Belajar Trading Saham, Seperti Apa ?

Sebagaimana dipikirkan oleh orang kebanyakan, ternyata berinvestasi saham tidak begitu sulit. Para pemula bisa trading saham dan caranya banyak sekali. Semisal orang bisa betrading via smartphone android. Selain itu karena banyak informasi soal trading saham sudah tersedia di banyak media dengan begitu pola dan kondisi pasar bisa dengan mudah dipelajari. Untuk mulai main trading saham sama sekali tidak ada kata terlambat.

Kalau seperti itu, sebelum dan ketika bermain trading saham apa saja yang harus dilakukan ? Untuk menjawab pertanyaan ini, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Indeks Saham Yang Tepat Ditentukan

DI BEI (Bursa Efek Indonesia), yang tercatat, ada kurang lebih 22 jenis Indeks saham. Yang umum digunakan oleh para pemain saham, secara umum, harus dikenali. Semisal bisa dipilih baik itu LQ45 atau IDX 30 yang mana dua-duanya tinggi nilai likuiditasnya dan oleh perusahaan yang terpercaya dan berkualitas sangat didukung. LQ45 sendiri di BEI merupakan indeks pasar saham dengan kurang lebih 45 perusahaan. Adapun IDX30 memiliki likuiditas paling tinggi dengan 30 saham.

Memilih Sekuritas Yang Sesuai

Saat saham dibeli, broker saham atau perantara perusahaan sekuritas akan digunakan oleh anda. Untuk setiap transaksi ada biaya yang dikenakan oleh mereka. Oleh karena itu saat trading saham, cobalah pilih sekuritas dengan biaya rendah persentasenya. Semisal 0,20% dari jumah saham dan pembeliannya. Ini berguna untuk mengoptimalkan keuntungan dan agar lebih sempurna lagi cara anda dalam trading saham.

TRENDING  Inilah 5 Aplikasi Trading Saham Terbaik 2021 dan Terpercaya Untuk Pemula

Periode Trading Saham Direncanakan

Menurut periodenya ada dua cara dalam trading saham yaitu jangka pendek dan jangka Panjang. Ada peluang profit bisa diperoleh lebih cepat meski resiko untuk rugi bisa juga besar pada jangka pendek. Adapun pada jangka Panjang, saat trading saham, bisa diperoleh peluang lebih besar untuk profit. Yaitu jika saham itu kinerjanya baik secara fundamental dan reputasinya juga baik.

Dilakukan dengan Kesabaran

Jika anda tidak bisa sabar, sebaik apapun anda mencoba untuk trading saham, itu tidak akan efektif. Karena masih pemula dalam trading saham, modal kecil bisa dipakai untuk dicoba setelah itu baru dinaikkan lagi jumlahnya seiring meningkatnya pemahaman diri anda.

Sama halnya ketika merugi dalam trading saham. Gunakanlah pikiran jernih dan melakukan average down dengan membeli saham yang sedang turun nilainya. Boleh jadi ketika kondisi pasar telah kembali membaik dan stabil, anda malah mendapatkan banyak untung.

https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/cara-mudah-trading-saham-untuk-pemula/