BLT Subsidi Gaji Rp2,4 Juta & Deretan Bansos di Mei 2021

Tidak Hanya BLT, Ini Deretan Bansos Mei 2021 yang Akan Cair

Untuk memutar roda perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19, Pemerintah menyalurkan berbagai macam bentuk bantuan sosial. Bukan hanya BLT saja, tetapi masih ada sejumlah bantuan sosial Mei 2021 ini. Hal tersebut karena dampak ekonomi memang mulai terasa setelah setahun lebih Indonesia masih menghadapi pandemi Corona tersebut.

Untuk menyalurkan bantuan-bantuan tersebut, pemerintah pusat pun melakukan kerjasama dengan sejumlah kementerian terkait. Bahkan bantuannya sendiri dipercepat karena menjelang Hari Raya. Diharapkan bantuan tersebut bisa digunakan masyarakat secara maksimal. Terlebih lagi, kebutuhan menjelang hari Raya memang mengalami peningkatan cukup tajam.

Baca Juga: Begini cara mudah cek penerima bansos 2021 yang cair bulan Mei 2021

Deretan Bansos Mei 2021

Untuk mengetahui apakah masyarakat mendapatkan bantuan atau tidak, tidak jarang mereka melakukan pengecekan secara mandiri melalui situs-situs yang disediakan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bantuan sosial dari pemerintah memang cukup beragam yang akan cair bulan ini.

Hanya saja, tidak banyak orang tahu jenis bantuan apakah yang akan mereka dapatkan tersebut. langsung saja, simak daftar berikut ini.

1. BLT UMKM

Jenis bansos yang pertama yakni BLT UMKM dimana diberikan kepada para pelaku usaha kecil, mikro hingga menengah. Adapun nominal yang diberikan yakni Rp1.200.000. Untuk bisa memperoleh bantuan ini, maka anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke Dinas Koperasi sesuai alamat.

Apabila sudah diverifikasi dan lolos, maka anda akan langsung memperoleh dana yang telah disebutkan sebelumnya. Masyarakat juga bisa melakukan pengecekan apakah memperoleh bantuan atau tidak melalui laman eform.bri.co.id/bpum, masukkan nomor KTP yang sudah terverifikasi dan ikuti proses berikutnya.

Sedangkan bagi anda yang menerima bantuan BLT dari BNI, maka bisa langsung melakukan pengecekan melalui laman https://banpres bpum.id/ ddan isikan NIK pada KTP.

Baca Juga: 6 Bantuan Mei 2021 Yang masih Bisa Di terima jangan ketinggalan!

2.     Bantuan Pangan Non Tunai /BTNT

Adapun jenis bansos Mei 2021 berikutnya yakni Bantuan Pangan Non Tunai atau BTNT. Penyaluran dari program tersebut menggunakan mekanisme akun elektronik dimana hanya bisa digunakan untuk membeli bahan pangan di e-warung yang sudah melakukan kerjasama dengan bank.

Setiap KK akan memperoleh bantuan senilai 200 ribu setiap bulannya. Bantuan inipun hanya diwujudkan dalam bentuk kebutuhan pangan seperti beras, telur, kacang hijau dan masih banyak lagi. Jika dilihat sekilas, tujuan dari bantuan ini sebenarnya sama dengan PKH.

3. Program Keluarga Harapan

Disebut juga dengan PKH, bantuan sosial dari pemerintah ini cukup populer di masyarakat. Bantuan Sosial tersebut diberikan kepada keluarga Miskin dimana sudah ditetapkan sebagai keluarga yang menerima manfaat PKH.

Proses penyalurannya dilakukan setiap 1 bulan sekali dimana terdapat tiga tahap yakni Januari, April, Juli serta Oktober 2021. Proses penyalurannya dapat dilakukan melalui bank anggota Himpunan Bank Negara seperti BRI, BNI, Mandiri serta BTN. Untuk melakukan pengecekan sangat mudah, langsung saja cek pada link cek bansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Inilah Link Untuk Cek Online Penerima BPUM 2021 Senilai Rp 1,2 Juta! Buruan Daftar!

4. Diskon Listrik PLN

Bantuan sosial lainnya yang masih diterima oleh masyarakat pada bulan Mei ini adalah diskon listrik dari PLN. Diskon listrik tersebut menyasar pelanggan listrik dengan kapasitas 450 VA dan 900 VA serta seseorang yang mempunyai usaha kecil dan menengah.

Bantuan listrik PLN yang diberikan bukan lagi gratis 100 persen tetapi pelanggan listrik akan memperoleh diskon 50 persen untuk listrik dan token listrik. Walaupun demikian, ini akan sangat membantu masyarakat untuk hemat pengeluaran.

5. BLT Dana Desa

Berbeda dengan BLT UMKM, untuk jenis BLT satu ini akan memberikan penerimanya bantuan sebesar Rp300.00 melalui sid.kemendesa.go.id disertai dengan kriteria-kriteria tertentu calon penerimanya. Pemerimanya merupakan keluarga miskin di desa dimana akan memperoleh uang tunai sebesar tersebut.

Pemberiannya akan diberikan kepada penerima yang berdomisili di desa bersangkutan. Selain itu, ia juga tidak menerima PKH, Kartu Sembako, Bansos Tunai ataupun program Bansos lainnya dari pemerintah.

Buat melakukan pengecekan apakah anda termasuk salah satu penerima bantuan tersebut cukup mudah yakni bisa langsung dicek pada lama sid.kemendesa.go.id.

Keberadaan bantuan sosial masyarakat memang dapat mengembalikan roda perekonomian masyarakat kurang mampu di Indonesia. Dengan dana itulah diharapkan mampu digunakan dengan sebaik-baiknya buat menghadapi pandemi pada tahun ini. demikian deretan Bansos Mei 2021 yang wajib untuk anda ketahui. 

Baca Juga: Cara dan syarat mendapat BLT UMKM 1.2 Juta Dengan Mudah cek disini!

Originally posted 2021-05-12 23:46:59.

TRENDING  Begini Cara Cek Penerima BLT UMKM/BPUM 2021

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *