Cara Daftar Bansos PKH Selesai Dalam 1 Hari

Sebelum mengenai lebih jauh bagaimana cara daftar bansos PKH mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu Program Keluarga Harapan. Program Keluarga Harapan atau PKH merupakan bantuan dari pemerintah bagi keluarga yang tercatat sebagai Keluarga Miskin (KM).

Setiap tahun biasanya pemerintah selalu mengadakan bantuan sosial terhadap keluarga yang di anggap kurang mampu dan di ketahui oleh pemerintah setempat. Hal ini dilakukan untuk mengupayakan berkurang nya beban masyarakat yang kurang mampu. Dengan ini, di harapkan bisa berkembang secara ekonomi.

Keluarga yang mendapatkan bantuan dari pemerintah akan mendapatkan beberapa fasilitas mulai dari bidang kesehatan, bidang pendidikan hingga kesejahteraan sosial. Tetapi untuk mendapatkan nya ada beberapa cara daftar bansos PKH supaya dapat di proses cepat.

Hal-Hal ini Harus Diperhatikan Ketika Daftar

Hal pertama harus menjadi perhatian sebelum melakukan pendaftaran adalah persiapan berkas-berkas dan persyaratan lainnya. Jangan lupa juga mendaftarkan diri sebagai keluarga miskin (KM).

Dengan itu Anda tercatat di kelurahan. Tahap-tahap kecil seperti itu harus diperhatikan untuk melancarkan proses ke depannya.

Sangat diwajibkan bagi Anda yang ingin mengetahui cara cara daftar bansos PKH untuk membuka rekening yang bekerja sama dengan program-program dari pemerintah. Bukalah rekening Bank dengan kondisi termasuk ke dalam Himpunan Bank Negara (HIMBARA).

Untuk saat ini anggota Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yakni Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BTN.

Tahap selanjut nya jika semua sudah terpenuhi adalah termasuk ke dalam kriteria peserta PKH. Ada beberapa kriteria bantuan ini yang diperbolehkan sebagai peseta. Diantaranya Ibu hamil, Balita, Anak usia 5-7 tahun, anak SD usia 7-12 tahun, anak usia SMP 12- 15 tahun dan anak usia 15-18 tahun disabilitas.

Setelah semua itu dilakukan maka ada satu hal lagi yang harus menjadi perhatian jika Anda ingin tahu cara daftar bansos PKH. Hal tersebut adalah segera mendaftarkan diri dan keluarga sebagai keluarga kurang mampu. Sehingga dapat tercatat di Data Terpadu Keluarga Sejahtera. PKH tidak bisa didapat jika belum terdaftar di DTKS.

Bantuan untuk Bidang Kesehatan Masyarakat

Bidang kesehatan merupakan salah satu yang mendapat perhatian lebih dari pemerintah untuk mendapatkan program bantuan ini. Yang pertama mendapatkan adalah Ibu hamil, ibu baru mempunyai bayi sedang menyusui, dan mempunyai anak balita maksimal 2 orang anak.

TRENDING  Cara dan syarat mendapat BLT UMKM 1.2 Juta Dengan Mudah cek disini!

Yang dimaksud anak usia balita disini adalah rentang usia dari 0 sampai 6 tahun, usia anak nya itu sendiri dihitung dari tanggal, bulan dan tahun saat kelahirannya. Bantuan untuk anak usia balita ini diberikan uang sebesar 3 juta rupiah per tahun.

Bantuan untuk Bidang Pendidikan Rakyat

Berikut tips cara daftar bansos PKH dari bidang pendidikan. Pendidikan itu sendiri menjadi perhatian pemerintah. Dukungan dana yang diberikan untuk bidang pendidikan yakni pelajar sedang menyelesaikan 12 tahun pembelajaran.

Anak yang sedang menempuh jenjang SD, anak sedang menempuh jenjang SMP dan anak sedang belajar di SMA.

Dukungan dana yang didapatkan pun berbeda-beda setiap jenjang nya. jumlah yang diterima oleh jenjang SD sebesar 900 ribu rupiah per tahun. Jumlah yang diterima oleh siswa SMP sebesar 1 juta per tahun. Dan yang menerima jumlah paling besar yakni SMA sebesar 2 juta rupiah per tahun.

Bantuan untuk Bidang Kesejahteraan Sosial

Kriteria untuk mendapatkan bidang kesejahteraan sosial yang di utamakan adalah lansia atau orang tua yang berusia diatas 70 tahun. Ini dibuktikan dengan tercatat di dalam keluarga dan data pemerintah.

Ada juga yang mendapatkan nya yakni penyandang disabilitas berat yang sulit melakukan kegiatan sehari-hari seperti orang normal lainnya.

Bantuan tetap yang diberikan untuk setiap keluarga berbeda-beda. Untuk keluarga reguler mendapat 550 ribu rupiah per tahun. Tetapi jika keluarga PKH ASKES 1 juta rupiah per tahun, Jika untuk penyandang disabilitas berat sejumlah 2,4 juta per tahun, untuk orang tua lanjut usia 2,4 juta per tahun.

Di ingatkan kembali untuk Anda yang ingin tau cara mendaftarnya, perhatikan tahap-tahap berikut terutama harus terdaftar dan tercatat di DTKS. Itu merupakan hal utama yang sangat diwajibkan selain persyaratan lainnya. Perlu di ingat bahwa cara daftar bantuan PKH hanyalah untuk warga yang tidak mampu.

 

 

Originally posted 2021-07-03 07:00:40.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *