Berikut Software Bahasa Pemrograman Paling Mudah Dipahami


Bagi programmer, software bahasa pemrograman adalah senjata utama. Apabila softwarenya tidak nyaman ketika digunakan, melakukan coding tidak bisa dilakukan dengan baik. Hal ini jelas menjadi masalah. Apabila segalanya tidak diperhitungkan dengan baik, kemungkinan terjadinya kerusakan di dalam sistem menjadi lebih besar.

Di luar sana, sudah banyak orang yang dirugikan karena terdapat kesalahan dalam sistem tersebut. Apabila sudah ada kesalahan dari awal, perbaikan tidak bisa dilakukan secara mudah. Biasanya, perbaikan akan dilakukan dari awal. Hal tersebutlah yang membuat kesalahan harus dihindari dari sedini mungkin.

Keberadaan software sendiri sangat membantu programmer dalam meneliti setiap aspek. Namun, ada banyak programmer baru yang tidak mengetahui pilihan software terbaik. Jika sedang mencapai pilihan aplikasi tersebut, ini adalah tempat terbaik. Di kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut beberapa pilihan software dengan kualitas terbaik.

Sublime Text dan Visual Code Studio

Pilihan software bahasa pemrograman pertama adalah sublime text. Di kalangan orang awam, namanya memang tidak begitu populer. Namun di kalangan programmer, keberadaannya menjadi primadona tersendiri.

Penggunaannya sendiri tidak hanya untuk windows. Linux maupun Mac bisa menggunakannya secara bebas.

Namun jika dilihat dari statistik, kebanyakan penggunanya adalah pemakai Linux. Keunggulan utama dari aplikasi ini terletak pada tampilan.

Tampilannya sangat sederhana sehingga pengguna tidak akan kesulitan dalam memahami setiap fiturnya. Selanjutnya adalah visual Code Studio. Ini bisa dipilih jika merasa tidak cocok dengan sublime text.

Ini adalah aplikasi besutan windows. Dengan itu penggunaan di linux dan Mac tidak bisa dilakukan. walaupun aplikasinya berbayar, disediakan juga versi gratis untuk para pengguna. Dengan itu seseorang bisa menggunakannya tanpa perlu mengeluarkan sejumlah uang. Bahasa pemrograman yang bisa digunakan juga sangat banyak.

Notepad++ dan Emacs Juga Berkualitas

Notepad++ juga layak dimasukkan sebagai software bahasa pemrograman terbaik. Di samping kualitasnya terpercaya, popularitasnya juga sangat tinggi.

Notepad++ adalah aplikasi dengan popularitas paling tinggi jika dibandingkan dengan aplikasi lain pada daftar lain. Ini sangat terlihat terutama di Indonesia. Kebanyakan orang memakai Notepad++ saat belajar bahasa pemrograman.

Keunggulan dari software ini adalah statusnya sebagai bawaan windows. Dengan itu seseorang tidak perlu melakukan download ulang ketika akan menggunakannya. Pilihan selanjutnya adalah Emacs.

Kualitas aplikasi ini juga tidak perlu diragukan. Pertama kali Emacs dirilis adalah tahun 1975. Walaupun disediakan, sangat jarang ada pengguna windows memakainya.

TRENDING  Pilihan Laptop Harga 5 Jutaan Terbaik yang Bisa Dipilih

Pengguna Emacs sendiri kebanyakan berasal dari pemakai Linux. Emacs sendiri sebenarnya mengusung file manager. File manager tersebut juga dilengkapi oleh subversion, hg, gt, dan bzr. Tentu, masih banyak pelengkap lain yang juga sangat mendukung. Emacs sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Editor Macros.

Bisa Juga Komodo Edit atau Atom

Pilihan software bahasa pemrogramanPilihan software bahasa pemrograman selanjutnya bernama komodo edit. Kualitas dari software ini juga sangat tinggi. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam sistem operasi. Tentu tiga sistem operasi terpopuler yaitu Windows, Mac, dan Linux bisa menggunakannya. Pertama kali komodo edit diluncurkan adalah pada tahun 2007.

Sekarang pilihan bahasa pemrogramannya sendiri sudah semakin lengkap. Pengguna bisa memakainya untuk menggunakan Phyton, HTML, hingga CSS. Selain Komodo Edit, Atom juga bisa dijadikan pilihan. Atom sendiri merupakan aplikasi pemrograman milik GitHub. Atom juga bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi.

Ketika Atom digunakan, terdapat banyak plug in yang bisa ditambahkan. Contoh plug in nya sendiri seperti web based, fuzzy finder, hingga integrasi. Namun lengkapnya fitur membuat ukuran Atom cukup besar. Oleh sebab itu, diperlukan ruang penyimpanan lebih besar dibanding jenis lain.

Bluefish Juga Terbukti Efektif dalam Membantu

Jenis software bahasa pemrograman terakhir adalah Bluefish. Kebanyakan orang pasti pertama kali mendengarnya. Bluefist bisa digunakan baik pada Mac, Linux, Maupun Windows. Namun, keberadaannya paling maksimal ketika digunakan di Linux.

Fitur yang ada di dalamnya juga cukup variatif. Di dalamnya terdapat fitur-fitur seperti baris kode, pencarian canggih, fungsi redo, undo, hingga toolbar. Seseorang juga bisa menggunakan berbagai aplikasi berukuran besar dengan Bluefish.

Ini tentu sangat membantu jalannya pekerjaan.
Jika melihat daftar di atas, semuanya memiliki fungsi serupa. Namun, pastikan memilih software yang menurut Anda paling nyaman. Itu karena, tiap orang memiliki standar kenyamanan berbeda-beda. Sebenarnya masih banyak juga software bahasa pemrograman lain yang bisa dipilih.

 

 

 

Originally posted 2021-07-02 12:00:26.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *