sangat baik pengelolaan dan pengaturan saham di pasar. Transparansi termasuk soal pelaporan keuangan, penetapan harga, dan penilaiannya.

Kekurangan dari investasi saham

Cara Investasi Saham kadang-kadang disebut investasi dengan resiko tinggi. Kira-kira karena alasan apa yah ?

1. Capital loss

Capital gain ada kebalikannya yaitu capital loss, yaitu fluktuasi bursa yang menyebabkan nilai saham yang oleh investor dipegang jadi turunh nilainya. Saham yang sedang alami capital loss dan dijual oleh pemegangnya akan menyebabkan kerugian ini kepada investor.

2. Suspend

Dari investasi saham, resiko lainnya adalah suspend. Pengertiannya yaitu kita terkena suspend karena BEI (Bursa Efek Indonesia) menghentikan perdagangan kita. Beragam sekali penyebab kita disuspend, semisal karena terjadinya kasus yang serius dimana perusahaan terlibat dalam penerbiatan sahamnya di bursa. Sampai suspend dicabut, ini berakibat saham itu tidak bisa dibeli atau dijual oleh seorang investor.

3. Delisting

Dalam pencatatan di BEI (Bursa Efek Indonesia), ini merupakan resiko di mana sebuah saham telah dihapuskan. Saham nantinya tidak bisa lagi ditransaksikan karena sudah delisting. Perusahaan dengan delisting pada statusnya adalah tetap perusahaan public hanya saja di BEI tidak lagi tercatat sahamnya.

4. Likuiditas

Likuid memang betul, tapi ada juga lho yang tidak likuid sahamnya karena memang investor kurang meminati saham tersebut.

Oke sudah saya share tadi Cara Investasi Saham dan Keuntungannya. Kini anda memutuskan mau atau tidak untuk berinvestasi saham. Bagaimana ?

https://lifepal.co.id/media/buat-pemula-panduan-investasi-saham-ahlinya/