Beli Mobil Bekas Sebaiknya Lebih Teliti Lagi

Mendengar kata bekas sepertinya anda langsung memikirkan sesuatu yang sudah uzur, rongsokan, dan tak bernilai. Apalagi mobil bekas, mungkinkah yang terpikir di dalam benak adalah mobil yang sudah tua dan kualitasnya sudah turun. Tentu tidak, bahkan tak sedikit mobil bekas yang kualitasnya masih terjaga dengan tampilan bak mobil baru.

Hindari 5 kesalahan umum yang sering dilakukan orang ketika membeli mobil bekas ini dan dapatkan mobil bekas berkualitas dengan harga murah.

Sejarah Mobil Tidak Ditanyakan

Ketika akan membeli mobil bekas, sebaiknya anda lebih teliti lagi. Terlebih menanyakan sejarah mobil yang ditaksir harus dikedepankan. Sejarah mobil harus ditanyakan karena selain penting, di kemudian hari, anda akan terhindar dari banyak kerugian.

Dalam hal ini anda akan terhindar dari mobil yang odometernya pernah diatur ulang, mobil yang pernah terendam banjir, atau bekas tabrakan. Dalam waktu relatif dekat, mobil-mobil yang pernah mengalami kejadian tadi mungkin berfungsi normal namun kedepannya pasti akan bermasalah. Bukan itu saja, tanyakan juga apakah mobil tersebut bekas jadi mobil sewaan atau mobil sitaan perusahaan leasing. Hal ini juga perlu ditanyakan untuk menghindari resiko kerugian Sahabat.

Tidak Paham Soal Mesin

Satu hal penting yang menentukan performa sebuah mobil bekas adalah kondisi mesinnya. Pertama-tama sebaikya anda lebih dulu menanyakan soal kondisi mesin mobil apakah mesinnya bermasalah atau tidak. Karena mobil bekas, ada kalanya usia mobil itu terlampau tua, dan untuk membeli mobil baru, badget anda masih kurang. Jika ini kondisi anda, maka mengecek kondisi mesin harus diutamakan. Dan jika anda tidak paham soal mesin, sepertinya anda harus membawa teman yang paham tentang mesin mobil.

Anda sebaiknya pastikan bahwa setiap komponen mesin mobil itu masih orisinil, adapun jika tidak, fungsinya harus terjamin. Apabila Sahabat merasa bahwa mesin mobil itu sudah jelek, maka sebaiknya Sahabat mengurungkan niatmu untuk membelinya.

Catatan Servis Kendaraan Tidak Diperiksa

TRENDING  Hati-Hati Jika Berkendara dan Mengerem mendadak jika Di depan Ada Truk Bermuatan, Bikin Ngerih!

Mobil berperforma baik hanya jika anda merawatnya dengan diservis di tempat servis resmi. Satu cara untuk memastikan apakah mobil bekas yang akan dibeli itu dirawat atau tidak oleh pemilik sebelumnya adalah dengan mengecek catatan servis mobil tersebut dari pemilik mobil. Biasanya setiap kali melakukan servis, maka pihak bengkel akan menuliskan catatan servis berkala dan komponen apa saja yang pernah diganti sehingga Sahabat bisa lebih mudah dalam menilai performa mobil bekas tersebut.

Demi keamanan dan kenyamanan, sebaiknya pilihlah mobil yang rutin melakukan servis dan komponen yang diganti diusahakan yang original. Daripada itu, kondisi mobil tersebut berarti masih baik dan lebih kuat.

Saat Test Drive Jangan Terburu-Buru

Berikutnya setelah memeriksa kondisi mesin dan mengecek catatan servis kendaraan, ini tidak berarti fungsi mobil tersebut sudah bagus. Karena tentu saja anda harus melakukan test drive dengan mencoba mengendarai mobil tersebut di jalanan. Setelah melakukan test drive anda bisa mengevaluasi bilamana mobil itu performanya sudah sesuai keinginan anda atau tidak. Hal-hal seperti getaran pada mesin, asap knalpot, dan suara mesin menjadi indikator penilaian anda.

Pada saat melakukan test drive, Sahabat harus melakukannya dengan teliti, jangan terburu-buru menilai karena kondisi mesin yang sebenarnya baru bisa dilihat setelah dipakai beberapa lama atau dibawa jalan beberapa jauh. Mungkin Sahabat akan dinilai sebagai pembeli yang rewel, tapi itu lebih baik daripada Sahabat menyesal nantinya.

Tidak Membuat Perbandingan Awal

Sebaiknya anda tidak terburu-buru menjatuhkan pilihan soal mobil mana yang akan dibawa pulang. Membuat perbandingan di awal menjadi hal lain yang sebaiknya diperhitungkan. Saat ini sudah tersedia banyak situs jual beli mobil bekas, sehingga anda bisa membuat banyak perbandingan. Anda hanya perlu mengecek secara online tentang harga, model, tahun produksi, dan tahun pemakaiannya. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan yang paling cocok dengan kemauan dan budget.

Sumber :

https://garasi.id/artikel/5-kesalahan-fatal-saat-beli-mobil-bekas/5b61673ef096ef01f738f556

Originally posted 2021-06-28 17:00:32.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *