Cara Cepat Jual Mobil

Di masa pandemi seperti sekarang hampir semua sektor usaha terkena imbasnya. Termasuk di bidang otomotif, saat ini sektor jual beli mobil bekas agak turun omsetnya. Tapi jangan salah, bagi mereka yang sudah malang melintang di bidang jual beli mobil pasti tahu trik bertahan di masa sulit ini dan berikut kami sampaikan di sini cara cepat jual mobil.

Mobil Harus Terlihat Kinclong (Dirawat)

Percayalah konsumen manapun akan berpikir dua kali ketika melihat mobil yang ditawarkan terlihat kusam tak terurus. Oleh sebab itu sangat penting untuk merawat mobil kesayangan terlebih jika mobil itu hendak dijual. Konsumen hanya mencari mobil berkualitas. Kualitas di sini bukan dari tampilan luarnya saja, sektor mesin juga menjadi perhitungan. Untuk itu mobil diberi perawatan luar dalam dan jika memang anda secara rutin membawanya ke tempat servis resmi, sediakan buku servis nya untuk diperlihatkan ke calon pembeli. Dengan begitu mereka merasa yakin bahwa mobil yang ditawarkan memang oke dan siap membayar mahal.

Interior Eksterior Mobil Dibersihkan

Dengan cara yang baik dan benar sangat perlu untuk membenahi interior mobil. Semisal soal Jok di mana kotoran dan debu harus dihindarkan. Karena itu secara berkala bersihkan jok mobil. Pastikan semaksimal mungkin bahwa mobil dalam kondisi prima.

Jangan memakai sabun yang tidak diperuntukkan buat mobil sehingga memakainya menjadi kesalahan fatal. Jangan mencuci mobil ketika hari sedang panas terik karena bisa menyebabkan warna cat mobil menjadi kusam. Ini penting karena berpengaruh terhadap harga jual mobil anda. Jadi, mulailah untuk memastikan kondisi fisik dari segi keadaan interior dan eksterior Anda tetap prima, ya!

Mengecek Perlengkapan Mobil

Dulu anda membeli mobil dengan fasilitas penyerta yang lengkap bukan ? Jika ingin menjualnya kembali, pastikan semua aksesoris itu ada agar konsumen merasa senang. Aksesoris bawaan itu antara lain kunci ganda, kunci cadang, kartu garansi, buku panduan, buku servis, ban serep, hingga kotak p3K. Jika konsumen menilai mobil anda berkualitas, ia akan bersedia membayar dengan harga mahal.

Memasyikan AC Berfungsi 

Tak sedikit mobil bekas yang AC nya bermasalah sehingga tidak mendapat respon baik dari calon pembeli. Beberapa masalah AC antara lain AC bocor, AC bunyinya berisik, AC berbau, AC tidak dingin. So jangan sampai ini terlewatkan. Secara detail periksalah kalau-kalau AC mobil bermasalah. Masalah AC biasanya bermuara di kotornya Kondensor AC dan Evaporator AC. So bagian ini dibersihkan lebih dulu yah.

TRENDING  Beli Mobil Bekas Sebaiknya Lebih Teliti Lagi

Memberikan Buku Service Mobil

Buku servis mobil sangat penting untuk diperlihatkan ke calon pembeli. Ini menjadi bukti bahwa mobil diberi perawatan secara berkala. Dengan diperlihatkannya buku servis membuat calon pembeli yakin bahwa ia tidak memilih unit yang salah.

Memastikan Head Unit Responsif

Sejumlah komponen yang ada di head unit mobil antara lain perangkat multimedia beserta remote nya, navigasi mobil, fungsi bluetooth, dan media portabel. Jika bagian dari unit head bermasalah maka mobil bekas anda akan turun harga jualnya.

Daripada itu, dengan benar lakukanlah pengecekan. Jika didapati persoalan di bagian head mobil bisa jadi ada indikasi bagian head unit mengalami masalah kelistrikan. Dan jika dirasa ada yang salah segeralah beri perbaikan. Jangan sampai mengabaikan hal yang berhubungan dengan kelistrikan mobil, ya!

Membersihkan Mesin Mobil

Elemen lainnya yang juga harus bersih dan berfungsi normal adalah mesin mobil. Bukalah kap mobil, periksa kalau-kalau ada masalah pada bagian mesin. Janan lupa debu di mesin dibersihkan. Dengan membersihkan mesin mobil, performanya juga lebih sempurna. Sapulah sela-sela di mesin memakai kuas, debu dan semua kotoran ringan dibersihkan sampai bersih.

Hal yang tidak ketinggalan adalah membersihkan bagian bawah kap mesin. Untuk membersihkannya gunakan berbagai cairan pembersih berguna dan bersihkan kotoran yang menempel menggunakan sikat atau kuas. Jangan lupa untuk mengeringkan dengan lap microfiber atau kanebo.

Jangan Memodifikasi Mobil

Kalau mobil pernah diberi komponen tambahan yang bukan aslinya, lepas lagi saja, karena itu bisa mempengaruhi harga jual mobil. Mengapa? Pembeli cenderung lebih memilih produk yang standar sesuai dengan model pasaran yang sudah ada. Jadi, untuk menghindari prasangka korsleting, dan fungsi mesin yang kurang optimal. Oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak memodifikasi mobil terlebih jika bentuk mobil sampai dirubah.

Sumber :

https://www. carsome.id/news/item/cara-jual-mobil-bekas

Originally posted 2021-07-11 14:15:33.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *